Tuesday, October 8, 2013

Terapi Madu Pahit Ampuh Usir Vlek Hitam

Mengatasi masalah vlek hitam yang sangat mengganggu penampilan tidak harus selalu dengan treatment modern ber-budget tinggi, Cara tradisional menggunakan madu hitam pahit dapat membantu memudarkan vlek hitam. Kandungan alkaloidnya yang tinggi mampu mencegah pembentukan melanin kulit yang menjadi penyebab vlek hitam. Seperti apa?


Warnanya yang hitam kental dengan rasa pahit di lidah, tak membuat madu hitam pahit ini kalah khasiatnya dengan madu manis pada umumnya. Madu hitam pahit merupakan hasil dari makanan lebah yang kebanyakan biji karet, sari pohon mahoni dan sari pohon kayu tua yang rasanya pahit. Diungkapkan oleh dr. Erna Cipta Fahmi, dokter sekaligus herbalis, selama ini bahan herbal yang terasa pahit di lidah memang identik dengan warna hitam.

Dari segi manfaat, madu hitam pahit tidak kalah dengan madu manis. Dalam bidang kecantikan madu hitam pahit berkhasiat untuk melembabkan kulit, serta memudarkan masalah vlek hitam yang hinggap di kulit wajah. Bahkan menurut para pakar kesehatan tradisional Indonesia, madu hitam pahit ini lebih aman digunakan untuk memudarkan warna vlek hitam dibandingkan dengan treatment modern. Alasannya, madu hitam merupakan bahan alami tanpa campuran bahan kimia.

Alkaloid dan Antioksidan. Madu hitam pahit, dulu lebih dikenal sebagai madu hutan karena biasanya diperoleh dari hutan pedalaman, Awalnya madu hitam pahit ini dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti penyakit lambung, saluran pencernaan, penyakit kulit, ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), batuk dan batuk berdahak, radang tenggorokan, panas dalam, demam, demam berdarah, tifus, kencing batu dan batu ginjal, sakit pinggang, sakit tulang, rematik, encok, luka bakar, penyakit mata, telinga dan saraf. Madu hitam pahit juga dapat menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah yang bagus untuk penderita diabetes, penyakit jantung, penyakit paru-paru, membangkitkan stamina yang loyo, menambah nafsu makan, serta menetralisir zat kimia dalam tubuh.

Namun seiring berjalannya waktu, madu hitam pahit juga dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Manfaat madu hitam pahit untuk kecantikan antara lain dapat menyegarkan kulit, menghaluskan kulit, mencegah keriput dan awet muda, mencerahkan kulit, membersihkan dan melembutkan kulit, serta mengatasi vlek hitam.

Berdasarkan hasil penelitian yang dirangkum dalam Journal of Lipid Research, disebutkan bahwa dalam 1 gr madu hitam pahit mengandung bakteri, asam amino. kalsium, natrium, magnesium, besi, tembaga, fosfor, antibiotik, vitamin dan mineral.

Madu hitam pahit juga mengandung aikaloid yang tinggi sehingga bisa mencegah pembentukan melanin kulit. Melanin ini berperan besar daiam menentukan warna kulit, termasuk timbulnya vlek hitam. Jika pembentukan melanin dihambat maka vlek hitam pada wajah akan memudar. Madu hitam pahit juga mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menahan masuknya radikal bebas yang berasal dari sinar matahari, polusi, bahan kimia, serta gaya hidup yang salah. Seperti diketahui radikal bebas menjadi salah satu penyebab timbulnya vlek hitam, sehingga dengan kandungan antioksidan dalam madu hitam pahit dapat menangkal radikal bebas dan memudarkan masalah vlek hitam pada kulit wajah.

Tidak Terlalu Sering. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, maka sebaiknya pilih madu hitam terbaik yang dihasilkan oleh lebah dari hutan pedalaman. Selain itu, pilih juga madu hitam pahit yang mengandung glukosa yang sangat kecil, tidak mudah pecah ketika dituangkan ke dalam air hangat, serta berwarna hitam pekat sebelum diaduk. Dr. Erna menambahkan sebaiknya memilih madu hitam pahit yang mentah yang belum melalui proses pengolahan.

Madu hitam pahit bisa digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk mereka yang kulitnya sedang mengalami masalah luka pada wajah atau jerawat. Pasalnya, kandungan antibiotik di dalam madu hitam pahit merupakan antibiotik alami yang aman dan tanpa efek samping yang berbahaya bagi kulit. Malah dengan mengoleskan madu hitam pahit luka pada wajah dan jerawat akan menjadi cepat mengering dan menghilang.

Tetapi karena madu hitam pahit bersifat panas, maka jenis kulit kering tidak dianjurkan untuk terlalu sering menggunakan madu hitam pahit karena akan membuat kulit wajah semakin kering. Untuk jenis kulit kering cukup melakukan terapi dengan madu hitam pahit ini 1-2 kaii seminggu. Menghindari efek kering, maka setelah menjalani terapi sebaiknya mengoleskan minyak zaitun pada wajah yang berfungsi untuk rnengembalikan kelembaban normal kulit wajah.

Begitu pula dengan jenis kulit sensitif tidak dianjurkan melakukan terapi madu hitam pahit karena dikhawatirkan akan memicu timbulnya bercak-bercak merahn. Meski menurut Yusuf Wijaya, herbalis, bercak merah tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa jam terapi.

Penggunaan Terapi.
Umumnya mereka yang menjalankan terapi madu hitam pahit ini hanya mengoleskan madu hitam panit pada kulit wajah yang terkena vlek hitam. Tetapi belakangan juga diketahui khasiat madu hitam pahit ini diperoleh dengan cara meminumnya secara langsung. Berikut penjelasan mengenai dua bentuk terapi madu hitam pahit tersebut:

Masker Madu Hitam Pahit
Madu hitam pahit biasanya dijadikan masker wajah. Cara penggunaannya beberapa tetes madu hitam pahit ke dalam wadah berukuran kecil, lalu madu hitam pahit dioleskan tipis-tipis pada wajah yang ada vlek hitamnya. Sebelum dioleskan madu hitam pahit, wajah sudah dibersihkan terlebih dulu agar khasiat madu hitam pahit lebih meresap. Masker madu hitam pahit dibiarkan menempel pada wajah selama 15-20 menit, lalu dibersihkan dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan kotoran yang menempel terangkat. Selanjutnya, dibilas kembali dengan air dingin agar pori-pori tertutup dan wajah menjadi lebih halus.

Pemilik jenis kulit kering tidak dianjurkan melakukan terapi madu pahit terlalu sering, cukup 1-2 kali seminggu. Menyiasati agar kulit tidak terlalu kering, maka terapi madu hitam pahit bisa dikombinasikan dengan buah pisang yang bermanfaat untuk melembabkan kulit kering. Caranya, 1/2 sdm madu-hitam panit dan 1/2 potong buah pisang yang telah matang dicampurkan hingga rata dengan cara diblender. Lalu campuran masker tersebut dioleskan pada wajah yang ada vlek hitamnya dan didiamkan selama 15-20 menit, lalu dibersihkan dengan air hangat dan dibilas kembali dengan air dingin.

Ketika madu hitam dioleskan pada vlek hitam pada wajah, Anda akan merasakan rasa sedikit perih karena madu mengandung antibiotik. Biasanya pada awal-awal menjadi terapi madu hitam pahit ini akan timbul efek kemerahan, tetapi efek kemerahan tersebut akan hilang dalam waktu 20 menit. Sebaiknya terapi madu hitam pahit ini digunakan malam hari sebelum tidur agar khasiat dari madu lebih menyerap.

Mengenai hasilnya tidak sama untuk setiap orang. Tetapi jika terapi madu hitam pahit ini dilakukan secara rutin 1-2 kali seminggu maka dalam waktu 2-3 bulan vlek hitam akan memudar. Jika hasil yang diinginkan sudah tercapai, maka sebaiknya tetap melakukan maintenance dengan melakukan terapi madu hitam pahit setiap seminggu hingga dua minggu sekali.

Diminum Langsung
Selain dijadikan masker, terapi madu hitam pahit juga bisa dilakukan dengan Cara diminum. Sebanyak 1 sdm madu pahit dituang ke dalam gelas, lalu campurkan dengan perasan air jeruk lemon yang sudah disaring. Aduk rata campuran tersebut, lalu diminum. Terapi ini bisa dilakukan 1-2 kali seminggu. Sebaiknya terapi dilakukan sebelum tidur agar kandungan nutrisi dan vitamin C yang terdapat dalam madu pahit dan jeruk lemon bisa lebih menyerap ke dalam tubuh, karena pada malam hari sel-sel tubuh melakukan regenerasi.

Hasilnya akan berbeda-beda pada setiap orang. Namun jika terapi madu hitam pahit dengan cara diminum ini dilakukan secara rutin 1-2 kali seminggu maka dalam waktu 2-3 bulan vlek hitam akan memudar. Jika hasilnya sudah didapat, maka sebaiknya tetap melakukan maintenance 1-2 kali dalam dua minggu agar vlek hitam tidak lagi timbul.


Sejak Muda. Karena terapi madu hitam pahit ini berfungsi untuk memudarkan vlek hitam pada kulit wajah, sebaiknya dilakukan sejak usia dini untuk mencegah timbulnya vlek hitam Selain itu, mereka yang banyak bekerja di lapangan atau terkena sinar matahari secara langsung juga dianjurkan untuk rutin menjalani terapi madu hitam pahit. Pasalnya, sering terkena paparan sinar matahari langsung jaringan kulit akan rusak, dan lebih mudah dihinggapi vlek hitam. Karena itu terapi madu hitam pahit dianjurkan sedini mungkin dilakukan. Diah, Indri, Palupi, Suciati (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment