Wednesday, October 30, 2013

Cara Ampuh Mengecilkan Pinggang



Memiliki pinggang yang ramping dan berlekuk membuat seorang wanita terlihat seksi. Sebaliknya jika terdapat lemak menggelambir pada pinggang tentu akan menurunkan daya tarik. Namun tak perlu khawatir, saat ini terdapat berbagai alat dan treatment yang dapat menghilangkan lemak di pinggang sekaligus mengecilkan pinggang. Apa saja? 

Pinggang yang ramping, seksi, berlekuk indah dan tidak ada lemak menggelambir didamba oleh semua wanita. Pinggang seperti itu pun membuat sang pemiliknya lebih percaya diri ketika mengenakan busana yang pas di badan. Namun sayangnya, banyak hal yang menyebabkan lemak berlebihan dan menggelambir di daerah pinggang. Menurut dr. Shannaz Nadya Yusharyahya, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, penyebab kelebihan lemak di pinggang karena pola makan yang berlebihan sehingga lemak menumpuk di daerah itu. 

Masalah kelebihan lemak bisa dialami oleh pria ataupun wanita, namun biasanya wanita yang lebih memperhatikan penampilan. Karena itu banyak wanita yang rela menghabiskan waktu dan biaya untuk membuat pinggangnya terlihat ramping, seksi dan ideal sehingga lebih percaya diri ketika mengenakan busana yang fit to body. 

Namun tak perlu khawatir karena saat ini banyak alat-alat ataupun treatment-treatment
yang dapat mengecilkan pinggang. Menurut dr. Adi Satriyo, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, sebelum menjalani treatment mengecilkan sekaligus menghilangkan lemak di pinggang sebaiknya Anda menjalani prosedur agar hasil yang diinginkan sesuai. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pemeriksaan dokter atau anamnesa untuk mengetahui penyebab dari menumpuknya lemak di pinggang. Selanjutnya adalah menentukan treatment yang dapat digunakan berdasarkan banyaknya timbunan lemak yang terdapat di area pinggang tersebut. 

Mengecilkan Pinggang. Mengecilkan pinggang bisa dengan mengurangi volume lemak yang terdapat di area pinggang. Namun, cara tersebut sulit dilakukan karena terdapat lemak yang menempel pada otot-otot visceral atau otot-otot polos yang terdapat di area pinggang. Karena lemak sudah sangat lengket dengan jaringan otot maka sulit dilakukan sedot lemak. Biasanya hal seperti ini terjadi pada mereka yang mengalami masalah obesitas atau kegemukan akibat terlalu banyak makan. 

Karena itu, cara yang efektif dan aman untuk menghilangkan lemak di area pinggang berbeda dengan cara menghilangkan lemak di area tangan, payudara dan punggung, yang bisa dengan radio frekuensi. Menghilangkan lemak secara efektif di area pinggang adalah dengan treatment liposonic, liposuction dengan microaire dan mesoterapi, serta menggunakan alat seperti Coax Med Ice, Magic Station dan Mabel-6.

1.Mesoterapi
Mesoterapi adalah treatment pelangsingan bagian-bagian tubuh tertentu, termasuk bagian pinggang. Cara kerjanya: cairan obat, vitamin dan bahan homeophatic dimasukkan ke dalam jaringan kulit meso (lapisan tengah kulit) melalui suntikan. Treatment mesoterapi tidak memerlukan persiapan khusus, kecuali prosedur umum sebelum perawatan, yaitu pemeriksaan yang dilakukan dokter untuk memastikan tidak ada kontraindikasi dari treatment ini. 

Obat disuntikkan ke beberapa area pinggang secara manual atau menggunakan alat mesogun. Obat ini akan merusak lemak dan jaringan di sekitarnya sehingga terjadi pengerasan jaringan kulit atau fibrosis. 

Treatment mesoterapi dapat menghilangkan lemak di area pinggang sebanyak 500 mg atau 5 cc jika disuntikkan ekstrak kacang kedelai. Setelah menjalani treatment mesoterapi Anda bisa langsung beraktivitas. Jika disuntikkan bahan-bahan dengan dosis kecil, suntik mesoterapi sebaiknya dilakukan secara rutin seminggu sekali. Karena itu, agar mendapatkan hasil yang memuaskan, sebaiknya dengan dosis yang besar, yang dilakukan 8-10 minggu sekali. Biaya suntik mesoterapi berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Setelah sering melakukan treatment mesoterapi maka akan terbentuk pengerasan jaringan kulit atau fibrosis. Karena itu bila dilanjutkan dengan treatment yang lebih tinggi tingkatannya seperti liposuction akan sulit dilakukan. Setelah disuntik mesoterapi bisa timbul memar, rasa pegal, dan biduran pada kulit. Sementara jika suntik mesoterapi yang dilakukan terlalu dangkal, setelah disuntikkan bisa timbul nekrosis atau kerusakan jaringan kulit pada bagian yang disuntik. 

2. Liposuction dengan Microaire
Liposuction dengan microaire adalah treatment pelangsingan tubuh yang dilakukan dengan cara menarik sel lemak keluar dengan bantuan canulla. Pengerjaan harus dilakukan di bawah pengawasan seorang dokter ahli, karena penggunaan pada setiap orang berbeda-beda. Hasil dari liposuction bertahan lama, sekitar 1-5 tahun, tergantung pola makan dan olahraga yang dilakukan. 

Alat liposuction dengan microaire ini menggunakan teknologi FDA Amerika sejak lebih dari 12 tahun, sehingga fungsinya sudah teruji secara klinis. Dalam satu kali treatment hasilnya sudah terlihat yaitu lemak di daerah pinggang berkurang. Lemak yang diambil dari treatment ini bisa diolah untuk diambil stemcell-nya. Efek samping yang mungkin timbul adalah memar. 

3. Liposonic
Liposuction merupakan treatment pelangsingan terbaru yang sudah dikenal di Amerika dan Singapura. Dalam treatment ini tidak dilakukan invasi atau pembedahan terhadap kulit sehingga kulit tetap utuh. Treatment liposonic menggunakan alat gelombang ultrasound. Sekali treatment hasilnya terlihat yaitu lemak yang menumpuk di daerah pinggang berkurang satu inci. Meski bisa mengecilkan pinggang, namun treatment liposonic ini sebaiknya tidak dilakukan oleh mereka yang obesitas atau terlalu gemuk dengan berat badan mencapai lebih dari 100 kg. Jika mereka yang obesitas ingin menjalani treatment ini maka sebaiknya menjalani terlebih dulu diet dengan pola makan gizi seimbang yang disarankan dokter.

Setelah menjalani treatment liposonic maka pinggang tidak akan menggelambir karena Cara kerja alat ini mengikuti bentuk pinggang seseorang. Sekali treatment memang hasilnya sudah terlihat, tetapi hasil yang bagus akan terlihat setelah 8-12 minggu. Bila lemak tidak terlalu banyak maka dalam empat minggu hasilnya sudah terlihat bagus. Sebaiknya treatment ini rutin dilakukan seminggu sekali selama tiga bulan. Jika sudah mendapatkan hasil, maka untuk maintenance, treatment dilakukan setiap enam bulan sekali. 

Biaya treatment ini cukup mahal yaitu berkisar ratusan ribu dolar. Treatment ini tergolong aman dan nyaman dilakukan siapa saja, tanpa ada efek samping yang membahayakan. Kalaupun ada efek samping berupa timbul rasa nyeri. Namun, rasa nyeri ini hilang setelah diberikan obat analgesik seperti Ponstan. Treatment yang berlangsung selama satu jam ini sebaiknya diimbangi dengan pola makan dengan gizi seimbang dan berolahraga. 

4. Alat Coax Med Ice, Magic Station dan Mabel-6
Belakangan semakin banyak alat-alat kecantikan yang digunakan untuk menghilangkan lemak pada pinggang. Menurut dr. Genova Novita, Dipl. CIBTAC, dokter kecantikan dan produsen alat-alat kecantikan, untuk menghilangkan lemak di pinggang adalah dengan Coax Med Ice, Magic Station dan Mabel-6, yang masing-masing dari alat tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Coax Med Ice untuk melakukan treatment radio frekuensi, cavitasi dan crayo lipolisis. Sementara Magic Station berfungsi sebagai cavitasi dan radio frekuensi. Sementara Mabel-6 berfungsi sebagai radio frekuensi.

Tidak ada batasan usia ketika melakukan treatment mengecilkan pinggang menggunakan alat Coax Med Ice, Magic Station dan Mabel-6. Biasanya setelah menjalani treatment sebanyak 4-6 kali, pinggang akan terlihat lebih kecil. Banyak atau sedikitnya treatment yang harus dijalani, tergantung dari jenis lemak yang menempel pada bagian pinggang. Biasanya treatment menggunakan alat Coax Med Ice dilakukan dua kali seminggu dengan lama treatment sekitar 15-30 menit. Kemudian treatment menggunakan alat Magic Station dilakukan seminggu sekali dengan lama treatment 15-30 menit, serta treatment menggunakan alat Mabel-6 dilakukan seminggu sekali dengan lama treatment 15-30 menit. 

Treatment yang menggunakan alat-alat tersebut termasuk aman, dan gampang digunakan oleh dokter kecantikan dan terapis. Namun, selain melakukan treatment menggunakan alat-alat tersebut sebaiknya menjaga pola makan gizi seimbang serta melakukan olahraga yang teratur seperti treadmill, renang dan jogging. Anita Permatasari (Info Kecantikan)

1 komentar:

  1. jika olah raga, untuk membakar lemak di pinggang itu gmn olah raganya..?

    Thanks..
    Health99

    ReplyDelete