Thursday, October 10, 2013

Cara Tepat Memakai Make Up

Make up dapat menutupi kekurangan yang ada pada wajah, sekaligus menonjolkan kelebihan. Alhasil, dengan make up penampilan wanita akan terlihat lebih cantik. Namun tentu saja make up yang dipakai harus tepat, agar kekurangan wajah bisa tertutupi dan penampilan menjadi menarik. Lantas seperti apa cara memakai make up yang tepat?


Teman Anda terlihat lebih cantik dengan make up, namun mengapa Anda merasa justru dengan make up penampilan menjadi kurang menarik? Apa yang salah? Make up memang seharusnya membuat penampilan seseorang menjadi lebih cantik, baik dalam aktivitas sehari-hari ataupun ketika menghadiri acara resmi atau pesta. Menurut Nur Indah Chairani, make up artist profesional, make up selain membuat seseorang terlihat lebih cantik yang dapat menunjang penampilan, juga menjadi lebih percaya diri.

Tahapan Make Up. Namun, cara ber-make up yang tidak tepat justru membuat penampilan menjadi kurang menarik. Lalu bagaimana tahapan memakai make up yang tepat? Beberapa hal berikut bisa menjadi pedoman praktis untuk Anda:

  1. Sebelum di-make up, wajah harus dalam keadaan bersih, dan kalau masih basah dilap hingga kering.
  2. Sebelum ber-make up agar wajah terlihat lebih fresh dan relaks, lakukan olahraga wajah dengan mengucapkan A-I-U-E-O.
  3. Gunakan pelembab wajah agar wajah tetap lembab.
  4. Gunakan foundation atau BB Cream pada satu tingkat lebih tinggi dari warna kulit asli agar lebih cerah.
  5. Gunakan bedak tabur (loose powder) atau bedak padat (compact powder atau two way cake) yang dapat menghaluskan dan menutupi noda-noda pada kulit wajah.
  6. Gunakan eye shadow warna-warna soft atau warna-warna yang sesuai dengan acara dan waktu yang didatangi, serta disesuaikan dengan busana.
  7. Gunakan eyeliner, dengan membuat garis pada kelopak mata hingga batas bulu mata, lalu tempelkan bulu mata dan pada bagian bawah diberikan eyeliner ataupun pensil alis bawah.
  8. Gunakan penjepit bulu mata atas, tahan penjepit bulu mata selama 15 detik agar bulu mata lebih indah.
  9. Sesudah itu gunakan maskara untuk menebalkan dan melentikkan bulu mata. Maskara dengan sikat melengkung dapat membuat bulu mata lebih lentik, sementara maskara berbentuk bundar dapat membuat bulu mata menjadi lebih tebal. Sedangkan maskara berbentuk lurus akan membuat bulu mata terlihat panjang.
  10. Penggunaan blush on pada area tulang pipi dengan kuas secara memutar agar terlihat lebih natural.
  11. Gunakan pensil alis untuk merapikan dan menebalkan agar alis dapat berbentuk indah.
  12. Gunakan lipstik dan lip gloss agar bentuk bibir lebih indah dan terlihat segar.

Tips. Meski make up dapat menutupi kekurangan wajah, namun sering ber-make up juga memengaruhi kondisi kulit yaitu wajah mlus menjadi sensitif dan ditumbuhi jerawat Oleh karena itu, sebelum ber-make up sebaiknya mengenali jenis kulit wajah. Misalnya kulit berminyak sebaiknya tidak menggunakan foundation sebagai base make up karena akan membuat wajah lebih berminyak.

Jenis kulit wajah berminyak sebaiknya menggunakan BB Cream sebagai base make up karena kadar minyaknya rendah. Namun, jika wajah terlalu berminyak cukup dengan air biasa yang disemprotkan ke wajah, lalu ditaburi bedak sehingga make up akan lebih tahan lama.

Setelah itu, sebaiknya tidak memakai make up hingga 24 jam. Anda harus rajin membersihkan wajah setelah ber-make up agar terhindar dari masalah kulit, terutama jika jenis kulit Anda sensitif. Bersihkan wajah dari make up dengan pembersih khusus, mulai dari cleansing milk, facial wash atau toner, sehingga dapat mengangkat sisa-sisa kotoran dan make up pada wajah.


Jika jenis kulit Anda sensitif, pastikan alat-alat seperti kuas yang Anda gunakan tidak tercampur dengan orang lain. Sebaiknya memakai make up juga tidak sembarangan, tetapi disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Sebagai contoh untuk make up ke kantor sebaiknya yang tipis-tipis saja. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memperbanyak minum air putih, minimal delapan gelas sehari atau dua liter per hari agar wajah tetap cerah alami. Suciati (Info Kecantikan)

3 komentar:

  1. Menarik nih tipsnyaaa, patut dicobaaa. Padukan dengan softlens yang saya beli di lensza.co.id, cakep yaa!

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. terimaksih kak untuk tips nya. ya walaupun kadang aku males sih bersihin makeup di wajah. sampe kulit aku jadi kering.kapan-kapan posting pelembab yang bagus dong heheh biar aku tahu dan langsung beli di langganan aku lets buy makeup

    ReplyDelete