Sunday, October 6, 2013

Masker Kulit Manggis Bisa Hilangkan Jerawat

Tak hanya saja yang kaya antioksidan, kulit manggis pun berguna bagi kecantikan. Salah satunya adalah mengatasi kulit yang sedang meradang seperti jerawat. Jika rutin memakai masker kulit manggis seminggu sekali, maka kulit Anda pun akan kembali mulus tanpa jerawat. Seperti apa?


Jerawat yang menghiasi wajah membuat penampilan menjadi tidak menarik. Rasa tidak percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain, terutama lawan jenis. Tak heran kebanyakan wanita menganggap jerawat adalah musuh utama yang harus segera dibasmi agar penampilan tetap cantik. Untuk itu, mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan berbagai treatment yang dapat menghilangkan jerawat.

Selain berbagai treatment modern, mengapa Anda tidak mencoba masker kulit manggis untuk menghilangkan jerawat dan antiperadangan? Seperti diketahui manggis beserta kuiitnya mengandung vitamin C, serat, dan kalium. Sementara kulitnya mengandung antioksidan, antikanker, antiinflamasi, antibakteri, antijamur dan antivirus sehingga mampu meredakan radang pada kulit seperti jerawat.

Menurut dr. Ipak Ridwan, herbalis, buah manggis dan kulitnya mengandung antioksidan tinggi dan zat xanthones. Zat xanthones ini lebih banyak terdapat pada kulit buah manggis. Kandungan xanthones yang cukup tinggi pada manggis dapat berperan sebagai antiperadangan. Manggis dan kulit manggis juga kaya akan kandungan vitamin C, tannin dan antosianin sehingga dapat mengatasi peradangan, Serta memperbaiki kerusakan kulit seperti jerawat dan noda bekas jerawat. Sementara kandungan antosianin yang merupakan kelompok pigmen tanaman dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat secara perlahan.

Masker Kulit Manggis. Menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dengan kulit manggis sangat mudah. Satu buah kulit manggis dicuci hingga bersih dan dikeringkan. Setelah kering, kulit manggis diparut atau ditumbuk hingga halus, lalu campurkan dengan 4 sdm minyak zaitun atau air putih, dan diaduk hingga merata. Minyak zaitun ini bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah iritasi pada kulit.

Setelah wajah dibersihkan, masker kulit manggis yang sudah diolah ditempelkan pada wajah secara merata dan didiamkan selama 30-60 menit hingga masker mengering. Sesudah itu, wajah dibersihkan dengan air biasa, lalu wajah dikompres dengan air es sehingga pori-porinya menutup. Jika rutin dipakai seminggu sekali, maka perlahan-lahan jerawat dan noda bekas jerawat akan hilang.

Meskipun berbahan alami, bukan berarti tidak ada efek samping dari penggunaan masker kulit manggis. Karena di dalam kulit manggis terdapat kandungan vitamin C, maka pemakaian sebaiknya tidak terlalu sering karena akan menyebabkan iritasi pada kuiit wajah. Terlebih bagi seseorang yang memiliki kulit hipersensitif sehingga jika timbul reaksi gatal-gatal dan kemerahan sebaiknya hentikan pemakaian dan segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara khusus.

 Jerawat. Berkaitan dengan khasiat masker kulit manggis tersebut, dr. Fitria Amalia Umar, SpKK, M.Kes, dokter spesialis kulit dan kelamin, mengungkapkan kulit manggis memang mengandung antioksidan tinggi, antibakteri, antiseptic, antiinflamasi (peradangan), dan bisa menghilangkan jerawat, tetapi bukan media utama untuk menghilangkan jerawat.

Menghilangkan jerawat biasanya dilakukan dengan menghindari faktor penyebabnya dan rutin membersihkan wajah, terlebih bagi yang rnemiliki jenis kulit berminyak dan sensitif. Biasanya oleh dokter diberikan obat antibiotik yang dioles (topikal) ataupun diminum, atau firatolitik dengan cara dikupas agar sel-sel kulit mati dapat diangkat dan keluar agar cepat matang dan kering. Sementara obat minum berfungsi untuk mengurangi kadar sebum (minyak).

Jerawat timbul akibat tidak bersihnya wajah yang mengakibatkan masuknya bakteri dan kuman. Keringat yang berlebih membuat kuman mengendap maka timbul komedo dan jerawat. Makanan yang tinggi karbohidrat seperti makanan manis yang bisa meningkatkan hormon, paparan sinar matahari yang berlebih, hormon yang berlebih, dan faktor genetik dapat memengaruhi namun bisa diatasi dengan cara menjaga kebersihan wajah.


Jerawat juga bisa timbul akibat perawatan sehari-hari yang salah seperti penggunaan scrub pada wajah yang terlalu keras dan pemakaian kosmetik yang berlebinan. Selain itu, polusi udara dan cuaca bisa menyebabkan jerawat. Agar wajah terhindar dari jerawat, sebaiknya rutin membersihkan wajan tiga kali sehari, menghindari paparan matahari secara langsung, polusi udara, cuaca, makanan yang tinggi akan karbohidrat, pemakaian kosmetik yang berlebih, pemakaian scrub yang terlalu kasar, memencet jerawat hingga timbul infeksi dan scar dalam, merokok, stres, dan kurang tidur. Untuk mencegah jerawat sebaiknya memperbanyak minum air putih, banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan, serta memakai sunblock jika berada di luar ruangan. Nailul lffah (info Kecantikan)

4 komentar: