Sunday, April 6, 2014

Mengatasi Kulit Hitam Pada Lipatan Perut

Penampilan seseorang akan lebih menarik dengan perut yang ramping dan kencang. Bagian perut yang memiliki banyak lemak akan mengakibatkan daerah kulit lipatan perut Anda menjadi gelap. Jika sudah berwarna gelap, penampilan perut menjadi kurang menarik. Lantas bagaimana mengatasi kulit hitam pada lipatan perut? 

Memiliki lemak yang berlebihan di area perut tentunya membuat para wanita kurang percaya diri. Lemak bukan hanya mengganggu penampilan tetapi juga mengganggu kesehatan serta aktivitas gerak tubuh. Karena terlalu banyak lemak yang menumpuk akan membuat perut memiliki banyak lipatan-lipatan. Pada hakikatnya tubuh manusia membutuhkan lemak, namun sering kali lemak tersebut justru menjadi musuh utama, karena fungsi lemak dalam tubuh tidak berjalan dengan lancar. Lemak dapat bermanfaat jika porsi dalam tubuh kita sesuai dengan kebutuhan.

Perut merupakan organ berongga seperti kantung yang berdinding tebal dan berotot. Perut menjadi bagian dari saluran alimentary yang bertujuan mencerna bahan makanan yang diasimilasikan dalam badan. Pada lipatan tersebut kulit area perut akan menjadi hitam. Jika terus-menerus didiamkan, kulit akan semakin gelap dan sulit diatasi sehingga proses pengembalian warna kulit menjadi lebih cerah akan berlangsung lebih lama.

Menurut dr Indrawati Widjaja, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, terjadinya kulit hitam pada lipatan perut sering terjadi karena hiperpigmentasi pasca-inflamasi yang dikarenakan obesitas dan sering mengakibatkan gesekan atau posisi duduk yang kurang baik sehingga kulit perut sering terlipat. Selain itu, bisa dikarenakan adanya tekanan berulang dari busana ketat, korset atau celana. Kulit hitam juga bisa dikarenakan adanya bayangan stretch marks.

Cara Mengatasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu mencari tahu penyebabnya. Jika karena kegemukan, Anda dapat mengurangi kegemukan terlebih dulu atau dengan menggunakan busana yang tidak menekan bagian perut serta posisi duduk yang tegak. Setelah penyebabnya diketahui, maka dapat dengan mudah mengatasinya agar warna hitam pada lipatan perut memudar atau memperbaiki tekstur, kulit tubuh.

Perawatan yang dapat dilakukan adalah memberikan krim secara topikal seperti retinol, AHA dan bahan pemudar warna gelap seperti asam kojic, arbutin dan hidrokuinon. Pemberian krim topikal bertujuan untuk memperbaiki regenerasi kulit dan membuat warna kembali seperti semula. Selain mengoleskan krim, ada beberapa treatment yang dapat dilakukan seperti peeling atau mikrodermabasi. Kedua treatment tersebut dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan atau tingkat kegelapan kulit yang dialami. Untuk treatment peeling, sebaiknya memilih peeling yang mengandung ekstra buah-buahan atau peeling AHA. Dengan rutin melakukan treatment peeling sebulan sekali, kulit hitam pada lipatan perut akan memudar dan hilang. Tak hanya itu saja, dapat juga dilakukan suntik pemutin yang mengandung glycolic acid ataupun glutathione secara rutin dua minggu sekali. Untuk perawatan di rumah, Anda bisa melakukan scrub pada lipatan kulit perut yang menghitam dengan rutin seminggu sekali.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, treatment dapat diulang dengan jarak treatment tiga sampai empat minggu dan dilakukan selama empat hingga enam bulan. Hasil yang didapat biasanya tergantung pada tipe kulit pasien dan kerajinan penggunaan topikal. Setelah melakukan treatment, jika mengalami trauma seperti gesekan atau garukan sebaiknya didiamkan saja. Karena pengolesan krim topikal juga bermanfaat untuk mempertahankan hasil tindakan, maka dapat dioleskan sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

Menurut dr. Adelina Veronica, dokter ahli kecantikan, sesungguhnya pada tubuh yang memiliki banyak lipatan seperti leher, ketiak, di bawah lipatan payudara, dan lipatan perut biasanya kulit menghitam dikarenakan terlalu banyak penumpukan sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati bisa disebabkan gatal akibat terlalu banyak kelenjar keringat yang keluar. Banyaknya keringat yang keluar dapat menimbulkan jamur yang membuat kulit menjadi gatal lalu digaruk ningga menimbulkan bekas. Hal tersebut dapat menjadi pemicu area kulit pada lipatan perut menjadi lebih gelap. Selain itu, terlalu sering terpapar bahan-bahan kimia yang memiliki kandungan tidak sesuai dengan kulit akan mengubah wama kulit.

Daerah yang menjadi lipatan sebaiknya harus sering dibersihkan agar tidak mudah terinfeksi akibat bakteri. Masing-masing jenis kulit tubuh seseorang berbeda, terlebih yang paling sering mengalami masalah ini adalah wanita yang bertubuh gemuk. Lipatan pada perut sebenarnya sudah menjadi hal biasa, asalkan ketika mandi selalu rajin menggosok daerah lipatan tersebut dengan bersih dan telaten. Untuk mengatasi masalah kulit menghitam pada lipatan, pada saat selesai mandi, sebaiknya keringkan tubuh dengan handuk yang kering. Karena pada handuk basah atau lembab proses pertumbuhan bakteri akan lebih banyak dan dapat menempel pada kulit tubuh.

Cara Tradisional. Mengatasi warna hitam pada lipatan perut secara alami, Anda dapat menggunakan kapur sirih. Namun, setelah menggunakan jangan terlalu lama didiamkan karena akan menyebabkan iritasi. Sebaiknya setelah menggunakan kapur sirih pada lipatan perut, langsung dibilas dengan air bersih dan dapat dilakukan rutin seminggu dua kali. Selain kapur sirih, dapat menggunakan jeruk nipis dan jeruk lemon pada lipatan perut yang menghitam. Caranya, oleskan dan diamkan selama 5-10 menit. Hal ini dapat dilakukan seminggu tiga kali. Penggunaan bengkuang yang diparut kemudian digosok dan ditempel secara perlahan di area kulit juga dapat mengembalikan warna kulit kembali semula secara perlahan. Caranya, diamkan selama 15 sampai 20 menit. Lakukan rutin seminggu tiga kali.


Tak hanya itu, lidah buaya juga dapat mengatasi kulit kehitaman pada lipatan perut dengan cara digosok secara perlahan dan didiamkan selama 15 sampai 20 menit. Perawatan tersebut dapat dilakukan tiga kali seminggu. Anda juga harus menjaga kebersihan kulit dengan tidak menggunakan busana yang terlalu ketat dan gunakan busana yang menyerap keringat. Jika sudah berkeringat, sebaiknya diseka dengan kain bersih dan secepatnya mengganti busana. Suciati (Info Kecantikan)  

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66 (NEW)
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    ReplyDelete