Sunday, October 20, 2013

Salah Merawat Rambut Sebabkan Kerontokan

Kerontokan rambut merupakan salah masalah rambut yang sering dialami banyak orang. Tapi banyak yang tidak menyadari perawatan rambut sehari-hari seperti keramas, penggunaan alat-alat pengering rambut, hingga treatment creambath ataupun hairmask yang salah justru memicu kerontokan rambut. Benarkah?


Kerontokan yang terjadi terus-menerus membuat rambut menipis dan lama-kelamaan menjadi botak. Seseorang dikatakan mengalami kerontokan rambut jika setiap hari ia mengalami kehilangan rambut sekitar 120 helai. Kerontokan tersebut bisa terjadi menyeluruh ataupun setempat dan bila berlanjut dalam waktu lama bisa menyebabkan kebotakan (alopesia).

Menurut dr. Magdalena Niken Pattimahu, dokter kecantikan, kerontokan rambut disebabkan karena ketiga penopang rambut yaitu kutikula, koneks dan medula bermasalah membuat kesehatan rambut terganggu sehingga kekuatan rambut menjadi berkurang, rambut lebih rapuh dan mudah patah. Penopang rambut dibagi menjadi tiga tingkatan. Pertama, kutikula yang terdiri atas keratin, yang berfungsi sebagai pelindung terhadap kekeringan dan pengaruh dari luar. Kedua, korteks yang terdiri atas serabut polipeptida yang mengandung pigmen. Ketiga, medula yang terdiri atas keratohialin badan lemak dan rongga mulut.

Perawatan yang Salah. Kerontokan rambut yang terjadi bisa karena seseorang salah merawat rambut. Dijelaskan oleh Irwan Mulyadi, hair stylist ternama sekaligus Ketua Lembaga Sertifikasi Kompetensi Tata Kecantikan, sebenarnya semua perawatan rambut baik jika dilakukan secara benar dan sesuai kebutuhan. Namun jika perawatan rambut yang dilakukan salah justru akan menyebabkan kerontokan.

Nah, berikut beberapa cara perawatan rambut yang salah:
  1. Sampo dan cara keramas yang salah. Jika Sampo yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi rambut akan memicu kerontokan rambut. Karena itu sebaiknya memilih sampo yang sesuai jenis rambut, yang biasanya tertera pada kemasan sampo. Jika seseorang tidak mengetahui bagaimana cara penggunaan sampo yang benar saat keramas akan mengakibatkan kerontokan rambut. Bila saat keramas Anda tidak terlebih dulu menyikat dan menyisir rambut, tetapi langsung menuangkan sampo di atas rambut tanpa menuangnya terlebih dulu di tangan dan membuat busa sedikit, bisa memicu kerontokan rambut. Apalagi jika saat keramas menggosok rambut terlalu keras sehingga mengakibatkan kulit kepala mengalami iritasi. Cara keramas yang demikian bisa menyebabkan kerontokan rambut jika dilakukan secara berulang-ulang.
  2. Bilas tidak bersih. Ketika membilas sampo dan kondisioner yang menempel pada rambut tidak bersih, atau masih ada sisa sampo dan kondisioner pada kulit kepala, akan bisa menyebabkan ketombe. Dengan semakin menumpuknya ketombe akan menyebabkan timbulnya jamur ketombe pada rambut, sehingga akhirnya akan memicu kerontokan rambut.
  3. Sering Creambath dan Hairmask. Creambath dan hairmask memang bisa membuat rambut terlihat sehat, indah dan kuat. Namun, jika terlalu berlebihan atau terlalu sering melakukan treatment ini hingga 2-3 hari sekali, justru akan membuat rambut menjadi mudah rontok, rapuh dan gampang patah. Pasalnya, saat creambath ataupun hairmask ada tahapan massage. Jika gerakan massage yang dilakukan tidak benar misalnya terlalu kencang, rambut akan mudah rontok. Begitu pula jika memilih produk hairmask ataupun creambath yang tidak sesuai.
  4. Alat Pengering Rambut. Setelah keramas banyak orang yang mengeringkan rambut dengan hair dryer atau alat pengering rambut. Sementara setelah itu biasanya Anda menata rambut dengan alat pelurus rambut (catok) ataupun alat pengeriting rambut (curly iron). Jika alat-alat yang bersuhu panas tersebut digunakan terlalu sering atau setiap hari, ditambah dengan penggunaan suhu yang terlalu panas maka bisa menyebabkan rambut rusak dan rapuh, yang berujung pada kerontokan. Anda tetap boleh menggunakan alat-alat tersebut tetapi suhunya tidak terlalu panas dan tidak terlalu sering digunakan.

Perawatan yang Benar. Selain memperbaiki perawatan rambut yang salah yang menyebabkan kerontokan, sebaiknya menurut dr. Magdalena, Anda juga perlu merawat rambut agar tidak rontok. Berikut tips-tips memperlakukan rambut dengan benar agar tidak rontok:
  • Menggunakan serum atau vitamin rambut untuk menambah nutrisi pertumbuhan rambut. Serum ini bisa digunakan setelah keramas setiap dua hari sekali.
  • Memperbaiki nutrisi dengan makan makanan yang tinggi protein dan vitamin B12 seperti telur, daging dan susu.
  • Tidak menyisir rambut dalam kondisi masih basah dan hindari tidur dengan keadaan rambut masih basah, karena rambut yang masih basah cenderung lebih mudah patah. Sebaiknya gunakanlah sisir yang bergigi jarang agar meminimalisir rambut yang patah.
  • Mengonsumsi vitamin penyubur rambut, tetapi sebelum minum vitamin ini sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.
  • Mengurangi penggunaan hair dryer curly iron, catok, pewarnaan rambut, pelurusan rambut, dan hair spray yang terlalu sering, apalagi dalam penggunaan alat dengan suhu yang terlalu panas. Ataupun mengurangi treatment rambut lainnya seperti creambath yang terlalu sering karena dapat manyebabkan rambut menjadi lebih kering dan rapuh. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit dan kelamin bila kerontokan rambut yang dialami dirasakan mengganggu. Dengan berkonsultasi maka dapat segera diketahui penyebabnya serta dapat dicari solusi dan ditentukan pengobatan secepatnya. Palupi  (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment