Friday, July 19, 2013

Percepat motorik Bayi Prematur Dengan Lagu Pengantar Tidur

Bayi yang lahir prematur biasanya memiliki beberapa masalah dalam tumbuh kembang. Salah satunya adalah keterlambatan sistem motorik. Oleh karena itu, perlu penanganan ekstra dari orangtua agar anak bisa tumbuh seperti anak normal lainnya. Lalu, langkah seperti apa yang harus dilakukan oleh seorang ibu? Perlakuan seperti apa agar anaknya tidak terkena keterlambatan tumbuh kembang?


Umumnya ibu yang melahirkan bayi prematur sibuk memikirkan bagaimana Cara meningkatkan berat badan si bayi, karena mereka beranggapan bahwa dengan memberikan gizi yang cukup, si bayi prematur akan tumbuh kembang sama dengan bayi lahir normal. Padahal, selain memberikan gizi yang cukup, seorang ibu juga perlu memikirkan stimulus lain yang bisa membangkitkan sistem motorik bayi prematur itu agar nantinya tidak mengalami gangguan keterlambatan pertumbuhan. Tumbuh kembang bayi prematur memerlukan rangsangan yang terus-menerus agar keterlambatan serta risiko gangguan pertumbuhan dan perkembangan dapat dicegah.

Menurut dr. Opy Dyah Paramita, Msi. Med. Sp.A, dari RS Tarakan Jakarta Pusat, aktivitas ketika seorang ibu mengandung mungkin tidak terlalu berpengaruh banyak akan bayinya lahir secara prematur. Biasanya bayi lahir prematur, karena ibunya trauma dalam melahirkan atau terjangkit infeksi virus seperti tokso, rubella, dan si emsi. “Ibu memiliki penyakit tertentu dan trauma akan memperbesar kejadian lahir prematur. Tumbuh kembangnya harus kita evaluasi sejak ia berusia 0 bulan sampai 18 bulan,” ujar dr. Opy.

Lagu Pengantar Tidur. Disebut bayi prematur, apabila ibu telah melahirkan saat bayi masih berusia kurang dari 37 minggu. Karena biasanya bayi normal lahir saat usia kehamilan antara 37 minggu-42 minggu. Biasanya bayi normal itu berat badannya 2.500-4.000 gram atau 2,5 kilogram sampai 4 kilogram. Sementara bayi prematur dengan berat antara 1-1,5 kilogram.

Dijelaskan oleh dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A dari Rumah Sakit Pondok lndah bahwa saat bayi lahir prematur, yang terpenting adalah perlu stimulus agar motorik kasar, halus, bahasa, dan personalnya harus tercukupi. Karena motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri seperti kemampuan duduk, menendang, berlari, dan naik-turun tangga.

Kedua, motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih seperti menyusun balok, menggunting, mencoret-coret, dan menulis. Aspek motorik berkaitan dengan perkembangan pengendalian gerakan tubuh melalui kegiatan yang terkoordinir antara susunan saraf, otot, otak, dan spinal cord. “Salah satu untuk mempercepat motoriknya dengan mendengarkan musik pengantar tidur,” kata dr. Cynthia. Lagu-lagu yang dianjurkan seperti lagu Nina Bobo atau lagu-lagu klasik. Karena dengan adanya lagu pengantar tidur, akan membantu memperlambat detak jantung bayi. Dan, ini berarti meningkatkan kualitas tidur sehingga mampu meningkatkan berat badan bayi. Tidak hanya itu, melodi memiliki efek positif terhadap kualitas menyusui bayi prematur itu.

Pertumbuhan bayi prematur tentu berbeda dengan bayi biasa. Dari mulai berat badan, hingga organnya yang belum berfungsi optimal. “Bayi prematur akan membutuhkan fase, biasanya berat badan bayi prematur akan sama dengan anak yang normal ketika anak prematur itu berusia 18 bulan. Untuk lingkaran kepala dia akan sama ketika umur sekitar 1 tahun, sedangkan tinggi badan baru 24 bulan dia akan sama dengan bayi-bayi yang lain.

“Setelah bayi prematur lahir kita lihat dulu, anak ini menangis atau tidak, bayi ini ada penyulit atau tidak, kita lihat berat badannya. Kalau berat badannya lahir di bawah 1,5 kg dia harus diinfus, harus diberikan inkubator, biasanya pakai inkubator. Karena bayi prematur akan berisiko hipotermia, risiko lebih cepat dingin, risiko kekurangan glukosa juga, jadi memang itu yang harus dipantau,” tambah dr. Opy.

Dampak. Dr. Opy mengungkapkan, ada beberapa masalah yang akan dialami anak prematur dalam tumbuh kembangnya jika tidak ditangani dengan baik. Pertama, bayi akan mengalami berat badan rendah, yaitu di bawah 2,5 kilogram. Kedua, bayi akan komplikasi semua organ. Ia mengalami organ yang belum matang akibat dari proses kelahiran yang cepat. Karena belum matang tersebut salah satunya akan bisa berakibat ke otak, bayi bisa kejang. Untuk mata bayi akan mengalami return of prematurity bisa mengalami kebutaan. Telinga akan mengalami gangguan pendengaran, paru-parunya akan mengalami ketidakmatangan, jadi ada surfaktan yang tidak tercukupi (healing membran deaseas), kelainan penyakit jantung bawaan, dan kekurangan sel darah merah.

Tidak hanya itu, bagi bayi prematur bisa saja terjadi, dengan apa yang disebut dengan apnea of prematurity. Dalam arti, bayi akan berhenti bernafas selama 15 sampai 20 detik. Biasanya terjadi pada hari ke-3 dan ke-7 setelah bayi lahir. Karena itu, perlu di-back up dengan terapi-terapi oksigen yang baik. Anak itu akan berhenti bernafas.

Dalam tumbuh kembangnya, bayi prematur perlu dipantau berat badan, tinggi badan, dan lingkaran kepala. Ditambahkan oleh dr. Cynthia, Salah satu cara untuk meningkatkan berat badan bayi prematur dengan menggunakan kangaroo mother care. “Kita menempelkan antara kulit dengan kulit, antara ibu dengan anak, ditempelkan dengan diselimuti, itu bisa akan meningkatkan berat badan. Tidak hanya itu, memberikan ASI sangat panting bagi bayi prematur. Muhriji Sn.


Sumber: Tabloid Femme

0 komentar:

Post a Comment