Friday, June 14, 2013

Mengatasi Efek Samping Produk Pencerah Kulit


Banyak wanita yang menginginkan kulitnya terlihat putih, karena itu mereka menggunakan produk-produk pemutih tanpa meneliti kandungan di dalamnya. Meski awalnya memberikan hasil yang cepat, namun lama-kelamaan justru timbul efek samping seperti iritasi pada kulit. Bagaimana mengembalikan kondisi kulit?


Banyak orang yang memilih menggunakan produk-produk pemutih kulit yang ada di pasaran, tanpa memperhatikan kandungannya. Alhasil setelah mendapatkan kulit putih, lama-kelamaan timbul efek samping. Ika Siska, beautician mengatakan jika produk yang digunakan tidak cocok dengan jenis kulit atau krimnya terlalu keras, bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi, kulit terkelupas dan kulit sensitif. Dan jika terkena paparan sinar matahari akan membuat kulit menjadi kemerahan atau bahkan menghitam.

Cermat Memilih Produk. Sebaiknya Anda cermat memilih produk yang tidak ada merkurinya. Dijelaskan oleh dr. Sarah E. Hutapea, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, produk pencerah yang mengandung merkuri cepat mengubah warna kulit menjadi cerah dan umumnya tidak terdaftar di dalam BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Begitu pula produk pencerah yang mengandung hidrokinon dengan konsentrasi tinggi juga tidak dianjurkan, namun jika kadarnya rendah, 2-4 persen, masih diperbolehkan dengan pengawasan dokter.

Menurut lka sebaiknya sebelum krim digunakan tes terlebih dulu pada bagian-bagian tertentu kulit dan lihat perubahan yang terjadi pada kulit dalam waktu 2-3 hari. Jika timbul rasa panas dan gatal, timbul beruntusan, sebaiknya hentikan pemakaian.

Mengembalikan Kondisi Kulit. Menurut dr. Sarah, jika penggunaan produk yang salah sudah menimbulkan efek samping sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Treatment yang biasa diberikan adalah treatment antiinflamasi atau kortikos steroid, tergantung masalah kulit. Lalu gunakan moisturizer atau body lotion dengan SPF tinggi untuk mengembalikan kelembaban kulit akibat salah pemakaian produk, minum vitamin A,C, D dan E untuk mendapatkan asupan antioksidan yang bagus untuk kulit. 

Selain itu, hindari makanan yang kurang sehat seperti makanan yang mengandung pengawet, serta sebaliknya memperbanyak makan sayur-sayuran hijau dan buah-buahan, hindari stres berlebihan, hindari merokok dan polusi, serta olahraga seminggu sekali.

Menurut Ika Anda bisa melakukan treatment kombinasi antara massage, rendam susu dan rempah. Tahapannya adalah tubuh dibaluri minyak zaitun, lalu tubuh di-massage selama satu jam agar peredaran darah lancar lalu mandi susu untuk mengangkat sel-sel kulit mati, melembutkan kulit, mencerahkan kulit, serta mengembalikan kondisi kulit yang iritasi akibat pemakaian produk pencerah yang tidak tepat.

Selanjutnya adalah berendam dengan rempah-rempah untuk mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh, melancarkan peredaran darah dan membuat kulit lebih sehat. Sebaiknya treatment dilakukan seminggu sekali agar hasilnya optimal. Suciati 

Sumber : Info Kecantikan

0 komentar:

Post a Comment