Monday, July 15, 2013

Penyebab Penuaan Tak Terduga

PENYEBAB PENUAAN INGATAN

Ponsel dan navigasi mobil
Para periset Jepang yang tes ingatan orang sehat di usia 20-an dan 30-an menemukan, di antara 10 orang punya masalah ingatan yang lebih umum dialami orang usia 60-an. Makin meningkatnya ketergantungan pada address book ponsel dan sistem navigasi mobil membuat orang-orang tidak melatih bagian otak yang membantu mengingat atau latihan orientasi spatial. Dalam hal ini aturannya adalah jika tidak digunakan, Anda akan kehilangan.

Cara mencegah penurunan
Latih otot mental Anda.Tekan nomor telepon dari ingatan atau coba ingat barang-barang yang harus dibeli tanpa membuat daftar. Lebih baik gunakan angka, misalnya 10 barang yang harus dibeli. ”Gunakan pikiran untuk menguatkan koneksi antara sel-sel otak sehingga meningkatkan ketajaman mental,"kata neuropsychologist Professor Ian Robertson dari Trinity College, Dublin.

PENYEBAB PENUAAN PENDENGARAN

Tidak makan kecukupan sayuran dan buah
Telinga juga suka Anda makan sayuran hijau. Penjelasannya sebagai berikut. Bukti-bukti menunjukkan, antioksidan membantu mencegah kehilangan pendengaran yang disebabkan bunyi, ungkap Professor Richard Salvi yang meneliti keterkaitan ini di Center for Hearing & Deafness di University of Buffalo, Amerika. Ketika bunyi masuk ke telinga, sel-sel menghasilkan radikal-radikal bebas  - dan semakin keras bunyi, semakin banyak radikal bebas yang dihasilkan. Tubuh menggunakan antioksidan untuk mencegah kerusakan-kerusakan radikal bebas, tapi jika Anda tidak makan kecukupan makanan kaya antioksidan untuk memenuhi kadar Anda, kerusakan akan terjadi pada telinga, jelas Professor Salvi.

Cara mencegah penurunan
Pastikan makan paling sedikit 5 saji sehari. Menambahkan shake protein ke dalam diet juga bermanfaat. Whey protein membantu meningkatkan kadar antioksidan glutathione yang jika kadarnya rendah secara khusus dikaitkan pada kehilangan pendengaran akibat bunyi. 

PENYEBAB PENUAAN PENGLIHATAN

Terlalu banyak daging merah
Begitu temuan riset baru Dr Elaine Chong dari Centre for Eye Research di University of Melbourne. Ia menemukan, orang-orang yang makan daging merah (daging sapi, kambing, dan daging olahan seperti salami) lebih dari 10 kali seminggu berkemungkinan lebih besar 47% mengembangkan agerelated macular degeneration (AMD), penyebab utama kebutaan di usia lanjut, dibanding orang-orang yang makan 5 kali seminggu. Belum diketahui apa penyebab pastinya, tapi kemungkinan senyawa yang disebut nitrosamines, yang terbentuk ketika makan daging merah. Diduga senyawa ini toksik untuk retina.

Cara mencegah penurunan
Ganti daging merah dengan ikan atau ayam. Penelitian Dr Chong menemukan, orang-orang yang makan ayam 3 kali seminggu menurunkan risiko AMD sampai 57%. Riset lain menunjukkan, satu porsi ikan berminyak seminggu juga menurunkan risiko sampai setengahnya. 

PENYEBAB PENUAAN FLEKSIBILITAS.

Kurang olahraga
Semakin banyak olahraga, Anda akan semakin lentur. Panjang dari jari Anda dapat mengindikasikan seberapa besar kesukaan Anda pada olahraga. Para periset University of Alberta, Kanada, menemukan, tikus yang jari telunjuknya sama panjang dengan jari manis berkemungkinan lebih besar olahraga. Menurut periset, ini juga berlaku untuk manusia.


Cara mencegah penurunan
Anda bisa mengakali pikiran untuk menyukai olahraga, kata Peter Gilmour dari situs hypnosport. Ia menyarankan Cara berikut: Duduk dan rileks. Bayangkan Anda duduk di sofa, merasa malas. Jadikan ini sebagai foto hitam putih di dalam pikiran Anda. Kini lihat diri Anda olahraga dalam foto berwarna cerah. Rasakan Anda menyukai olahraga dan secara perlahan dorong pergi foto hitam putih, isi seluruh mata pikiran dengan warna-warna cerah dan perasaan-perasaan positif. Hal ini akan mengakali pikiran Anda merasa senang tentang olahraga.

PENYEBAB PENUAAN JANTUNG
Banyak duduk Duduk menyebabkan perubahan metabolik perusak jantung. Studi-studi menunjukkan, duduk menurunkan kadar kolesterol sehat HDL sampai 22% dan dikaitkan dengan kenaikan kadar gula darah, meningkatkan kadar trigliserida dan kemungkinan lebih besar lemak perut. Semua ini berbahaya untuk kesehatan jantung.

Cara mencegah penurunan
Melakukan apa pun dengan berdiri, tapi Anda tak akan mau berdiri jika membuat sakit. Penyebab umum sakit karena berdiri adalah posisi kaki yang tidak tepat, kata physiotherapist Saul Yudelowitz dari CityPoint Club, London. Sekitar 70% dari kita berdiri dengan kaki ke luar dan ini menyebabkan sakit di tungkai dan punggung bawah. Coba cara berikut: Baring telentang. Buka kedua tungkai. Regangkan otot betis dan lengkungkan jari ke atas. Putar badan sedikit ke kiri, dan lalu ke kanan. 

PENYEBAB PENUAAN SISTEM IMUN
Diet yoyo Salah satu alasan mengapa perempuan lebih panjang umur dibanding pria adalah, sistem imun kita menua secara lebih perlahan. tapi jika Anda terus menerus perang dengan berat badan, Anda bisa merusak manfaat longevity alamiah ini. Para dokter di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle menemukan, para pediet yoyo memproduksi lebih sedikit sel-sel imun dibanding perempuan lain dan penurunan ini proporsional. Dengan kata lain, semakin sering berat badan naik dan berat badan turun, semakin buruk kinerja sistem imun.

Cara mencegah penurunan
Cari penyebab berat badan naik. Diet yoyo menandakan, apa pun yang Anda lakukan untuk menurunkan berat badan tidak efektif. Jika Anda tidak menemukan penyebabnya, Anda tak akan pernah lolos dari jebakan diet, kata konselor penurunan berat badan Chrissie Webber, penulis buku Weight Loss, Life Gain (Kemungkinan Anda tidak menyelesaikan masalah makan emosional, di mana Anda makan comfort foods tinggi kalori; diet tidak sesuai dengan gaya hidup Anda; atau berat badan yang dicapai tingkatnya tidak sesuai dengan badan Anda. Atasi masalah ini sebelum mulai diet.

PENYEBAB PENUAAN LINGKAR PINGGANG
Wadah plastik Zat kimia yang bocor dari wadah ini termasuk salah satu sumber utama estrogen sintetis di dalam badan. Dalam buku From Belly Fat to Belly Flat ahli hormon Amerika Dr CW Randolph mengaitkannya dengan kenaikan berat badan karena usia bertambah. Di akhir Usia 20-an dan awal usia 30-an estrogen menjadi hormon dominan di dalam badan Estrogen memicu penimbunan lemak, dan ini memburuk jika Anda juga terekspos estrogen sintetik dari lingkungan.

Cara mencegah penurunan
Gunakan wadah kaca, hindari plastik dari sinar matahari dan jangan pernah panaskan ulang makanan dalam tray plastik. Makan 3 porsi sayuran cruciferous dan 1 porsi sitrus per hari untuk stimulir metabolisme estrogen saran Dr Randolph. Buah buah sitrus dan sayuran cruciferous seperti brokoli mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan kadar estrogen dikeluarkan dari tubuh.


Sumber : Tabloid Aura

0 komentar:

Post a Comment