Wednesday, October 23, 2013

Mengkudu Bisa Samarkan Stretch Mark


Garis-garis stretchmark bisa membuat penampilan kurang menarik, apalagi stretch mark ini sulit dihilangkan. Buah mengkudu yang rasanya pahit dan berbau tidak sedap bisa digunakan untuk menyamarkan stretch mark karena  mengandung zat-zat yang dapat merevitalisasi jaringan. Benarkah?

Setelah melahirkan ataupun ketika tubuh yang biasanya langsing menjadi gemuk, timbul stretch mark atau striae. Guratan-guratan haius bervvarna kemeranan, hingga kemudian menjadi putih, menjadikan penampilan tidak menarik. Biasanya stretch mark timbul pada daerah-daerah yang lemaknya berlebih seperti lengan atas, paha, bokong, payudara dan perut. Alhasil, seseorang merasa tidak nyaman dalam berbusana yang sedikit terbuka. 


Menyamarkan stretch mark biasanya dengan berbagai treatment modern seperti krim-krim hingga laser. Tetapi sebenarnya cara tradisional seperti buah mengkudu juga bisa menyamarkan stretch mark karena mengandung nutrisi, antibakteri dan antikanker, terpenoid dan damnacamthal. 

Jaringan Kolagen. Dijelaskan dr. Agus Rahmadi, herbalis, mengkudu mengandung zat damnachamthal yaitu zat yang berfungsi sebagai antioksidan, antikanker dan antigenesis yang mampu meningkatkan jaringan kolagen dan revitalisasi jaringan. Dengan meningkatnya jaringan kolagen, sehingga kolagen terbentuk dengan bagus dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru. Alhasil, dapat menghambat guratan-guratan pada kuiit yang semakin melebar serta mengembalikan fungsi normal sel, memperbaharui sel-sel baru dan membuang sel-sel mati. 

Sementara kandungan nutrisi pada buah mengkudu terdiri atas protein, vitamin dan mineral seperti selenium yang mengandung antioksidan. Sedangkan zat terpenoid pada buah mengkudu dapat membantu proses sintesis organik yang bermanfaat untuk pemulihan sel-sel pada tubuh. Kandungan zat antibakterinya berguna untuk mematikan bakteri, serta zat antikanker sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal. Dengan kandungan-kandungan tersebut maka buah mengkudu dapat memperbaiki   kerusakan kulit seperti guratan guratan stretch mark. 

Masker Buah Mengkudu. Untuk menyamarkan stretch mark dengan buah mengkudu yang lebih efektif apabila dijadikan masker. Caranya, dua buah mengkudu dicuci hingga bersih. Sesudah itu, buah mengkudu diblender ataupun ditumbuk hingga halus. Agar hasilnya lebih maksimal, maka buah mengkudu dicampurkan taoge, wortel dan minyak zaitun yang mengandung nutrisi vitamin A, C dan E sehingga kelembaban kulit terjaga, lalu diaduk rata. 

Tahap selanjutnya adalah bagian tubuh yang ada stretch mark dibersihkan lalu ditempelkan mengkudu yang sudah dicampurkan sedikit air. Diamkan selama 30-60 menit hingga masker mengering, baru dibersihkan dengan air. Jika masker mengkudu ini digunakan rutin seminggu tiga kali, perlahan-lahan dalam jangka waktu lama guratan-guratan halus itu akan menipis dan kembali halus. 

Hasil untuk menyamarkan stretch mark tergantung pada usia,jenis kelamin, pekerjaan, cuaca, bagian tubuh yang terkena stretch mark, kecukupan nutrisi hingga vitamin yang dibutuhkan oleh tubun dan makanan sehat. Meski berbahan alami, efek samping dari mgengkudu tetap ada terutama jika kulit hipersensitif. Efek samping yang mungkin timbul adalah kulit kemerahan dan gatal. Sementara jika dikonsumsi pada beberapa orang bisa menyebabkan tekanan darah rendah dan mudah terkena diare. 

Stretch Mark. menurut dr. R. Aj. Putri Ambarani Paramasari, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, buah mengkudu mengandung antioksidan sehingga mampu menyamarkan stretch mark. Meski demikian, buah mengkudu tidak bisa menghilangkan stretch mark 100 persen pada kulit. Stretch mark adalah terjadinya peregangan kulit yang melebihi batas elastis kulit sehingga muncul guratan-guratan pada permukaan kulit yang berwarna putin. Regangan pada kulit yang mendadak membuat terjadinya rupture atau robekan pada kulit, terutama pada lapisan dermis tepat pada kolagen dan elastin yang robek. Biasanya stretch mark terjadi pada orang-orang yang berusia muda, yang kulitnya masih kenyal. 

Sebelum timbul stretch mark sebaiknya seseorang menghindari faktor penyebab. Adapun penyebab utama timbulnya stretch mark adalah peregangan kulit yang melebihi batas elastisitas, seperti timbul pada bagian perut wanita hamil atau pada orang gemuk yang mengalami penurunan berat badan secara drastis. Stretch mark juga terjadi karena berkurangnya jaringan kolagen dan elastim pada kulit yang merupakan protein pengisi jaringan kulit, ketidakseimbangan hormon karena pubertas, depresi kehamilan, orang yang mengonsumsi obat kostikosteroid dalam jangka waktu yang lama baik oral maupun oles seperti Betason, serta kekurangan nutrisi pada kulit sehingga terjadinya guratan pada permukaan kulit yang berwarna putih.

Biasanya untuk mencegah timbulnya stretch mark pada permukaan kulit dengan menggunakan pelembab di bagian tubun seperti lengan, paha, perut, payudara dan pinggang agar kulit tetap elastis dan tidak terjadi rupture. Selain itu, sebaiknya hindari faktor pemicu terjadinya penyebab guratan dengan memenuhi nutrisi pada kulit seperti mengonsumsi Vitamin A, C dan E, serta minum air putih yang cukup. 

Untuk menghilangkan stretch mark tergolong susah, terutama jika stretch mark sudah matang. Stretch mark terdiri atas tiga lapisan yaitu merah, ungu dan putih. Biasanya guratan yang berwarna putih lebih cekung, sementara guratan yang berwarna merah terasa lebin gatal karena mengalami peradangan. Penyembuhannya bisa dilakukan dengan cara memberikan pelembab pada permukaan kulit agar tetap elastis, memberikan krim-krim penghilang stretch mark yang mengandung retinoid atau retinoin yang mampu meregenerasi kulit, fruit acid yang dipakai sebagai pelembab dan pemberian Vitamin C serta penambahan sintesa kolagen pada guratan yang masih berwarna merah. Krim retinoin bisa dicampurkan dengan Dermafan untuk mengurangi risiko timbulnya alergi, serta membantu meregenerasi kulit yang rusak akibat peregangan kulit. 

Penanganan lebih lanjut bisa dengan treatment modern seperti dermabrasi dan laser pada lengan, paha, payudara dan bagian-bagian kulit yang mengalami guratan stretch mark. Treatment-treatment tersebut dapat memacu penumbuhan sel-sel baru dan rnengurangi sedikit guratan pada kulit. Selain itu, treatment chemical peeling juga bisa digunakan untuk peremajaan kulit dan membantu regenerasi kolagen pada jaringan kulit. Nailul Iffah (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment