Friday, October 3, 2014

Daging Putih Kulit Semangka Bisa Cerahkan Kulit

Daging Putih Kulit Semangka Bisa Cerahkan Kulit
Tidak banyak yang tahu daging buah semangka yang berwarna putih bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Bagian dari buah semangka yang sering dianggap tidak berguna ini ternyata mengandung lycopen yang termasuk dalam golongan antioksidan. Seperti diketahui antioksidan memiliki segudang manfaat untuk kecantikan dan salah satunya menghaluskan kulit. Seperti apa?

Hampir setiap wanita bermimpi mendapatkan kulit halus dan lembut bebas keriput, vlek hitam dan jerawat karena dapat mengganggu penampilan. Tidak hanya di wajah, pancaran sinar matahari juga membuat kulit tubuh menjadi kasar dan kusam sehingga memerlukan perlindungan khusus. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan perlindungan maksimal, seperti menggunakan berbagai macam krim pelembab yang berfungsi melindungi kulit dari pancaran jahat sinar UV Namun, tidak hanya perlindungan dari luar saja yang harus dilakukan, kesehatan kulit juga harus dijaga dari dalam, seperti rutin mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin, mineral dan antioksidan. Salah satu sumber makanan yang mengandung antioksidan tinggi dan mampu menghaluskan kulit adalah semangka.

Semangka dengan nama latin Citrullus lanatus merupakan tanaman merambat yang berasal dari dataran Afrika bagian Selatan. Buah yang berbentuk bulat dan berwarna hijau ini tergolong dalam kelompok tanaman labu-labuan (Curcubitance), melon (Cucumis Melon), dan timun (Cucumis Sativus). Tanaman buah semangka cenderung tumbuh dengan cara merambat tidak membentuk akar dan tidak dapat dipanjat. Rambatan tumbuhan ini mampu mencapai belasan meter, daunnya berlekuk-lekuk pada bagian tepi serta memiliki bunga berwarna kuning.

Tanaman semangka cukup tahan terhadap kekeringan, terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah. Daging buah semangka memiliki dua warna, yaitu warna merah dan kuning dengan kadar air yang tinggi. Selain buahnya yang memang menyegarkan, ternyata lapisan daging putih pada semangka dapat membuat kulit menjadi cerah dan bersih. Karena mengandung lykopen dan vitamin C yang berguna bagi kesehatan kulit.

Kandungan. Buah semangka mengandung protein, rendah kalori, air, karbohidrat, lemak, serat, abu, vitamin A, B dan C, asam amino, sirulin, asam malat, asam fosfat, arginin, betanin, fruktosa dan sukrosa. Daging buah semangka yang berwarna putih, walaupun tak semanis buah dagingnya, tetap mengandung zat gizi yang baik bagi tubuh.

Dalam sepotong kulit semangka berukuran 2,5 cm x 2,5 cm, diketahui mengandung 1,8 kalori. Selain itu meskipun kandungan nutrisi daging buah semangka yang berwarna putih tidak sebanyak pada buah dagingnya, tetapi satu cangkir daging buah semangka yang berwarna putih mengandung 2% vitamin C harian, serta 1% vitamin B6 harian. Oleh sebab itu manfaat semangka sangat baik bagi kulit. Kandungan yang paling baik dalam lapisan daging buah semangka yang berwarna putih adalah senyawa citrulline, yang memberikan efek antioksidan untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dr. Samuel Oentoro, SpGK dokter spesialis gizi klinik, membenarkan bahwa buah semangka dan daging buah semangka yang berwarna putih mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Namun, karena daging buah semangka yang berwarna putih tidak memiliki rasa, banyak orang yang enggan mengonsumsinya.

Menurut Sutrisno, pakar herbalis, daging buah semangka yang berwarna putih memang sangat baik untuk mencerahkan kulit. Selain bisa dikonsumsi langsung bagian ini juga dapat membersihkan wajah. Caranya, bersihkan wajah dengan perasan airjeruk nipis, setelah itu gosok dengan daging buah semangka yang berwarna putih ke seluruh wajah. Lakukan perawatan tersebut selama dua kali dalam seminggu, dalam waktu kurang dari tiga bulan wajah akan tampak lebih cerah dan halus. Kandungan lycopen yang termasuk dalam golongan antioksidan, berfungsi untuk meregenerasi sel kulit mati sehingga merangsang kulit menjadi cerah, halus dan bersih. lycopen (C40H56) yang ada pada buah semangka adalah jenis zat antioksidan yang daya kerjanya lebih baik dibandingkan dengan antioksidan dari Vitamin C dan E. Sehingga manfaat semangka bagus untuk orang yang sedang menjalani perawatan kulit tubuh dan wajah agar terlihat lebih muda dan bebas dari jerawat.

Manfaat. Selain untuk kecantikan kulit, daging buah semangka yang berwarna putih juga bermanfaat untuk membersihkan ginjal dan kandungan air yang tinggi dapat memperlancar buang air kecil. Kandungan kalium di dalamnya juga cukup tinggi dan berguna untuk memperlancar peredaran darah. Sehingga tidak heran daging pada kulit semangka baik untuk penderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, mengobati sariawan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu buah semangka yang memang mudah didapatkan dan dengan harga yang relatif murah, jadi incaran orang. Namun kebanyakan dari masyarakat akan membuang daging buah semangka yang berwarna putih, karena ketidaktahuan akan manfaat di dalamnya.


Jadi tidak ada salahnya jika mengonsumsi buah semangka, tidak membuang lapisan putih pada kulitnya. Begitu banyak manfaat yang terkandung dalam buah semangka, baik itu buah maupun lapisan daging pada kulitnya. Oleh karena itu konsumsi semangka secara teratur dan tidak membuang lapisan daging pada kulit semangka, akan mendapatkan hasil yang maksimal bagi kesehatan tubuh. Koes Anindya (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment