Friday, June 28, 2013

Noda Bekas Jerawat Tersamar Berkat Daun Binahong

Daun binahong (dheng san chi), herbal asal negeri Tiongkok, yang populer bisa menyembuhkan penyakit ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Jika ditempelkan langsung pada wajah, daun binahong bisa menyamarkan noda bekas jerawat, karena mengandung antioksidan dan vitamin. Seperti apa?


Noda bekas jerawat yang bertengger pada wajah membuat penampilan seseorang tampak kusam. Jika biasanya bekas jerawat dihilangkan dengan krim atau pun masker, mengapa Anda tak mencoba bahan alami seperti daun binahong yang selama ini dikenal sebagai bahan alami mengatasi penyakit, yang belakangan popular sebagai bahan alami penghilang noda bekas jerawat? Dengan daun binahong, bekas jerawat yang tadinya menghitam menjadi terlihat cerah dan kulit menjadi halus.

Kandungan. Menurut dr. Zulvia Syarif, konsultan kecantikan dan herbalis, daun binahong mengandung antimikroba, antioksidan, asam askorbat dan vitamin C, sehingga bisa memperbaiki kerusakan pada kulit seperti bekas jerawat. Selain itu, kandungan antimikrobanya sangat reaktif terhadap beberapa kuman penyebab infeksi, sementara asam askorbatnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Penggunaan daun binahong untuk menghilangkan noda bekas jerawat sangat mudah. Sebelum digunakan daun binahong dicuci hingga bersih, lalu ditempelkan pada wajah. Cara lainnya adalah daun binahong yang sudah dicuci bersih ditumbuk halus, lalu ditempelkan pada wajah. Sesudah itu didiamkan selama 15 menit, kemudian dicuci hingga bersih. Selanjutnya wajah dikompres dengan air es agar pori-pori tertutup.

Jika rutin digunakan, secara perlahan noda bekas jerawat akan memudar, dan sebagai gantinya permukaan kulit akan terlihat lebih cerah dan halus. Frekuensi pemakaian daun binahong yang bisa memberikan hasil optimal sebaiknya seminggu sekali.
Meski berbahan alami, bukan berarti daun binahong tanpa efek samping. Karena itu, daun binahong jangan terlalu lama ditempelkan karena bisa menimbulkan reaksi gatal dan kemerahan, terutama mereka yang kulitnya hipersensitif terhadap getah daun. Jika timbul reaksi gatal dan kemerahan, sebaiknya tidak menggunakan daun binahong lagi dan segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara khusus.

Bekas Jerawat. Dr. Erawita Endy Moegni, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, menjelaskan manfaat daun binahong untuk menyamarkan bekas jerawat belum terbukti secara medis. Oleh karena itu, dalam mengatasi bekas jerawat Sebaiknya tidak mengorek jerawat dengan jari dan selalu memakai tabir surya Setiap akan beraktivitas di bawah sinar matahari.

Jerawat terjadi pada kulit yang mengalami peradangan. Agar peradangan tidak semakin dalam, sebaiknya tidak memencet jerawat karena tidak semua jerawat bisa dikeluarkan. Jerawat disebabkan dua faktor yaitu faktor genetik dan faktor gaya hidup. Faktor gaya hidup misalnya mengonsumsi makanan yang tidak sehat, faktor hormonal, imunitas dan aktivitas.

Mengatasi jerawat yang disebabkan faktor gaya hidup adalah dengan memperbaiki asupan gizi, istirahat cukup, hindari stres, minum obat sesuai petunjuk dokter. Tetapi mencegah lebih baik daripada mengobati. Jerawat bisa dicegah jika seseorang rutin membersihkan wajah, memakai make up yang sesuai usia dan jenis kulit, memakai pelembab setiap hari, memakai krim penghilang noda bekas jerawat, minum air putih, serta makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu, sebaiknya juga minum vitamin yang mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas, hindari merokok dan minum beralkohol, serta rutin. olahraga.

Terkadang Setelah berjerawat, timbul bekas jerawat. Untuk menghindari timbulnya bekas jerawat, Sebaiknya hindari faktor penyebab jerawat, serta tidak memencet jerawat karena tidak semua jerawat dapat dikeluarkan. Karena itu sebaiknya hindari pemakaian scrub karena semakin dalam peradangan, kulit akan semakin hitam dan bolong, sehingga tekstur kulit wajah tidak rata.

Langkah yang dapat dilakukan untuk menyamarkan noda bekas jerawat adalah mengobati jerawatnya Agar tidak timbul noda, sebaiknya tidak mengupas atau mengorek jerawat dengan   tangan, memakai tabir Surya dan melakukan perawatan sesuai anjuran dokter. Jika noda bekas jerawat hanya berupa warna kehitaman, maka krim topikal merupakan terapi yang efektif, yang dapat dikombinasikan dengan cehemical peeling. Namun, jika bekas jerawat berupa kemerahan yang lama hilang, dapat melakukan laser vaskular (pembuluh darah). Sementara bila bekas jerawat berupa lubang atau scan sebaiknya dengan tindakan seperti dermaroller subsisi, laser scar, radiofrekuensi, PRP (platelet rich plasma) yang terbuat dari darah hingga stem cell. Nailul Iffah


Sumber : Info Kecantikan

8 komentar:

  1. Daun binahong memang yahud... bisa mengatasi jerawat juga...

    ReplyDelete
  2. terimaksih informasinya gan,, sangat bagus sekali..

    ReplyDelete
  3. Share saja pengalaman saya ... binahong memang efektif utk jerawat, uda di coba ... memang hrs telaten kl jerawat masih kecil" dan baru muncul 2 hari kering dan ga berbekas, kl uda uda terlanjur besar paling tidak satu minggu ...

    ReplyDelete
  4. Share saja pengalaman saya ... binahong memang efektif utk jerawat, uda di coba ... memang hrs telaten kl jerawat masih kecil" dan baru muncul 2 hari kering dan ga berbekas, kl uda uda terlanjur besar paling tidak satu minggu ...

    ReplyDelete
  5. Share saja pengalaman saya ... binahong memang efektif utk jerawat, uda di coba ... memang hrs telaten kl jerawat masih kecil" dan baru muncul 2 hari kering dan ga berbekas, kl uda uda terlanjur besar paling tidak satu minggu ...

    ReplyDelete