Sunday, October 6, 2013

Pilih Treatment Facial Sesuai Jenis Kulit

Banyaknya jenis treatment facial yang ditawarkan klinik ataupun salon dapat membuat Anda bingung memilih mana yang cocok. Terkadang treatment yang cocok bagi sahabat Anda, tetapi ternyata tidak cocok untuk Anda. Dalam memilih treatment facial memang harus disesuaikan dengan jenis kulit agar hasilnya maksimal. Seperti apa?

Wajah yang bersih dan bebas dari jerawat dan vlek hitam menjadi dambaan hampir seluruh wanita. Treatment facial banyak dipilih orang untuk mendapatkan kulit yang seperti itu. Manfaat dari facial adalah untuk menghilangkan jerawat, komedo dan vlek hitam, serta meremajakan kulit dan mencerahkan warna kulit.

Treatment facial sendiri fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan sisa-sisa kotoran. Juga komedo, baik komedo dalam atau pun komedo luar yang tidak mudah diangkat oleh pembersih wajah seperti sabun wajah, susu pembersih dan penyegar yang biasa digunakan sehari-hari.

Karena fungsi treatment facial bermacam-macam, banyak wanita menjadi bingung ketika memilih jenis treatment facial yang cocok. Menurut Tina Wardhani Wisesa, dokter spesialis kulit dan kelamin, sebaiknya memilih treatment facial yang sesuai dengan jenis kulit yaitu kulit kering, berminyak dan berjerawat. Selain itu, bahan yang digunakan pun harus disesuaikan dengan kulit. Ditambahkan oleh Deviana Himawan, dokter kecantikan, proses kerja dari semua jenis treatment facial hampir sama. Namun, yang membedakannya adalah penggunaan masker yang disesuaikan dengan jenis kulit.

Kulit Kering. Pemilik jenis kulit kering sebaiknya memilih treatment facial yang menggunakan masker wajah yang dapat melembabkan kulit. Menurut dr. Tina, kulit kering juga membutuhkan nutrisi kulit dengan Kandungan vitamin C yang berperan untuk meregenerasi kulit dan mencerahkan kulit. Jenis kulit kering juga membutuhkan treatment facial yang mengandung vitamin E, yang berfungsi sebagai pelumas kulit. Kulit kering juga membutuhkan antioksidan yang mampu memulihkan kondisi kulit setelah terpapar polusi atau cuaca yang ekstrem.

Ketika melakukan treatment facial, sebaiknya dengan teknik pijatan secara hati-hati dan lembut terutama di sekitar mata. Tahapan treatment, diawali dengan membersihkan wajah. Sesudah itu, menurut dr. Deviana, dilanjutkan dengan menggunakan scrub butiran yang halus, lalu wajah di-massage mulai dari kepala, leher hingga punggung untuk rnelancarkan peredaran darah. Kemudian kulit wajah di-steam (diuapkan) untuk membuka pori-pori kulit. Setelah terbuka, barulah dilakukan ekstraksi yang bertungsi mengangkat komedo, lalu kulit wajah dioleskan masker yang sesuai dengan jenis kulit kering. Biasanya masker yang digunakan adalah masker dengan kandungan kolagen dan nutrisi yang berfungsi mencegah masalah kulit kering dan mencegah berbagai masalah yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit wajah.

Kulit Berminyak. Menurut dr. Tina, ada beberapa aturan ketika pemilik jenis kulit berminyak akan melakukan treatment facial. Pertama, ketika masih berusia remaja atau dewasa muda tidak dianjurkan melakukan pijatan atau massage saat facial karena pijatan dapat merangsang tumbuhnya jerawat dan komedo. Kedua, sebaiknya menggunakan masker yang mengandung nutrisi antijerawat karena kulit berminyak cenderung berjerawat. Ketiga, sebaiknya memilih facial yang menggunakan zat asam glikolat atau asam salisilat, karena bila kedua zat tersebut masuk ke dalam pori-pori dapat membersihkan penyumbatan Seperti komedo.

Sedangkan tahapan treatment facial untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat sama dengan tahapan pada kulit kering, dengan proses selama satu jam. Namun menurut dr. Deviana, untuk kulit berminyak dan berjerawat sebaiknya menggunakan masker atau krim yang mengandung AHA (alpha hydroxy acid), asam salisilat dan sulfur (belerang). Sesudah itu, dioleskan serum vitamin C dan krim tabir surya. Selanjutnya digunakan alat high frequency (HF) untuk mematikan kuman. Sesudah itu dioleskan antiseptik dan masker knusus untuk kulit berminyak yang berfungsi untuk menyerap minyak berlebih pada kulit wajah.

Kulit Normal dan Kombinasi. Treatment facial boleh dengan massage atau pemijatan lembut pada wajah secara merata. Selain itu, sebaiknya memilih bahan facial yang terdiri atas krim massage serta masker kolagen yang berfungsi untuk melembabkan kulit wajah dan mengembalikan kondisi kulit agar stabil, serta menggunakan serum wajah yang mengandung nutrisi seperti vitamin C dan E yang baik untuk kulit.

Sebelum Treatment. Sebelum menjalani treatment facial, sebaiknya Anda mengetahui empat hal wajib yang perju diperhatikan, yaitu:
  1. Sebelum treatment, Anda yang mengalami masalah kulit iritasi dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Setelah pengobatan selesai, barulah Anda boleh melakukan facial yang disesuaikan dengan jenis kulit wajah.
  2. Mereka yang bermasalah dengan jerawat bernanah, kemerahan ataupun memar sebaiknya menghindari treatment facial. Karena hal tersebut berefek kurang bagus untuk kulit wajah.
  3. Treatment facial tidak akan membuat kulit wajah berlubang, bila dilakukan sesuai dengan jenis kulit dan kondisi kulit.
  4. Biasanya setelah melakukan treatment kulit akan terlihat memerah, tetapi efek kemerahan ini hanya sementara karena dalam beberapa saat akan kembali normal. Palupi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment