Thursday, July 4, 2013

Masker Anggur Bisa Atasi Kerutan

Wajah merupakan aset penting. Dan, setiap wanita menginginkan wajah yang bersih dan bebas keriput. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, kerutan di wajah menjadi hal yang normal dialami setiap orang. Lalu, bagaimana mengatasinya?


Memasuki usia 25 tahun, perawatan wajah menjadi kebutuhan penting bagi setiap wanita. Berbagai persoalan wajah muncul, mulai dari kusam hingga kerutan, sehingga membutuhkan perawatan tertentu untuk mengatasinya.

Menurut dr. Adiana Murniati Spkk, dokter spesialis kulit dan kelamin dari klinik Dianindra Skin Care, Jakarta Timur dan praktek di Rumah Sakit Polri Sukanto, Kramat Jati Jakarta Timur, kulit wajah merupakan aset penting bagi setiap wanita, maka perlu dirawat agar bisa mencegah penuaan dini seperti kerutan ataupun keriput. “Kerutan merupakan tanda bahwa kulit kita mulai tua,” ungkap dokter yang murah senyum ini. 

Penyebab. Umumnya ada dua penyebab terjadinya kerutan di wajah. Pertama, faktor dari dalam yakni usia. Seiring bertambahnya usia, kerutan mulai bermunculan di wajah. “Umumnya dimulai dari usia 25 tahun,” terang dn Adiana. Kedua, faktor dari Iuar seperti sinar ultraviolet, asap kendaraan, gaya hidup dan tingkat stres. “Kalau gaya hidup, menyangkut pola konsumsi seperti makan gorengan yang berlebihan,” papar Hendar Sutisna, herbalis dari Klinik Natura Health Center.

Berbagai perawatan, mulai dari yang tradisional hingga yang paling modern, ditawarkan untuk mengatasi masalah kerut di wajah. Dan, Salah satu cara mudah dan murah untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus tanpa kerutan, adalah rutin memakai campuran buah anggur merah, putih telur ayam kampung dan perasan jeruk lemon.

Buah anggur mengandung antioksidan yang tinggi, berfungsi untuk memperkecil pori-pori wajah dan zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi. Selain itu anggur juga mengandung vitamin C.

Dijelaskan Hendar buah anggur merah dapat menghilangkan kerutan pada wajah. Namun untuk hasil yang lebih baik, anggur merah harus dicampur dengan putih telur ayam kampung dan perasan air jeruk lemon. ”Masker anggur dapat menghilangkan kerutan, asalkan rutin menggunakannya," terangnya. Ditambahkan Hendar antikoagulan dalam anggur berfungsi menghancurkan lemak dalam tubuh, sehingga bisa membantu memperlambat kerutan di wajah. Sedangkan putih telur mengandung protein sehingga bisa menghaluskan wajah. Dan, fungsi air jeruk lemon dapat menyegarkan wajah dan membuka pori-pori kulit wajah.

Proses. Membuat wajah mulus tanpa kerutan dengan buah anggur, caranya mudah. Langkah awal, siapkan 20 buah anggur merah, cuci hingga bersih di bawah air mengalir dan buang bijinya. Selanjutnya, anggur diblender hingga halus. Lalu, diletakkan dalam mangkuk kecil, tambahkan satu sendok air jeruk lemon dan satu butir putih telur ayam kampung. Aduk anggur, air jeruk dan putih telur hingga tercampur merata. Lalu, oleskan pada wajah secara merata dengan menggunakan tangan ataupun kuas kecil. Diamkan selama 30 menit atau sampai mengering. Bilas wajah dengan air bersih. Keringkan wajah dengan handuk kering.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, masker anggur dipakai secara rutin tiga kali seminggu, minimal selama tiga bulan. Waktu yang tepat untuk pemakaian masker anggur pada malam hari, satu jam sebelum tidur. Selain berkhasiat menghilangkan kerutan, buah anggur juga berguna untuk memperlancar aliran darah di wajah.

Agar kulit wajah tetap sehat dan menunda penuaan dini, dr. Adiana membagi tips sederhana. Antara lain, ubah gaya hidup dengan cara rajin mengonsumsi sayur dan buah, rajin berolahraga, menggunakan sun block dan rutin membersihkan wajah setiap hari. Maria Ermelinda Meo.

Sumber : Tabloid Femme

0 komentar:

Post a Comment