Tuesday, July 9, 2013

Usir Bau Mulut Dengan Peterseli

Peterseli lebih sering ditemui sebagai garnish atau pelengkap dalam hidangan makanan. Tak banyak yang tahu, kandungan alami dalam peterseli ternyata baik untuk kecantikan dan kesehatan Bahkan, peterseli   mampu membantu   menghilangkan bau mulut Benarkah?

Bau mulut membuat penampiian cantik Anda menjadi berkurang. Pasalnya, tak ada seorang pun yang ingin berbincang-bincang dengan Anda. Tak perlu khawatir karena masalah bau mulut ini bisa diatasi dengan rajin makan peterseli atau parsley dalam bahasa Inggris, yang ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan bau mulut. Mungkin selama ini Anda tidak tahu peterseli yang Anda santap sebagai pelengkap dalam hidangan Pizza, Spaghetti, salad sayuran, sup dan steak ini bisa menghilangkan bau mulut Anda. Dan umumnya peterseli segar memiliki aroma yang lebih kuat dibandingkan peterseli yang sudah dikeringkan.

Tanaman dengan bahasa latin Petroselinum crispum ini berwarna hijau, yang cocok digunakan sebagai makanan dalam bentuk biji. Tanaman ini awalnya dibudidayakan di daerah perkebunan di wilayah Mediterania, lalu tumbuh menjadi tanaman liar. Sejak jaman Yunani Kuno, peterseli sudah digunakan sebagai bahan masakan sehingga rasa masakan lebih lezat.

Terdapat tiga jenis peterseli, yaitu peterseli dengan daun keriting di puncaknya ini memiliki rasa datar dan biasanya dimanfaatkan sebagai hiasan pada makanan. Kedua, peterseli yang disebut daun datar Italia memiliki daun keriting, yang biasa digunakan untuk masakan sup, semur dan lain-lain. Ketiga, peterseli jenis Hamburg yang diambil adalah akarnya, lalu dimasak dengan cara direbus seperti wortel.

Kandungan. Peterseli memiliki banyak kandungan gizi. Dalam 100 gr peterseli terkandung berbagai zat penting yang baik untuk tubuh, seperti 50 gr kalori, 3,73 gr protein, 1 gr lemak, 9 gr karbohidrat, 193 mg kalsium, 84 mg fosfor, 4 mg zat besi, 8230 IU vitaminA, 0,11 mg vitamin B1 dan 193 mg vitamin C. Dengan kandungan manfaat yang melimpah, maka tak heran peterseli sangat baik dikonsumsi setiap hari.

Selain itu, kandungan peterseli adalah sebagai bahan penyegar mulut sehingga dapat membantu menghilangkan bau mulut. Erwin Eka F.P herbalis mengatakan daun peterseli mengandung senyawa aktif yang mampu membunuh bakteri sehingga bau mulut bisa diatasi. Setelah mengonsumsi daun peterseli akan terasa lebih segar dan fresh. Oleh karena itu, jika mengonsumsi peterseli sebanyak kurang lebih 100 gr setiap hari secara rutin mampu mengatasi keriput atau penuaan dini.

Peterseli juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat yang meradang karena mengandung vitamin K. Caranya dengan mengambil beberapa daun peterseli lalu remas, dan tempelkan pada bagian wajah yang terkena jerawat, kemudian didiamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin. Lakukan secara rutin sampai jerawat benar-benar mengecil dan hilang.

Karena kandungan peterseli yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan, maka sebaiknya Anda jangan pernah lupa memasukkan setangkai daun peterseli dalam hidangan Anda. Untuk kesehatan, kandungan vitamin, mineral dan zat besi yang terdapat pada peterseli mampu membantu menyembuhkan berbagai penyakit seperti pencernaan, meringankan perut kembung, memperkuat daya tahan tubuh, mengurangi peradangan, membantu sistem kerja hati dan ginjal, dan menurunkan berat badan. Bahkan jika dikonsumsi setiap hari dapat menjaga keseimbangan hormon dan mengurangi nyeri haid.

Di samping itu, komponen myristicin di dalam peterseli telah terbukti efektif untuk mencegah pembentukan tumor, terutama di paru-paru. Studi yang dilakukan pada hewan dan penelitian lebih lanjut menunjukkan hasil yang menjanjikan. Bahkan, minyak peterseli terbukti efektif dalam menetralkan karsinogen tertentu, seperti benzopyrenes yang biasa ditemukan dalam asap rokok dan asap arang panggangan. Memang sejak awal ditemukan sekitar 2000 tahun sebelum Masehi, peterseli bukan digunakan sebagai bahan makanan melainkan digunakan sebagai salah satu tanaman obat.

Bersifat Sementara. Menanggapi peterseli bisa menghilangkan bau mulut, drg. Novandyta Hapsari, SpKG, dokter spesialis gigi konservasi gigi, peterseli bisa menghilangkan bau mulut, tetapi bersifat sementara. Selain makan petersell, cara lain mengatasi bau mulut adalah menyikat gigi dua kali sehari atau sehabis makan. Kandungan mint pada pasta gigi dianggap ampuh mengatasl bau mulut, meski sifatnya juga sementara.

Bau mulut umumnya terjadi karena makanan. Dalam mulut, terdapat bakteri baik yang biasa disebut dengan floral normal mulut. Biasanya dalam mulut terasa basah oleh ludah yang menempel. Ketika mulut terasa kering, floral normal mulut atau bakteri baik mulut tidak ada sehingga bakteri mudah menempel dan menimbulkan efek berbau pada mulut.

Selain itu, sisa makanan pada gigi yang berlubang juga mampu menjadi penyebab bau mulut. Saat melakukan pembersihan gigi atau sikat gigi, dan kurang sempurna pembersihannya sisa makanan akan tertinggal dan menempel pada gigi sehingga sisa-sisa makanan akan seperti sampah dan menimbulkan bau pada rongga mulut. Terakhir, bisa disebabkan oleh gusi berdarah. Darah, biasanya mengeluarkan seng yang menjadi penyebab terjadinya bau mulut. Indri


Sumber: Info Kecantikan

0 komentar:

Post a Comment