Tuesday, October 15, 2013

Sabun Bahan Alami Cerahkan Kulit

Banyaknya bahan tradisional yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan sudah familier dimanfaatkan oleh produsen kecantikan. Bahan alami seperti pepaya, susu kambing dan beras Jepang yang mengandung antioksidan dan vitamin C berkhasiat melembabkan dan mencerahkan kulit. Benarkah?

Menginginkan kulit halus dan lembut tentu saja tak hanya wajlb melakukan berbagai rangkaian perawatan kecantikan modern, tetapi perlu diperhatikan perawatan sederhana mulai dari kebiasaan mandi dengan menggunakan sabun.
Penggunaan sabun yang tepat harus dilakukan atau disesuaikan dengan jenis kulit tubuh agar tidak menimbulkan masalah baru. Contohnya, bagi mereka yang memiliki kulit berminyak sebaiknya gunakan sabun mandi untuk mengatasi kulit berminyak. Begitu pun sebaliknya, jika memiliki kulit kering gunakan sabun mandi yang mengandung moisturizer atau pelembab.

Pada dasarnya, sabun terdiri atas dua jenis yaitu sabun klasik atau konvensional yang terbuat dari lemak atau minyak nabati dan garam alkali. Jenis kedua adalan sabun sintetik yang terbuat dari bahan-bahan sintetik. Dewasa ini, perkembangan produk kecantikan terus meningkat salah satunya menciplakan produk sabun mandi dengan menggunakan bahan-bahan alami dan sedikit proses kimiawi untuk menghasilkan kulit lebih cerah dan lembut.

Bahan Alami.
Beberapa ekstrak bahan tradisional yang sering ditemui dalam olahan sabun di antaranya pepaya, susu kambing dan beras Jepang. Tak hanya digunakan sebagai olahan bahan makanan yang dapat dikonsumsi, kandungan zat lainnya seperti antioksidan, zat besi, serta vitamin A, C dan E ternyata dapat dimanfaatkan untuk melembabkan, mengenyalkan dan mencerahkan kulit. Penambahan bahan-bahan tersebut dalam sabun sebenarnya bisa menambah manfaat positif tetapi dapat juga memberikan hasil yang kurang baik jika digunakan berlebihan atau tidak sesuai déngan jenis kulit. Untuk pemakaiannya harus tetap diperhatikan apakah sesuai atau tidak karena tipe kulit masing-masing orang berbeda satu sama lain.

Seperti diuraikan dr. Huda Haidar, dokter sekaligus praktisi kecantikan, beras Jepang yang sudah digunakan ratusan tahun yang lalu ternyata mempunyai banyak manfaat. Selain dapat dikonsumsi sebagai bahan pangan, beras Jepang dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan squalene oil-nya dapat melembabkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, terdapat juga vitamin C dan E yang memberikan nutrisi pada kulit dan mempunyai kemampuan antioksidan yang dapat menjadikan kulit lebih cerah.

Susu kambing, mempunyai manfaat yang tak kalah penting dengan beras Jepang. Kandungan alpha hydroxyl acetat mempunyai kemampuan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kuiit Sehingga membuat kulit menjadi lebih cerah. Mengurangi kerutan dan membantu pembentukan stratum korneum (bagian kulit epidermis di bagian kulit terluar atau yang disebut kulit mati). Pada dasarnya, susu kambing mempunyai pH yang mirip dengan pH kulit. Kandungan protein, lemak, zat besi, serta Vitamin A, B dan C mampu melembutkan dan juga melembabkan kulit.


Sedangkan buah pepaya, selain bermanfaat melancarKan pencernaan, juga memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, C, dan E serta betakaroten dan enzim papain yang dapat melembabkan, mencerahkan, mengenyalkan sekaligus memperikan efek halus pada kulit. Tingginya kandungan antioksidan di dalam pepaya sangat berpengaruh terhadap manfaat dari bahan alami tersebut. Seperti diketahui, antioksidan merupakan salah satu cara untuk menghindari kerusakan kulit dan mampu mengikat radikal bebas, mengurangi pigmentasi kulit, memperbaiki kecerahan warna kulit dan mencegah kerutan. Sedangkan vitamin A yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan kolagen pada kulit. Kolagen bermanfaat dalam menjaga kekenyalan kulit seseorang. Widi, Diah (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment