Thursday, July 18, 2013

Hilangkan Bekas Jerawat Dengan Masker Jeruk Nipis

Anda pernah berjerawat? Masihkah bekas jerawat terlihat di wajah? Lalu, bagaimana cara agar mendapatkan wajah yang mulus Tanpa bekas jerawat. Nah, treatment menggunakan masker jeruk nipis bisa menjadi solusi. Seperti apa?


Umumnya jerawat muncul pada masa remaja dan berlanjut hingga dewasa. Biasanya jerawat di masa remaja disebabkan oleh pengaruh hormon seksual yang meningkat akibat pubertas. Apabila tidak ditangani dengan baik maka akan menimbulkan bekas bahkan sampai pada tingkat peradangan kulit. Sedangkan jerawat yang dialami di masa dewasa biasanya disebabkan oleh stres, penggunaan kosmetik dan pola makan yang sembarangan. Misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan goreng-gorengan.

Menurut dr. Hardy Suwita, SpKK, dokter spesialis kulit / kosmetik dan kelamin dari RS Satya-Negara, Sunter Agung Jakarta Utara, jerawat merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan area-area kulit berupa seborrhea (kulit merah bersisik), komedo, bintil dan parut. Jika hal itu terjadi harus dirawat dengan baik agar tidak berbekas dan infeksi Bekas jerawat bermacam-macam, ada warna kehitaman di atas permukaan kulit dan landai. Bekas jerawat yang berwarna hitam biasanya bisa hilang dengan sendirinya sedangkan bekas jerawat yang landai susah untuk dihilangkan. “Vlek hitam pada wajah, pelan-pelan akan terangkat dengan sendirinya kecuali bekas jerawat yang bolong," terang dr. Hardy. 

Penyebab. Umumnya bekas jerawat disebabkan karena sering meremas dan memencet jerawat yang berakibat buruk pada jaringan kulit sehingga muncul vlek hitam pada wajah. “Biasanya ketika ada jerawat pasti di pencet, hingga mengeluarkan darah. Nah, hal itu bisa menyebabkan bekas pada wajah dan susah untuk dihilangkan,” tambah dr. Hardy.

Jika Anda ingin memiliki wajah yang mulus, ada cara mudah untuk mendapatkannya dengan rutin memakai campuran air jeruk nipis, putih telur ayam dan madu.

Menurut Etty Bachetta C, SH, herbalis dari Klinik Rumah Cantik Bachetta, jeruk nipis bisa menghilangkan bekas jerawat, karena jeruk nipis mengandung vitamin C, asam sitrat dan asam amino yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Sedangkan putih telur ayam yang mengandung protein berfungsi untuk menghaluskan wajah. Dan, madu yang mengandung vitamin dan gizi sehingga berfungsi, mengurangi noda di wajah.

Proses. Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan masker jeruk nipis, Caranya mudah. Langkah awal, satu buah jeruk nipis dicuci hingga bersih. Selanjutnya, jeruk nipis dipotong menjadi empat bagian. Lalu jeruk nipis diperas dan diletakkan dalam mangkuk kecil. Langkah kedua, satu butir telur diambil putihnya saja, di kocok hingga mengental dan berubah warna menjadi putih. Lalu, ditambahkan jeruk nipis sedikit demi sedikit serta satu sendok makan madu. Lalu diaduk secara perlahan, mulai dari air jeruk nipis, putih telur dan madu hingga tercampur merata dan mengental.

Tahap selanjutnya, dioles secara merata pada wajah dengan menggunakan kuas kecil. Lalu didiamkan selama 20-30 menit, dibilas dengan air bersih. Perlu diingat, setiap akan menggunakan masker jeruk nipis, wajah harus dibersihkan dengan air terlebih dahulu. Lalu, dikompres dengan air hangat sehingga membuka pori-pori kulit agar masker jeruk nipis mudah meresap. 

Intensitas pemakaian, cukup sekali 4 sehari tetapi harus rutin. Bekas jerawat akan hilang setelah penggunaan selama satu bulan. Tidak hanya itu, masker jeruk nipis dapat mengencangkan kulit wajah yang sudah mengendur.

Fungsi lain dari jeruk nipis adalah dapat menyembuhkan penyakit amandel, melancarkan pencernaan, menghancurkan lemak dan menyembuhkan penyakit batuk dan influenza.

Karena itu, agar kulit wajah senantiasa sehat, Dr. Hardy memberikan tips antara lain mengubah gaya hidup, rajin mengonsumsi buah dan sayuran serta rajin membersihkan wajah setiap hari. Maria Ermelinda Meo


Sumber: Tabloid Femme

1 komentar: