Thursday, October 17, 2013

Masker Bahan Alami Jadikan Kulit Cerah dan Sehat

Masker juga dapat mencerahkan kulit, baik dari bahan alami seperti susu, lemon dan lumpur karena dapat membantu untuk pengelupasan kulit. Masker digunakan karena ada orang-orang tertentu seperti jenis kulitnya berminyak dan orang yang sudah tua sehingga proses pengelupasan menjadi lambat. Dengan pengelupasan yang lambat maka stratum korneum atau bagian atas kulit terlihat lebih kusam dan sel-sel kulit mati terlihat menumpuk.


Dr. Tjut Nurul mengatakan masker bertungsi untuk mengikis stratum korneum sehingga proses pengelupasannya terjadi secara alami. Namun pengelupasan yang dilakukan harus berhati-hati dan sebaiknya tidak terlalu ”hebat” seperti peeling yang setelahnya wajah menjadi kemerahan. Pasalnya, jika pengelupasan yang hebat hingga menimbulkan kemerahan, maka nanti pada saat penyembuhan justru membuat kulit menjadi hitam karena paparan sinar matahari di indonesia sangat tinggi.

Dijelaskan oleh Dr. Riana Santi Hoesodo, MD (H), M.Sc, herbalis, untuk mencerahkan kulit biasanya digunakan buah strawberry yang dijadikan masker. Buah strawberry sendiri mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga jika digunakan dapat membuat kulit terlihat lebih cerah, bersih dan tanpa keriput. Bahan-bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit dengan cara dijadikan masker adalah lemon dan jeruk yang kaya kandungan vitamin C dan antioksidan. Sementara buah lemon biasanya digunakan oleh mereka yang jenis kulitnya berjerawat dan berkomedo.

Begitu juga dengan buah pepaya yang mengandung enzim papain dan vitamin C yang bersifat pengelupasan kulit sehingga kulit lebih cerah. Seperti diketahui, untuk mencerahkan kulit maka dilakukan pengelupasan dengan menghilangkan lapisan atas kulit, lalu merangsang kulit di bawahnya agar tumbuh lebih bagus dan cerah. Dan dengan ditambahkan kandungan bahan yang mengandung antioksidan, baik dari dalam maupun dari luar maka kulit akan menjadi cerah. Alpukat juga bisa dijadikan bahan alami untuk masker mencerahkan kulit. Pasalnya, alpukat kaya lemak sehingga dapat menutrisi kulit dan menjadi kulit lebih lembab. Selain itu, alpukat juga kaya vitamin A, C dan E, serta mineral seperti zat besi, potasium, niasin, asam pantotenik dan protein yang bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit secara sehat.

Untuk mencerahkan kulit wajah secara sehat maka penggunaan masker berbahan alami tersebut bisa digunakan. Sebagai contoh untuk masker buah strawberry. Cara menggunakannya buah strawberry dicuci bersih, lalu dihaluskan. Jika jenis kulit Anda kering, masker buah-buahan tersebut bisa dicampurkan dengan yoghurt krim susu, madu ataupun minyak zaitun yang bersifat untuk melembabkan kulit yang kering. Sebagai contoh krim susu yang mengandung protein yang akan membentuk lapisan kulit baru dan melembabkan kulit, serta madu yang mengandung vitamin, antioksidan dan potasium, sehingga dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Selanjutnya buah strawberry dioleskan pada wajah yang sudah dibersihkan agar kandungan dari strawberry lebih meresap Sesudah itu masker didiamkan selama 15-20 menit, lalu masker dibersihkan menggunakan air hangat. Contoh lainnya adalah masker kulit jeruk. Cara membuatnya adalah kulit jeruk dikeringkan, lalu dihaluskan. Setelah halus dijadikan masker atau scrub yang bersifat mengelupaskan sehingga akan meregenerasi kulit dan kulit baru yang tumbuh di bawahnya menjadi lebih bagus. Masker berbahan alami menggunakan buah-buahan ini sebaiknya digunakan secara rutin seminggu seminggu sekali. Tidak dianjurkan terlalu sering karena akan membuat kulit tipis dan mudah timbul berjerawat. Jika dilakukan secara rutin maka dalam waktu 1-2 bulan hasilnya akan terlihat.

Meski berbahan alami, efek samping bisa saja timbul. Misalnya kulit kemerahan atau perih. Oleh karena itu, sebelum menggunakan masker untuk mencegah alergi pada kulit sebaiknya melakukan tes terlebih dulu dengan mengoleskan masker secara tipis di belakang kuping atau kulit tangan. Jika tidak timbul reaksi alergi maka masker bisa digunakan.


Selain menggunakan masker berbahan buah-buahan untuk pemakaian luar, untuk hasil yang lebih maksimai sebaiknya juga mengonsumsi buah-buahan yang bersifat mencerahkan seperti strawberry jeruk, pepaya, tomat, alpukat, wortel, kiwi dan lain-lain. Buah-buahan tersebut mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kondisi kulit yang terlihat kusam dan hitam. Buah-buahan itu juga mengandung vitamin C dan zinc yang dapat memicu pertumbuhan kolagen yang dapat mencegah keriput dan mencerahkan kulit. (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment