Thursday, October 30, 2014

Mengatasi Post Power Syndrome

Mengatasi Post Power Syndrome
Post power syndrome merupakan gejala yang terjadi dan menyebabkan si penderita hidup dalam bayang-bayang kebesaran masa lalu seperti karier, kecantikan, kekayaan atau hal lainnya, dan seakan-akan tidak bisa menerima atau memandang realita saat ini. Biasanya hal ini terjadi pada kebanyakan orang yang mendekati usia pensiun. Namun post power syndrome dapat terjadi pada semua kalangan, mulai dari seseorang yang mempunyai kekuasaan hingga pada karyawan biasa.

Post power syndrome dapat terjadi karena kebiasaan atau rutinitas yang dijalankan setiap hari dan tiba-tiba harus berhenti tanpa adanya pengganti kegiatan lain, Post power syndrome akan fatal akibatnya jika tidak ada persiapan diri dalam menghadapi situasi di mana pekerjaan yang selalu digeluti harus dihentikan atau memasuki masa pensiun.

Ada beberapa cara mengatasi post power syndrome, antara lain:
Segi finansial dengan mempersiapkan investasi jangka panjang yang minim risikonya, Bisa juga dengan membuat usaha atau menyalurkan hobi yang bisa menghasilkan sesuatu agar hidup menjadi tidak bergantung pada orang lain.

Segi sosial, bersosialisasi dengan orang lain sangat panting dipersiapkan jauh sebelum memasuki masa pensiun. Saat masih berada di masa produktif atau di masa kejayaan sebaiknya tidak menyombongkan diri dengan kekuasaan, harta dan posisi yang diperoleh yang akan menyebabkan terbatasnya relasi. Sikap bijak yang harus dilakukan saat mempunyai kekuasaan, agar semua relasi yang sudah kita kenal baik dari kalangan atas ataupun kalangan bawah akan terus terjalin. Serta berkomunikasilah dengan baik dengan tetap membina hubungan meskipun Anda telah memasuki masa pensiun.


Melakukan banyak aktivitas positif, bisa diisi dengan melakukan kegiatan apa saja yang positif seperti membaca, berolahraga atau melakukan kegiatan bersama dengan anak atau cucu sehingga tidak ada perasaan kesepian atau merasa ditinggalkan dan tidak berguna. Koes Anindya (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment