Monday, October 27, 2014

4 Cara Mengusir Vlek Hitam

4 Cara Mengusir Vlek Hitam
Vlek hitam tentu membuat wajah terlihat kotor dan kusam. Biasanya terjadi pada mereka yang sudah mengalami penuaan usia 30 tahunan. Karena itu, berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan vlek hitam pada wajah. Bagaimana caranya?

Kepercayaan diri biasanya akan runtuh bila wajah dihiasi vlek hitam. Pasalnya, wajah menjadi kusam, kotor dan menua. Vlek hitam atau yang dalam istilah kedokteran pigmentasi terjadi pada saat seseorang mengalami penuaan di usia 30 tahunan. Namun, vlek hitam juga bisa timbul di usia 20 tahunan jika penyebabnya bawaan seperti nevus hori.

Beberapa penyebab timbulnya vlek hitam adalah bawaan atau tanda lahir, yang juga timbul pada saat dewasa. Vlek hitam juga timbul akibat faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, radang kulit, terbakar, obat-obatan dan pil hormonal.

Mengatasi. Timbulnya vlek hitam akan mengganggu penampilan, Karena itu harus dilakukan langkah-langkah untuk mengatasinya. Berikut beberapa cara yang disarankan oleh dr. Eddy Karla, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin:

-Tabir Surya
Melindungi wajah dari paparan sinar matahari secara langsung saat pigmentasi belum muncul sangat baik dilakukan sejak usia muda. Gunakan tabir surya atau sunblock yang mengandung SPF namun penggunaannya tergantung aktivitas. Jika aktivitas banyak di bawah sinar matahari, gunakan sunblock SPF 30, yang memberikan perlindungan terhadap UVB dan UVA, penyebab pigmentasi. Namun, efek perlindungan tabir surya terbatas dalam waktu empat jam. Karena itu penggunaannya bisa diulangi setiap empat jam. Tetapi jika aktivitas banyak di udara terbuka dan berkeringat, tabir surya sebaiknya digunakan setiap dua jam sekali.

-Krim Pagi dan Krim Malam
Krim pagi dan krim malam mengandung bahan aktif yang penggunaannya disesuaikan kondisi kulit. Jika pada kulit terdapat bercak hitam akibat radang atau berjemur maka gunakan produk yang ada di pasaran, yang mengandung bahan aktif seperti vitamin B, C, beberapa jenis asam dan lain-lain. Jika penyebabnya karena bawaan atau hormonal, maka gunakan obat yang dapat bekerja lebih dalam, yang biasanya digunakan di bawah pengawasan seorang dokter

-Membersihkan Wajah
Membersihkan wajah wajib dilakukan rutin, yang frekuensinya disesuaikan dengan pajanan debu dan kosmetik. Jika wajah sering terkena debu dan berminyak, sebaiknya lebih sering mencuci wajah. Produk pembersih yang digunakan disesuaikan dengan kondisi kulit. Jika sering memakai kosmetik, maka bersihkan wajah menggunakan cleansing milk, karena minyak akan lebih mudah dibersihkan dengan minyak. Selain itu, dapat mencegah iritasi terutama jika dibersihkan dengan bahan yang mengandung alkohol dan sabun berkali-kali.

Beberapa produk pembersih wajah memiliki kandungan yang dapat memudarkan pigmentasi. Namun mengingat kontak antara pembersih dengan kulit wajah tidak lama, maka kandungan bahan pencerah (depigmenting agent) akan tidak terlalu banyak bermanfaat. Pembersih dapat membantu mencerahkan kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran pada wajah.

-Treatment
Treatment untuk pigmentasi bertujuan mencerahkan kulit dengan menghambat produksi pigmen oleh sel melanin dan memudarkan warna pigmen yang diproduksi. Agar penetrasi bahan-bahan yang terkandung dalam produk untuk memudarkan pigmentasi, maka ditambahkan bahan yang dapat mengelupaskan kulit. Jika rutin dilakukan dapat membantu proses pengelupasan kulit.

Treatment yang paling sederhana adalah menggunakan krim yang mengandung bahan pencerah. Krim yang digunakan juga banyak pilihan dari yang ringan hingga yang menyebabkan wajah mengalami iritasi dan kemerahan terlebih dulu. Biasanya pengobatannya dalam bentuk bahan aktif kombinasi.

Penggunaan masker juga dapat membantu. Masker berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengurangi pigmentasi. Misalnya penggunaan masker pepaya untuk mengurangi tumpukan sel-sel kulit mati, serta masker vitamin C untuk memudarkan pigmentasi. Namun, penggunaan masker ini hanya sebagai treatment tambahan, bukan treatment utama.

Mengatasi pigmentasi dengan menggunakan krim peremajaan akan berhasil, namun membutuhkan waktu. Jika kondisinya lebih sulit biasanya dilakukan treatment dengan alat misalnya laser Nd:Yag. Treatment dilakukan sesuai diagnosis, tetapi biasanya dilakukan setiap dua minggu hingga sebulan sekali. Namun, tidak semua jenis pigmentasi membutuhkan treatment ini.

Hasil akan efektif jika treatment yang dilakukan disesuaikan dengan diagnosis. Pigmentasi jenis freckles dan lentigo yang terjadi karena pengaruh sinar matahari, maka untuk menghilangkannya relatif mudah dan hasilnya akan sangat bagus dengan penggunaan krim. Sementara pigmentasi jenis lain yang tergantung hormonal seperti melasma untuk mengatasinya lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama.


Pigmentasi yang disebabkan hormonal, cara mengatasinya diperlukan kombinasi kandungan dalam satu krim dibedakan antara pagi dan malam agar bekerja sinergis. Selain itu dibantu dengan penggunaan tabir surya secara rutin. Kartika (Info Kecantikan)

1 komentar: