Tuesday, October 21, 2014

Susu Dapat Membuat Kuku Kuat dan Cantik

Susu Dapat Membuat Kuku Kuat dan Cantik
Kuku yang cantik, lentik, kuat dan sehat menunjukkan sang pemiliknya juga resik dalam merawat kecantikan. Umumnya pemakaian nail art, kuteks serta treatment manicure bisa membuat kuku terlihat cantik. Nail art dan pemakaian kuteks warna-warni memang bisa membuat kuku terlihat cantik. Namun bila Anda suka tampil dengan kuku polos tanpa hiasan, juga bisa terlihat cantik. Kuku dapat dibiarkan tumbuh panjang dan dibentuk dengan bagus. Memiliki kuku yang panjang memang membuat tangan wanita terlihat anggun dan indah. Namun sayang tak semua orang bisa mendapatkan kuku panjang yang cantik. Ada kuku yang rapuh dan bahkan sulit tumbuh. Kuku yang demikian tentu terlihat tidak sehat, kuat dan cantik. Untuk itu perlu perawatan khusus untuk kuku agar kuku terlihat cantik, sehat dan kuat.

Kuku Sehat. Kuku terdiri dari lapisan laminasi dari protein yang disebut keratin yang tumbuh dari daerah di dasar kuku bawah kutikula. Menurut dr. Niken Wulandari, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, bahwa kuku yang sehat adalah kuku yang tidak rapuh, kuat, tidak mudah patah dan berwarna bening. Selain itu, permukaan kukunya terlihat bersih dan kulit yang ada di sekitar kuku sehat. Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5-1,5 mm, kuku jari tangan pertumbuhannya empat kali lebih cepat dari pada pertumbuhan kuku jari kaki.

Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh atau suhu tubuh. Penyebab kuku menjadi rapuh akibat adanya penyakit. Baik penyakit sistemik maupun penyakit lokal pada kuku. Penyakit sistemik seperti psoriasis dan penyakit kawasaki, serta penyakit lokal pada kuku misalnya infeksi jamur maupun bakteri. Selain itu, beberapa obat juga dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh, seperti pengobatan kemoterapi.

Pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh nutrisi yang baik. Jika kekurangan gizi, nutrisi tak tercukupi atau menderita anoreksia nervosa, maka pertumbuhan kuku akan sangat lamban dan kuku menjadi rapuh. Cara sederhana untuk menyehatkan kuku adalah dengan menjaga kebersihan kuku, mengobati penyakit yang menyebabkan kerusakan, serta memenuhi asupan gizi yang cukup. Contohnya dengan susu yang mengandung kalsium yang berfungsi untuk menjaga agar kuku tetap kuat.

Selain melakukan perawatan dari dalam, untuk memiliki kuku yang kuat juga diperlukan perawatan dari luar. Misalnya dengan menggunakan krim khusus untuk kutikula kuku yang berfungsi untuk melembabkan tangan. Perawatan tersebut dapat melindungi kuku agar tidak mudah patah sehingga pertumbuhan kuku menjadi lebih optimal. Manicure ala Salon. Menurut Yashmin Seiff, SH, MBA, Aestn Dipl, untuk mendapatkan kuku yang sehat yaitu kuku yang memiliki permukaan yang halus, tidak terdapat lubang ataupun alur, memiliki warna yang seragam, tidak ditemukan bintik-bintik pada permukaan kuku, warna kuku cerah dan tidak kusam kuku tidak lemah dan tidak mudah patah, serta kuku tidak rapuh dan tidak mengelupas, maka perlu dilakukan perawatan.

Selain itu, untuk mendapatkan kuku yang sehat, cantik dan kuat, banyak wanita yang melakukan treatment manicure atau pun nail spa di salon kecantikan. Padahal, jika Anda memiliki waktu luang perawatan kuku sederhana juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah manicure ala salon yang dikerjakan di rumah sendiri:

1. Siapkan air hangat yang telah diberikan 3 tetes antiseptik. Kemudian rendam kuku ke dalam larutan tersebut selama dua menit. Lalu bilas dan keringkan kuku menggunakan handuk yang kering dan bersih. 2. Siapkan rendaman susu yang sudah diseduh dengan air mendidih. Setelah panasnya berkurang atau susu sudah menjadi hangat, rendam susu selama tiga menit. Selanjutnya bilas dengan menggunakan air hangat dan kemudian dikeringkan dengan handuk. Untuk hasil maksimal susu bisa dicampur dengan madu.

3.Mengolesi kuku dengan minyak zaitun. Susu yang digunakan dalam treatment ini adalah susu sapi, susu kambing dan susu kedelai. Unsur utama yang terkandung di dalam susu adalah protein. Unsur-unsur lain yang ada di dalam susu yang dibutuhkan tubuh dan kuku adalah lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, serta vitamin A, B dan E. Treatment ini sebaiknya dilakukan secara rutin seminggu sekali. Dalam sebulan maka susu menjadi sehat, cantik serta kuat dan tidak mudah rapuh.

Selain merendam tangan dengan susu, agar kuku sehat, cantik dan kuat sebaiknya imbangi juga dengan makan makanan dan minum minuman yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi kuku. Diperlukan berbagai asupan nutrisi baik dan seimbang, misalnya vitamin A, B, E, serta protein. Untuk menjaga kekuatan kuku dari dalam, sebaiknya makan makanan sepeni daging, sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Jika kuku rapuh, maka konsumsi sereal dan apel merah. Jika kuku tipis, maka sebaiknya makan daging dan ikan salmon. Sementara jika kuku patah, perbanyak makan telur, bayam, jeruk dan tomat.


Selain itu, olesi kuku dengan minyak zaitun pada malam hari sebelum tidur tiga hari sekali agar kuku selalu sehat, kuat dan cepat tumbuh. Dengan perawatan kuku sederhana secara rutin, maka kuku akan tumbuh sehat, cantik kuat dan pertumbuhannya cepat. Koes Anindya (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment