Tuesday, July 16, 2013

Buah Kering Untuk Meningkatkan Kesehatan

Sulit makan 5 saji buah per hari? Jika Anda berada di luar rumah, bekerja di kantor misalnya dan merasa repot membawa buah segar, atau ingin mendapatkan khasiat dari buah impor yang sulit di dapatkan di tanah air, para ahli menemukan, buah yang dikeringkan sama sehatnya dengan yang segar. Berikut, khasiat beberapa buah yang dikeringkan untuk kesehatan.


Plum yang dikeringkan
Mencegah Kehilangan Tulang Prune bukan hanya berkhasiat mengatasi konstipasi, tapi juga punya khasiat yang lebih besar. Vitamin K, copper dan boron di dalam buah kering berkerut ini berkhasiat mencegah osteoporosis. Dalam sebuah studi, perempuan yang makan sekitar 2 genggam penuh prune per hari mengalami perubahan yang luar biasa pada kehilangan tulang terkait usia dalam 3 bulan. Hasil yang lebih baik dibandingkan obat resep.

Goji Berry yang dikeringkan Memperpanjang umur
Para ahli bertanya-tanya, mengapa satu wilayah di Cina utara, jumlah orang berumur 100 tahun atau lebih, 16 kali lebih banyak dibanding seluruh wilayah Cina lainnya. Kini para ahli menemukan jawabannya dalam berry merah kecil yang dimakan sebagai snack setiap hari. Per ons goji berry mengandung vitamin C 500% lebih banyak dibanding jeruk. Vitamin C memicu pelepasan hormon pertumbuhan alamiah yang meningkatkan energi dan melindungi sel-sel dari kerusakan terkait usia.

Ceri yang dikeringkan Membantu tidur
Riset menunjukkan, ceri camilan baik sebelum tidur. Ceri mengandung sejumlah banyak melatonin yang membantu tidur. Riset Michigan State University menunjukkan, makan 20 buah ceri yang dikeringkan sebelum tidur dapat mempercepat tertidur, bahkan bagi yang sulit tidur. Bonus: studi- studi menunjukkan, makan lebih dari 45 buah ceri kering sehari dapat meredakan sakit arthritis.

Craisin - Cranberry yang dikeringkan
Memerangi infeksi Cranberry mengandung phytonutrient ajaib yang terbukti membunuh bakteri. Sayangnya kita sulit makan cranberry segar karena asam. Jus cranberry sering mengandung terlalu sedikit cranberry riil dan terlalu banyak gula sehingga tidak memberikan khasiat. Pilihan yang lebih baik craisin, julukan untuk cranberry yang dikeringkan. Sebuah Studi menunjukkan, hanya makan 1/3 cup buah enak ini per hari dapat melindungi Anda dari bakteri, termasuk strain yang kebal obat, penyebab ulcer, infeksi saluran kemih, plak arterial, infeksi staph bahkan gigi berlubang. Studi studi terdahulu menunjukkan, makan setiap hari bahkan dapat membantu mencegah kanker.

Kurma Meredakan ansietas
Kurma yang sering dijuluki permen alamiah, bukan hanya manis, tapi juga bisa meredakan stres dan membantu melenturkan otot tegang. Kurma mengandung rasio yang hampir seimbang kalsium dan magnesium, yang bekerja secara harmonis untuk menenangkan sistem saraf, jelas Jonny Bowden dalam buku The 150 Healthiest Food on Earth. Satu genggam meningkatkan lebih banyak potassium (yang mengatur denyut jantung dan denyut pernapasan) dibanding sebuah pisang. Riset menunjukkan, kurma punya kandungan antioksidan tertinggi dibanding buah kering manapun.

Kismis Mempercantik senyum
Camilan lengket, manis ini semula diduga sebagai penyebab gigi berlubang, tapi riset terkini yang dilakukan di University of Illinois mengungkapkan kebalikannya. Kismis justru mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi. Kismis sumber top oleanolic acid makanan, yang melindungi email gigi dan jaringan gusi dengan scrub timbunan plak, bahkan lebih baik lagi, mencegah plak menempel di gigi. Kismis juga mengandung senyawa-senyawa antibakteri yang mencegah gingivitis, sejenis penyakit inflammatory gusi yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke karena kuman di dalam gusi dapat mencari jalan masuk ke dalam aliran darah.

Aprikot yang dikeringkan
Meningkatkan fungsi Imun Para ahli mencoba mengungkap rahasia suku Hunza Himalaya kaget, 60% dari diet mereka terdiri dari aprikot yang dikeringkan. Sesudah dicermati, para ahli menemukan, buah ini memberikan sejumlah manfaat nutrisional. Aprikot mengandung paling banyak karotenoid, sejenis antioksidan yang terbukti membantu mencegah kanker, penyakit jantung, menurunkan kolesterol jahat, jelas Maoshing Ni, dalam Secrets of Longevity. Hanya 4 buah aprikot kecil yang dikeringkan memberikan beta karoten dalam jumlah yang sama dari yang didapatkan dengan makan 1 ikat besar wortel atau 5 buah aprikot segar. Khasiat beta karoten antara lain meningkatkan imun, mencegah kanker. 


Sumber : Tabloid Aura

0 komentar:

Post a Comment