Tuesday, July 16, 2013

Cara Sederhana Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu cara terbaik mencegah serangan jantung dan stroke adalah mengendalikan tekanan darah. Saat ini, sekitar 65 juta orang menderita hipertensi dan lebih dari 70 juta di ambang mengembangkannya. Kabar baiknya para ahli menemukan strategi baru yang dapat mengoreksi masalah. Terdiri dari: 


1. NETRALISIR SODIUM DENGAN MAKAN KENTANG
Satu kentang panggang mengandung sekitar 610 mg potassium. Riset baru membuktikan, meningkatkan kadar mineral ini dengan konsumsi makanan tinggi potassium dapat menurunkan tekanan darah sama efektifnya dengan mengurangi 4 gram garam. Alasannya sodium membuat pembuluh-pembuluh darah mengencang, tapi potassium membantu mengeluarkannya, membuat pembuluh-pembuluh darah tetap rileks dan terbuka. Makanan lain kaya potassium Lima bean (740 mg per cup), aprikot yang dikeringkan (900 mg per 1/2 cup), avokad dan bayam (850 mg per cup), brokoli dan kismis (500 mg per 1/2 cup)

2. REDAKAN STRES DENGAN FOTO BERIKUT
Riset baru menunjukkan, men-set background monitor komputer atau wallpaper dengan foto pantai yang tenang, padang bunga atau kawanan burung dapat menurunkan tekanan darah sampai sebanyak 9%. Melihat alam secara teratur, kendati pun hanya foto, meningkatkan produksi gelombang alpha otak, yang menenangkan sistem saraf pusat dan kelenjar adrenal yang memproduksi cortisol, jelas Jay Winner, MD., dari Stress Management Program, Sansum Clinic, California. Jarang menggunakan komputer? Pasang foto atau gambar pemandangan alam di ruang yang biasa Anda gunakan atau buka jendela dan gorden jika pemandangan di luar terdapat tumbuhan hijau. 

3. BERDOA 
Sudah bukan rahasia lagi, olahraga secara teratur dan terukur dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Yang mengherankan adalah, perempuan yang secara teratur berdoa atau baca kitab suci untuk membantu memotivasi diri sendiri menjaga kebugaran, jalan kaki lebih banyak 78% seminggu dibanding orang-orang yang mengatakan kepada diri sendiri, olahraga baik untuk kesehatan, ungkap sebuah studi baru. Dan ini menurunkan tekanan darah sampai 12 poin. Tak suka jalan kaki? Lakukan olahraga resisten 15 menit, contohnya sit up, lunges atau squat 3 kali seminggu dapat merilekskan arteri, menurunkan tekanan darah 8 poin dalam 2 bulan.

4. MAKAN SEMANGKA
Makan hanya 2 iris semangka masing-masing tebal 2 inci per hari dapat menghentikan prehipertensi berubah menjadi hipertensi, ungkap sebuah Studi baru Florida Stare University. Semangka sumber makanan terkaya dari L-citrulline, sejenis asam amino yang oleh tubuh diubah menjadi L-arginine yang merilekskan arteri. Saat ini memang tersedia suplemen L-arginine, tapi banyak orang yang mual, mengalami gangguan pencernaan dan diare jika minum pil ini. Semangka sebaliknya, tak akan mengganggu pencernaan. 

5. JAGA PEMBULUH DARAH DENGAN MINUM OBAT PADA WAKTU TEPAT
Sebuah studi baru menunjukkan, minum obat tekanan darah di malam hari memberikan pengendalian yang lebih baik, menurunkan risiko serangan jantung dan stroke sampai 67%. Alasannya:Tekanan darah mestinya turun 10% sampai 20% selama tidur, membuat pembuluh darah istirahat dan memperbaiki diri di saat Anda tidur. Tapi pada sebagian orang, tekanan darah tidak turun secara alamiah, tetap tinggi sepanjang malam, menghambat terjadinya proses perbaikan yang penting. Minum obat di malam hari memastikan tekanan darah turun. Penting: Jika saat ini Anda minum obat tekanan darah di pagi hari, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Ande sebelum mengubah waktu minum obat.

6. HENTIKAN KERUSAKAN STRES DENGAN WALNUT 
Para periset Penn State baru-baru ini menemukan, hanya makan 9 keping walnut kaya serat, kaya antioksidan ditambah 1 sendok makan minyak tak jenuh sehat walnut per hari selama 6 minggu cukup untuk mencegah kenaikan tekanan darah perusak arteri selama peristiwa stres tinggi.


Sumber : Tabloid Aura

0 komentar:

Post a Comment