Friday, October 18, 2013

Memilih dan Menggunakan Eyeliner Yang Tepat

Eyeliner sudah menjadi alat make up wajib bagi kaum hawa, terutama mereka yang fokus pada make up mata. Namun terkadang pemakaian eyeliner tidak tepat justru membuat make up menjadi terlihat tidak bagus. Lalu bagaimana memilih dan menggunakan eyeliner secara tepat?

Wanita yang gemar bersolek pasti tidak asing dengan eyeliner, salah satu alat make up yang dapat memperindah penampilan mata selain dengan eye shadow dan maskara. Bahkan 8 dari 10 wanita mengungkapkan bahwa eyeliner adalah senjata andalan mereka. Dengan polesan tipis bedak powder dan lipgloss, eyeliner bisa menjadi pilihan tepat bagi wanita yang ingin tampil natural tetapi tetap cantik dalam suasana santai.


Eyeliner berfungsi untuk mempertegas dan mempertajam bentuk mata. Bahkan dengan trik make up mata tertentu, penggunaan eyeliner bisa membuat tampilan mata lebih seksi karena dapat mengoreksi bentuk mata yang terlalu sipit atau terlalu lebar. Namun sayangnya sebagian besar wanita merasa kesulitan untuk mengaplikasikan eyeliner secara langsung pada garis matanya. Dan memang jika tidak terbiasa, maka sulit untuk menggunakan eyeliner yang benar dan rapi.

Jenis. Dijelaskan oleh Nita Gunawan, make up artist, meski eyeliner cenderung lebih susah penggunaannya tetapi jika seseorang sudah terbiasa menggunakan eyeliner maka alat make up satu ini bisa membuat penampilan seseorang lebih hidup, cantik, dramatis dan percaya diri. Ada beberapa macam eyeliner berikut manfaatnya yang bisa menjadi pilihan Anda:

Pensil Eyeliner. Dibandingkan jenis eyeliner lain, pensil eyeliner lebih dulu populer karena lebih mudah digunakan. Namun, formula dari pensil eyeliner tidak bertahan lama sehingga perlu digunakan berulang-ulang. Pensil eyeliner yang berbahan lunak dan lembut lebih cocok digunakan untuk membentuk garis mata tebal, sementara pensil alis yang berbahan lebih keras biasanya lebih tahan lama dan dapat digunakan untuk membentuk garis tipis. Untuk menjaga agar pensil eyeliner ini tetap steril dan bebas bakteri, sebaiknya ketika digunakan Anda meraut pensil eyeliner kembali. Tetapi merautnya sebaiknya tidak terlalu lancip karena akan menyakiti daerah mata Anda.

Eyeliner Liquid. Eyeliner liquid atau eyeliner cair biasanya dikemas dalam bentuk tube atau botol kecil yang disertai dengan sikat tipis dan runcing untuk memudahkan penggunaan Eyeliner liquid berwarna lebih pekat daripada pensil eyeliner serta lebih cepat kering dan tidak mudah luntuir kecuali jika terkena air secara langsung. Namun beberapa eyeliner cair terdapat bahan khusus yang tahan air atau waterproof yang biasanya tertera pada labelnya. Jika memiliki jenis kulit di sekitar mata yang berminyak sebaiknya menggunakan eyeliner cair yang waterproof agar eyeliner tidak mudah belepotan atau berantakan.

Liquid Pencil Eyeliner. Jenis liquid pencil eyeliner ini sedikit mirip dengan eyeliner cair, namun biasanya eyeliner jenis ini memiliki kuas dan kemasan yang menyatu membentuk pencil. Eyeliner jenis ini lebih mudah digunakan oleh Anda yang masih belajar menggunakan eyeliner pada mata.

Eyeliner Gel. “Eyeliner jenis ini biasanya dikemas dalam bentuk botol atau pot. Eyeliner gel teksturnya lebih creamy. Biasanya eyeliner bentuk gel diaplikasikan menggunakan kuas tipis dan runcing. Tak jarang untuk mengaplikasikan eyeliner gel membutuhkan brush tersendiri.

Penggunaan Eyeliner. Setelan mengetahui jenis-jenis eyeliner Ialu bagaimana penggunaan eyeline? Jika Anda masih pemula sebaiknya menggunakan eyeliner pensil, karena teksturnya yang padat dan mudah diaplikasikan. Jika Anda merasa wama pensil eyeliner kurang bagus, maka Anda bisa menggunakan eyeliner gel. Untuk mengaplikasikan eyeliner gel bisa menggunakan brush atau sikat. Penggunaan brush ini memang sedikit susah, karena sikat menimbulkan efek bergerigi sehingga tidak rapi. Karena itu sebaiknya setelah pakai eyeliner liquid menggunakan brush, Anda bisa melanjutkan dengan pensil eyeliner.


Cara menggunakan eyeliner akan memengaruhi penampilan. Penggunaan eyeliner dengan ujung mata yang turun akan membuat mata terlihat sayu. Karena itu sebaiknya membentuk mata menjadi sedikit naik sehingga bisa mempertegas dan menyamarkan bentuk mata yang tajam. Jika bentuk mata kecil gunakan eyeliner pada ujung mata yang lebih panjang atau cat eyes. Selain itu,, eyeliner yang tebal dan besar bisa diaplikasikan pada mata yang kecil. Sementara untuk mata yang lebar penggunaan eyeliner bisa disesuaikan agar terlihat Iebih seimbang. Indri Eka Lestari (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment