Thursday, June 20, 2013

Segar Dan Bugar Dengan Mengonsumsi Vitamin C

Tubuh membutuhkan nutrisi yang   cukup. Selain makanan dan minuman Vitamin C bisa berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Apa saja manfaat Vitamin C?

Sering kali kita lalai akan pentingnya kesehatan bagi tubuh. Dengan mengenal kandungan gizi yang masuk ke dalam tubuh, tampaknya lebih mempermudah seseorang untuk menjaga kesehatan.

Manfaat. Salah satu jenis vitamin yang sangat dianjurkan bagi tubuh adalah Vitamin C, yang antara lain bisa didapatkan dari buah maupun sayuran yang fungsinya mampu menangkal radikal bebas ekstraseluler. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin maka akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai serangan penyakit ringan seperti sariawan dan flu. Dengan demikian, vitamin C sangat tepat dijadikan solusi untuk mencapai kebugaran dan kesegaran tubuh.

Menurut Dr dr. Maya Surdjaja, MS, SpGK dari Sub Departemen Gizi RSAL Mintohardjo, makanan yang dikonsumsi setiap hari sebenarnya sudah mengandung vitamin C, agar mendapatkan nilai gizi yang seimbang untuk tubuh, makanan tersebut harus sesuai dengan kebutuhan kalori tubuh. Jika tidak mendapatkan jumlah vitamin C yang cukup, maka berbagai penyakit yang menyerang sistem imunitas akan lebih mudah masuk, seperti flu, demam dan sariawan. Vitamin C mudah ditemukan dalam berbagai produk suplemen, balk bentuk tablet maupun pil. Selain dalam bentuk vitamin C juga bisa ditemukan dalam sayur-sayuran dan buah-buahan.

Lebih lanjut Dr. Maya menjelaskan, kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin, kondisi psikologis, atau banyaknya aktivitas seseorang. Namun, setiap orang bisa mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dengan mengonsumsinya dalam jumlah kecil dan sering. Hal ini jauh lebih efektif karena vitamin C akan berada di dalam tubuh secara berkelanjutan. Tubuh yang memiliki asupan vitamin yang cukup akan terhindar dari infeksi dan menjadikan tubuh terlihat lebih fit.

Dr. Maya menambahkan, berdasarkan hasil penelitian seseorang yang mengonsumsi vitamin C secara teratur dengan dosis yang dianjurkan dapat menjaga tubuh dari kerusakan polutan akibat obat dan asap rokok. Menyuplai energi sehingga mampu menciptakan pembuluh darah yang sehat dan risiko penyakit jantung dapat dihindari karena tidak ada penyumbatan dalam arteri.

Hal senada juga disampaikan dr. David Fajar Putra, MS.SpGK dari RS Pondok Indah Jakarta Selatan. Menurutnya, Vitamin C merupakan antioksidan, yang berfungsi untuk menangkap radikal bebas sehingga tidak merusak sel-sel di dalam tubuh dan bermanfaat dalam pembentukan kolagen. Pada sistem pertahanan tubuh atau sistem imunitas Vitamin C juga dibutuhkan dan sangat bermanfaat pada waktu terjadinya infeksi. Selain itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit serta membantu penyembuhan sehingga tubuh terasa lebih fit.

Fungsi lain vitamin C, yakni menetralkan racun di dalam darah. Juga menjaga kesehatan paru-paru karena dapat menetralkan radikal bebas yang masuk melalui saluran pernapasan. Vitamin juga dapat meningkatkan fungsi sel darah putih atau leukosit yang berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh, meregenerasi Vitamin E sehingga bisa dipakai lagi dan berfungsi sebagai antioksidan.

Konsumsi. Lebih lanjut, dr. David menerangkan, setiap orang mempunyai kadar kebutuhan vitamin C yang berbeda. Menurut data, seorang perokok dan peminum minuman keras perlu 4-10 gram vitamin C per hari. Kebiasaan ini menghilangkan 25% Vitamin C dalam darah. Sedangkan seseorang yang memiliki gaya hidup sehat memerlukan vitamin C lebih dari 1-3 gram per hari. Sebagian besar vitamin C didapatkan dari buah dan sayuran.

Sebagai contoh jeruk mengandung sekitar 65 mg vitamin C, buah jambu biji bisa mencapai 180 mg. Kemudian untuk menjaga vitalitas tubuh sebaiknya konsumsi buah kiwi, kandungan vitamin pada buah kiwi adalah 100 miligram. Selain berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung dan hipertensi kiwi juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh. Selain buah, sayur-sayuran seperti brokoli juga bermanfaat menjaga agar tubuh tetap fit. Brokoli mampu merawat kulit dan mencegah anemia atau kekurangan darah. Zat yang terkandung dalam brokoli dapat meningkatkan sel darah sehingga tubuh tidak mudah lelah dan lemas.

Saat konsumsi vitamin C dianjurkan agar mengikuti saran dari dokter. Hati-hati penggunaan dosis yang tinggi apalagi perut dalam keadaan kosong atau belum makan karena dapat menyebabkan gangguan pada lambung. Perut akan terasa sakit sampai akhirnya mengakibatkan diare. ”Konsumsilah vitamin C sesuai dengan kebutuhan dan tidak perlu berlebihan, kecuali atas saran dokter” ujar dr David. Ramdoni Wahid


Sumber : Tabloid Femme

0 komentar:

Post a Comment