Thursday, October 24, 2013

Konsumsi Kacang Hijau Setiap Hari Bisa Suburkan Rambut



Kacang hijau tak hanya lezat dijadikan makanan sehat, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, Dan bagi mereka yang bermasalah dengan rambut rontok, ternyata setelah rutin mengonsumsi kacang hijau setiap hari maka rambutnya akan kembali lebat dan subur, karena kacang hijau mengandung zinc yakni zat yang berguna untuk menguatkan akar rambut. Benarkah?

Kacang hijau banyak diolah sebagai makanan yang menyehatkan tubuh, sekaligus membantu menyuburkan dan menyehatkan rambut. Kacang hijau merupakan sejenis tanaman budidaya dan palawija yang sudah sangat terkenal di daerah tropis. Tumbuhan yang termasuk dalam suku polong-polongan yang memiliki nama latin Fabaceae ini memiliki banyak kandungan alami yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan. Kacang hijau memiliki kandungan protein nabati yang sangat tinggi sehingga mampu disebut sebagai sumber makanan untuk memenuhi nutrisi protein nabati pada tubuh. Di Indonesia, kacang hijau menempati urutan ketiga sebagai tanaman pangan legume (spesies tanaman pangan dari golongan kacang-kacangan yang mempunyai serat pangan), setelah kacang kedelai dan kacang tanah. 

Kacang hijau biasanya dimanfaatkan menjadi bahan makanan seperti Bubur Kacang Hijau yang diberi santan dan gula sehingga menghasilkan rasa yang nikmat saat disantap hangat-hangat. Selain itu, biji kacang hijau yang sudah empuk juga bisa ditumbuk dan dijadikan isian dari kue-kue seperti Onde-onde, Kue Ku, Bakpao, Gandasturi, dan lain-lain. Selain itu, tepung kacang hijau, biasanya dipasarkan sebagai tepung hunkue atau tepung yang digunakan untuk pembuatan kue-kue yang biasanya berbentuk gel. Tepung ini dapat diolah menjadi mie yang dikenal sebagai soun, yang menjadi salah satu bahan makan pendamping dari bakso. 

Kandungan. Menurut dr. Lady Dhita Alfara, M. Gizi, SpGK, dokter spesialis gizi klinik, dalam 100 gr kacang hijau, terdapat kandungan alami yang sangat baik untuk tubuh seperti 7 gr protein nabati. Protein yang terkandung, memiliki asam amino yang lengkap, bahkan asam amino sebagian dalam bentuk bebas sehingga cepat diserap oleh tubuh. Selain protein yang menjadi kandungan utama kacang hijau, kandungan serat kacang hijau sangat tinggi mencapai 7,6 gr dan mampu memenuhi 30 persen kebutuhan serat dalam tubuh. Tak heran, dengan kandungan serat yang cukup banyak, masalah buang air besar akan menjadi lancar. 

Kandungan lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 dalam kacang hijau juga cukup tinggi. Omega-3 merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Sementara, kandungan vitamin B1, B6, asam folat, asam pantotenat, serta niasin juga tidak kalah tinggi dalam kacang hijau, yang bermanfaat sebagai sumber metabolisme tubuh dan sumber energi. Kandungan mineral dalam 100 gr kacang hijau terdiri dari 266 mg potasium, 99 mg phosphorus, 48 mg  magnesium, 27 mg kalsium, magnesium, 1,4 mg zat besi, 0,8 mg zinc, dan 2,5 selenium. 

Zinc dalam kacang hijau memiliki manfaat untuk membantu mengatasi kerontokan pada rambut. Proses pertumbuhan rambut diatur oleh mekanisme hormon pengatur pertumbuhan rambut, termasuk rambut halus pada tubuh. Kerja hormon dapat terganggu jika seseorang kekurangan unsur zinc dalam tubuh. Di samping itu, kacang hijau juga mengandung antioksidan yang tidak kalah tinggi. Seperti banyak diketahui, antioksidan memiliki manfaat bagi kulit serta tubuh untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. 

Hal senada diungkapkan oleh Denny Rammadhan, N.d. BSC. D, ACCU seorang naturopathist, bahwa kacang hijau sudah terpercaya menjadi salah satu sumber makanan yang mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki masalah kerontokan rambut maka dengan mengonsumsi 250-300 gr kacang hijau   setiap hari mampu mempercepat proses pertumbuhan rambut. 

Kacang hijau juga menjadi salah satu makanan pendamping yang baik dikonsumsi setiap hari oleh bayi, anak-anak, hingga lanjut usia. Meski baik untuk tubuh dan rambut, namun bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi kacang hijau. Pasalnya di dalam kacang hijau terdapat kandungan purin yang dapat memicu meningkatnya asam urat. Sementara itu bagi penderita kolesterol dan diabetes sebaiknya menjaga asupan gula dan santan yang biasa menjadi bahan makanan tambahan untuk membuat Bubur Kacang Hijau. 

Rambut Rontok. Pada kulit kepala yang sehat, helaian rambut bisa bertahan tumbuh selama 3-5 tahun. Sementara pada satu pori-pori kulit kepala proses regenerasi pertumbuhan rambut rata-rata akan terjadi hingga 20 kali, kemudian rambut akan tumbuh dan bertambah panjang kurang lebih 12 mm dalam waktu satu bulan. Jika terus dibiarkan memanjang maka panjang rambut akan mencapai 107 cm, sesudah itu rambut rontok dan mengalami pertumbuhan baru pada pori-pori yang sama. 

Siklus pertumbuhan rambut sendiri dibedakan menjadi tiga fase. Fase pertama, fase pertumbuhan atau anagen yang membutuhkan waktu sekitar 3-5 tahun. Fase kedua, fase katagen yang membutuhkan waktu selama 3-4 minggu yang mana penumbuhan sel-sel rambut secara perlahan mulai melambat dan akhirnya berhenti. Ketiga, fase telogen yang berlangsung selama 3-4 bulan. Pada fase ini rambut telah tumbuh dan terus memanjang hingga akhirnya rontok. Setelah melewati fase ketiga ini, rambut memulai kembali fase pertumbuhannya dari tahap pertama tadi. 

Mendapatkan rambut yang sehat, seperti rambut lebat dan subur, berawal dari kulit kepala yang sehat. Selain bersih dari debu dan kotoran, satu hal yang bisa menjadi pertanda bahwa Anda memiliki rambut yang sehat adalah di dalam satu pori-pori di kulit kepala terdiri dari tiga helai rambut sehingga rambut tampak lebih tebal dan lebat. Sedangkan, jika pada pori-pori kepala hanya terdapat satu helai rambut akan terlihat tipis dan bisa dipastikan terdapat permasalahan pada rambut seperti kerontokan. Jika Anda memiliki masalah dengan kerontokan rambut maka lama-kelamaan rambut menjadi tipis dan timbul kebotakan. 

Untuk perawatan rambut sehari-hari meski keramas dianjurkan, tetapi sebaiknya tidak setiap hari. Karena hal tersebut akan membuat kulit kepala Anda menjadi kering dan mudah patah. Pasalnya, pori-pori rambut biasanya akan mengeluarkan minyak yang mengandung nutrisi baik untuk rambut. Minyak yang dikeluarkan oleh pori-pori rambut sangat dibutuhkan oleh rambut dari akar, batang hingga ujung rambut. Oleh karena itu sebaiknya Anda mencuci rambut setiap dua hari sekali agar produksi minyak tidak berlebihan dengan diakhiri oleh penggunaan kondisioner agar rambut tidak kering. 

Namun, memiliki rambut yang sehat sebenarnya bukan hanya melakukan perawatan dari luar seperti keramas dengan sampo dan kondisioner, Serta creambath, hairspa ataupun hairmask, tetapi juga harus menjaga perawatan dari dalam seperti asupan makanan agar memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. Dengan berbagai perawatan, maka rambut tampak sehat dan berkilau dari akar hingga ujung rambut. Sebaliknya jika memiliki rambut yang sedikit merah, mudah patah dan rontok bisa disebabkan kurangnya asupan nutrisi pada rambut seperti karbohidrat, protein, zinc serta lemak esensial yang menjadi kandungan utama untuk kesehatan rambut. Indri Eka Lestari (Info Kecantikan) 

2 komentar: