Sunday, June 16, 2013

4 Cara Cerahkan kulit Seluruh Tubuh (Bagian 1)

Seringkali wanita fokus melakukan perawatan pencerahan kulit pada wajah saja. Alhasil, bagian kulit lainnya terlihat lebih hitam, termasuk leher dan lengan. Hal ini membuat penampilan Anda terlihat belang, wajah cerah tetapi kulit lengan dan seluruh tubuh lainnya terlihat kusam. Lantas apakah kulit seluruh tubuh bisa dicerahkan seperti halnya kulit wajah? Apa saja cara yang efektif untuk mencerahkan kulit seluruh tubuh?


Kulit yang cerah atau putih dalam pandangan banyak orang dianggap lebih cantik. Tak heran, banyak wanita berlomba-lomba melakukan berbagai cara agar kulitnya terlihat lebih cerah. Namun sayangnya selama ini banyak yang hanya fokus mencerahkan kulit pada bagian wajah, sementara kulit dibagian tubuh lainnya terabaikan perawatannya. Alhasil, kulit wajah dengan kulit seluruh tubuh terlihat belang yang sangat terlihat kentara, yaitu kulit wajah terlihat cerah, sementara kulit di bagian lainnya terlihat lebih kusam atau hitam.

Tak hanya kulit wajah, sebaiknya kulit seluruh tubuh seperti leher, lengan ataupun kaki, yang umumnya tidak tertutupi busana juga dirawat agar warna kulitnya sama. Sebaliknya jika tidak dirawat kulit akan terlihat kusam dan tidak bercahaya. Dijelaskan oleh dr. Sonya Go, dokter sekaligus ahli kecantikan, penyebab kulit kusam dan tidak bercahaya adalah kurang-minum air putih, sering berada di ruangan ber-AC, sering terpapar sinar matahari, mengonsumsi alkonol, merokok, kurang tidur, stres, serta diet yang tidak seimbang.

Mencerahkan Kulit. Lalu bagaimana agar kulit wajah dan kulit seluruh tubuh sama cerahnya? Berbagai treatment disebut-sebut efektif untuk mencerahkan kulit. Dijelaskan oleh dr. Eliza Miranda, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, untuk mencerahkan kulit adalah dengan penggunaan krim-krim pencerah, yang umumnya mengandung retinoid acid, azaleic acid serta agen-agen pencerah kulit lainnya. Biasanya orang mengoleskan krim-krim tersebut, Seperti krim pagi dan krim malam, pada bagian wajah dan leher. Dibandingkan kulit bagian lainnya, kulit wajah sendiri proses regenerasi kulitnya lebih cepat, karena itu kulit wajah lebih mudah cerah. Sebenarnya krim pencerah juga bisa digunakan untuk kulit seluruh tubuh, tetapi tidak praktis dan biayanya juga akan lebih mahal.

Selain dengan krim-krim, beberapa treatment pencerah kulit lainnya juga terbilang efektif untuk mencerahkan kulit seluruh tubuh. Dijelaskan oleh dr. Samuel L. Simon, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, untuk mencerahkan kulit wajah dan kulit seluruh tubuh sebenarnya sama saja. Setiap empat minggu kulit mengalami regenerasi, dari bawah naik ke atas, sehingga dalam empat minggu sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit.

Sel kulit mati yang menumpuk, jika terkena sinar matahari dan ditambah dengan penggunaan kosmetik maka lama-kelamaan kulit menjadi kusam. Sementara pada kulit tubuh, regenerasinya sama, tetapi kulit lebih terlindungi dari sinar matahari karena tertutup busana, sehingga kulit di seluruh tubuh tidak terlalu kusam.

Untuk membuat kulit lebih cerah, tanpa sel-sel kulit mati yang menumpuk, maka dilakukan berbagai treatment seperti facial, chemical peeling dan dermabrasi yang cukup dilakukan sebulan sekali, mengikuti siklus regenerasi kulit. Selain itu, bisa juga melakukan treatment dokter yang bersitat pengelupasan kulit agar kulit lebih cerah. Treatment luluran, scrubbing dan mandi susu juga dapat mencerahkan kulit, sekaligus menghaluskan kulit.

Berikut penjelasan mengenai treatment-treatment mencerahkan kulit seluruh tubuh yang dianggap efektif:

1. Kombinasi Skin Whitening, Spa Whitening, Akupunktur dan PRP
Menurut dr. Liza H. Bun, MM, CIBTAC, akupunkturis dan dokter ahli kecantikan, untuk mencerahkan kulit seluruh tubuh agar sama cerahnya dengan kulit wajah dengan kombinasi treatment skin whitening, spa whitening, akupunktur dan treatment PRP (platelet rich plasma), yang aman dilakukan untuk mencerahkan kulit. 
·      Skin whitening merupakan sistem injeksi yang tujuannya untuk mencerahkan kulit dari dalam. Skin whitening mengandung L-cyteine HCL 75 mg, choline (Bitatrate) 60 mg, inositol 50. mg, niacin 25 mg, manganese 1,75 mg, evening primrose oil, selenium zinc, biotin nicotinamide, betacaroten, citrus blovavinoid tniamine nitrate yang aman digunakan. Tidak hanya mencerahkan skin whitening juga membuat tekstur kulit bagus (lembab), menjaga elastisitas kulit, mengurangi pembentukan melanin, membentuk kolagen. Perawatan skin whitening bisa dilakukan seminggu sekali untuk hasil, yang maksimal.

·     Spa whitening bertujuan mencerahkan dari luar karena sering terkena debu dan menggunakan krim tubuh yang menempel di tubuh yang perlu dibersihkan. Sistem kerja spa whitening diawali dengan massage seluruh tubuh, setelah itu digunakan scrub tubuh yang fungsinya mengangkat sel-sel kulit mati, sekaligus membersihkan debu dan kotoran yang menempel di badan. Setelan itu digunakan masker badan untuk pencerahan atau whitening.

·       Akupunktur, merupakan ilmu pengobatan dari timur yang menggunakan jarum halus atau laser yang ditujukan langsung ke titik-titik tertentu pada tubuh, yang dapat digunakan sebagai kesehatan, kecantikan dan pelangsingan. Salah satu fungsinya adalah memperbaiki metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang bagus maka kulit pun akan menjadi cerah. Akupunktur ini sebaiknya dilakukan seminggu dua kali.

·      PRP (platelet rich plasma). Setelan kulit tubuh bersih alangkah bagusnya dikombinasikan dengan treatment PRP, yaitu treatment yang dilakukan dengan cara diambil darahnya terlebih dahulu kurang lebih 5cc per area. Setelah itu darah yang sudah diambil dimasukkan ke dalam tabung khusus dan akan menghasilkan stemcell dari diri sendiri. Stemcell yang dihasilkan kemudian akan diaplikasikan ke tubuh atau bagian yang akan dicerahkan. Sekali treatment sebenarnya Sudah mendapatkan hasil, tetapi sebaiknya treatment PRP ini dilakukan seminggu sekali untuk hasil yang lebih memuaskan, yaitu kulit cerah, bersih dan bersinar (glowing). Setelah beberapa kali treatment, hasilnya kulit terlihat cerah. Meski demikian sebaiknya tetap melakukan maintenance 1-3 bulan sekali.

2. Cryolift
Treatment terbaru untuk perawatan antiaging, sekaligus untuk mencerahkan kulit wajah adalah Cryolift. Dijelaskan oleh dr. Sonya Go, cryolift mengombinasikan antara Cryotherapy dan light therapy untuk penetrasi produk perawatan antiaging ke dalam kulit yang lebih baik. Produk serum yang digunakan mengandung berbagai macam vitamin, mineral, asam amino dan antioksidan, yang memperbaiki fungsi sel kulit, meningkatkan produksi kolagen, melembabkan dan mencegah radikal bebas sehingga memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit dan memperbaiki kulit yang kusam.

Treatment diawali dengan peeling menggunakan glycolic acid untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga serum yang digunakan untuk menutrisi kulit dapat masuk ke dalam lapisan kulit lebih dalam. Sesudah itu, masuk tahapan penggunaan alat cryolift yang mengkombinasikan cryotherapy dan light therapy. Cryotherapy berfungsi untuk menurunkan temperatur kulit dan mentransfer energi dingin ke lapisan kulit lebih dalam.

Mesin ini menggunakan energi dingin dengan temperatur yang stabil antara -10C hingga -18 C dan langsung diaplikasikan pada kulit bersamaan dengan pemberian serum untuk menutrisi kulit. Pengaturan suhu pada kulit menyebabkan terjadinya penyempitan dan pelebaran pembuluh darah sedemikian rupa sehingga menimbulkan efek pompa pada pembuluh darah dan produk perawatan kulit akan didistribusikan di dalam kulit dengan lebih baik.


Selanjutnya digunakan alat light therapy yang menggunakan teknologi LED (Light Emitting Diode). Dengan empat jenis cahaya yaitu biru, hijau, kuning dan merah. Berdasarkan urutan dalamnya penetrasi kulit, cahaya biru bekerja di lapisan kulit paling superfisial dan cahaya merah dapat menembus lapisan kulit paling dalam.

Sumber : Info Kecantikan

0 komentar:

Post a Comment