Wednesday, October 9, 2013

Rambut Berkilau Berkat Vitamin Alpukat dan Kemiri

Banyak wanita yang menggunakan produk perawatan rambut seperti vitamin rambut hanya berdasarkan rekomendasi dari teman. Padahal produk tersebut belum tentu cocok untuk kondisi rambut Anda. Karena itu sebelum memilih produk vitamin rambut sebaiknya mengenali kondisi rambut Anda. Dianjurkan juga menggunakan vitamin rambut yang mengandung bahan alami seperti alpukat dan kemiri. Seperti apa?


Saat ini begitu banyak produk vitamin rambut dengan kandungan sari tumbuhan alami. Vitamin rambut tersebut menawarkan berbagai kelebihan seperti memperbaiki struktur rambut yang kering dan rusak agar kembali bercahaya dan lembab, memudahkan penataan rambut, serta menjaga rambut dari panasnya hair dryer dan sinar matahari. Produk vitamin rambut juga menawarkan kemudahan penggunaan, yaitu cukup dioleskan pada rambut secara merata tanpa perlu dibilas air. Tentu, hal tersebut membuat kaum hawa menjadi tertarik.

Karena banyak produk vitamin rambut yang berjejalan di pasar, membuat banyak wanita memilih produk tanpa mengetahui terlebih dulu kondisi rambutnya. Padahal, sebelum memilih vitamin rambut seharusnya mereka mengetahui kondisi rambutnya agar tidak salah dalam memilih produk. Kesalahan dalam memilih vitamin rambut ditakutkan malah membuat rambut menjadi semakin rusak.

Empat Kondisi Rambut. Sebelum memilih vitamin rambut, sebaiknya Anda mengetahui kondisi rambut, yaitu:
  1. Rambut Normal. Rambut dikatakan normal jika berkilau dan mudah ditata. Bahkan ketika melakukan blow dry atau mengeringkan rambut, rambut tetap mudah diatur hingga waktu yang cukup lama.
  2. Rambut dan Kulit Kepala Berminyak. Mengetahui apakah rambut dan kulit kepala berminyak bisa dllihat dari setelah keramas blasanya tidak muncul masalah minyak pada rambut dan kulit kepala, namun beberapa hari setelah keramas masalah tersebut muncul. Biasanya kulit kepala yang berminyak dihinggapi masalah rambut yang menggumpal pada bagian ujung akar, sementara bagian ujungnya tampak kusam dan sulit ditata. Jika tidak merawat rambut maka akan timbul masalah ketombe.
  3. Rambut dan Kulit Kepala Kering. Tipe rambut dan kulit kepala kering, meskipun telah keramas tetapi rambut tetap terlihat kering, kusam dan bagian ujung rambut pecah-pecah, serta timbul serpihan putih menyerupai ketombe pada bagian ujung rambut. Karena itu, kulit kepala kering mudah dihinggapi masalah gatal pada kulit kepala. 
  4. Rambut dan Kulit Kepala Kombinasi. Tipe rambut dan kulit Kepala kombinasi merupakan gabungan dari kulit kepala berminyak dan kering. Biasanya batang rambut berminyak, sedangkan ujung rambut cenderung kering. Pada tipe ini, Setelah keramas rambut terlihat indah tetapi pada bagian ujung rambut terlihat kering dan sulit ditata.

Bahan Alami. Setelah mengetahui Kondisi rambut, Anda bisa memutuskan jenis vitamin rambut yang dibutuhkan. Sebaiknya memilih vitamin rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti alpukat dan kemiri. Menurut Rudi Hartono, hair stylist ternama, vitamin yang terkandung di dalam alpukat dan kemiri sangat baik untuk menyehatkan rambut, menghitamkan rambut serta membuat rambut terlihat lebih bercahaya.

Berikut penjelasan mengenai manfaat alpukat dan kemiri:
  • Alpukat. Alpukat mengandung vitamin A, B1, B2, D dan E, serta lemak esensial omega-3, 6 dan 9, yang bermanfaat untuk kesehatan rambut dan membuat rambut lebih bercahaya. Cara penggunaannya, daging buah alpukat yang telah dihaluskan dioleskan pada kulit kepala secara merata sambil kulit kepala di-massage lembut, ringan dan perlahan-lahan. Lalu didiamkan selama 10-15 menit dan dikeramas hingga bersih menggunakan sampo.
  • Kemiri. Sejak dulu kemiri dipercaya dapat menghitamkan rambut dan membuat rambut bercahaya, sekaligus menyuburkan dan mengatasi rambut rontok. Pasalnya, kemiri mengandung protein serta vitamin A, B dan C. Cara penggunaannya satu genggam biji kemiri dibersihkan dengan air mengalir lalu disangrai, kemudian ditumbuk halus sampai mengeluarkan minyak. Lalu minyak tersebut diusapkan ke bagian rambut dan kulit kepala dan didiamkan selama 10-15 menit, lalu dibilas dengan air bersih.

Kemasan Modern. Jika Anda tak punya waktu untuk meracik bahan alami seperti alpukat dan kemiri sebagai vitamin rambut tak perlu khawatir. Karena saat ini terdapat produk vitamin rambut kemasan yang terbuat dari sari buah alpukat dan kemiri yang memang sudah dikenal bermanfaat besar untuk rambut. Sebelum menggunakan vitamin rambut, selain mengetahui jenis rambut dan kulit kepala, Anda juga sebaiknya membersihkan rambut terlebih dulu dengan keramas agar kandungan vitamin lebih meresep ke kulit rambut.


Sesudah keramas, rambut dikeringkan menggunakan handuk. Ketika rambut sudah setengah kering, vitamin rambut bisa dioleskan pada rambut secara merata pada bagian ujung hingga akar, agar kondisi rambut menjadi lebih baik, maka perawatan menggunakan vitamin rambut ini sebaiknya rutln dlgunakan setelah keramas due hari sekali. Biasanya, jlka kondisi rambut tidak mangalami kerusakan parah dalam waktu 2-3 bulan rambut akan terlihat sehat, hitam dan bercahaya. Palupi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment