Thursday, January 16, 2014

Punggung Kaki Cerah Dengan Peeling dan Foot Spa

Terkadang tanpa disadari kulit punggung kaki Anda hitam karena sering terpapar sinar matahari, meski kulit wajah dan tangan cerah. Kulit punggung kaki memang sering diabaikan perawatannya sehingga cenderung lebih gelap dan kering. Tentu jika memakai sepatu terbuka penampilan kulit punggung kaki terlihat tidak menarik. Lalu bagaimana mengatasinya?

Wanita yang gemar memakai sepatu terbuka di bagian punggung kaki, baik itu flat shoes, high heels ataupun sandal, dan sering beraktivitas di bawah terik matahari rentan mengalami masalah kulit belang. Tentu kulit punggung kaki yang lebih gelap dibandingkan kulit bagian tubuh lain membuat Anda tidak percaya diri. Apalagi biasanya punggung kaki terlihat jelas lebih gelap ketika Anda memakai hot pants atau rok pendek, yang dipadu dengan sepatu atau sandal terbuka.

Dijelaskan oleh dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK, MHA, dokter spesialis kulit dan kelamin, punggung kaki menjadi hitam karena area tersebut terbuka dan sering terpapar sinar matahari. Selain itu, terkadang seseorang  tidak sadar menggaruk punggung kaki sehingga warna punggung kaki menjadi tidak rata. Di samping itu, ketebalan kulit di punggung kaki lebih tebal dibandingkan kulit di telapak kaki.

Mencerahkan. Belang yang terdapat di punggung kaki juga tergantung pada pigmen di lapisan kulit. Jika kulit gelap masih pada lapisan kulit atas maka lulur dapat mencerahkan. Tetapi jika kulit gelapnya sudah sampai lapisan dalam, pada lapisan epidermis bahkan mencapai lapisan dermis maka lulur tidak akan membuat perubahan. Jika kondisi kulit gelapnya sudah mencapai lapisan paling dalam, lulur hanya sekadar membuat kulit lebih bersih.

Nah, kulit gelap yang sudah mencapai lapisan dalam, cara mencerahkannya dengan obat-obatan atau krim-krim yang mencerahkan. Bahan-bahan yang dapat mencerahkan adalah hidrokinon. Tetapi penggunaan hidrokinon harus di bawah pengawasan dokter jika kadarnya lebih dari dua persen, karena bisa menimbulkan efek samping seperti kemerahan.

Cara lain yang dapat mencerahkan kulit punggung kaki adalah krim yang mengandung bahan aktif seperti azaleic acid, kojic acid, dan niacinamide. Bisa juga menggunakan krim yang mengandung bahan seperti arbutin, mulberry extract, licorice extract dan tranexamic acid. Begitu pula bahan-bahan yang mengandung retinol juga dapat digunakan Retinol dapat mengelupaskan kulit bagian atas terlebih dulu, lalu zat-zat untuk mencerahkan masuk ke lapisan kulit paling bawah. Body lotion selain untuk melembabkan kulit, juga dapat mencerahkan kulit karena saat ini banyak body lotion yang mengandung SPF (sun protection factor). Agar kulit lembab dan cerah, sebaiknya body lotion digunakan setelah mandi. Setelah lima menit menggunakan body lotion, Anda dapat mengoleskan tabir surya atau sunblock, terutama ketika akan beraktivitas di luar ruangan untuk mencegah pengaruh buruk sinar matahari.

Sebaiknya body lotion ini dioleskan tidak hanya di bagian punggung kaki yang ingin Anda cerahkan. Tetapi oleskan juga body lotion di bagian kulit lainnya yang tidak tertutup busana seperti wajah, leher, lutut, tangan dan siku agar warna kulit tidak belang. Agar punggung kaki dan kulit yang terkena sinar matahari tidak terlalu belang, Sebaiknya gunakan Sunblock SPF 15 atau di atas 20 ketika akan beraktivitas di luar ruangan. Anda juga bisa menggunakan kaus kaki dengan warna cerah, warna hitam agar sinar matahari yang masuk ke dalam kulit sedikit, serta warna putih dapat memantulkan sinar matahari.

Ditambahkan oleh dr. Desi Natalia, Selain melindungi kulit punggung kaki dengan moisturizer dan menggunakan Sunblock, sebaiknya melakukan perawatan lain agar warnanya tetap cerah. Treatment yang dapat dilakukan adalah treatment peeling, foot spa serta manicure-pedicure. Untuk mencerahkan kulit di punggung kaki, treatment peeling kaki bisa dilakukan 3-4 kali seminggu, tergantung kondisi kulit di punggung kaki.

Tahapan treatment peeling kaki diawali dengan membersihkan kulit di punggung kaki, kemudian di-peeling menggunakan bahan AHA (alpha hydroxyl acid) dan TCA (treechloroacetic acid) yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Sekali treatment hasilnya sudah terlihat, tetapi sebaiknya dilakukan secara rutin. Jika hasilnya sudah didapat bagus, maka treatment peeling kaki cukup dilakukan sebulan sekali, mengikuti regenerasi sel-sel kulit selama 28 hari. Namun perlu diingat, jika treatment ini tidak rutin lagi dilakukan maka kulit di punggung kaki akan kembali menghitam. Biaya peeling kaki sekitar Rp 200-300 ribu.

Sementara foot spa dilakukan dengan scrubbing untuk memudarkan warna kulit punggung kaki yang belang. Tahapan foot spa seperti spa pada umumnya yang diawali dengan pembersihan kaki, sesudah itu kaki di-scrubbing menggunakan scrub beras merah yang bermanfaat sebagai antiaging dan mencerahkan kulit. Sekali foot spa sebenarnya kulit sudah terlihat lebih cerah, tetapi untuk hasil yang memuaskan sebaiknya rutin dilakukan 1-2 minggu sekali. Untuk treatment foot spa dan spa tubuh biayanya berkisar Rp 300-400 ribu.

Treatment manicure dan pedicure juga bisa menjadi pilihan. Untuk kaki saja biasanya dilakukan pedicure yang berfungsi untuk mencerahkan punggung kaki, serta mengatasi masalah telapak kaki yang menebal. Biasanya untuk pedicure digunakan scrub whitening, batu apung serta sikat yang dapat mengikis sel-sel kulit mati di sekitar kaki. Selama menjalani treatment ini kaki biasanya di-massage untuk melancarkan aliran darah, serta digunakan minyak atau pelembab untuk melembabkan kulit.


Di samping menjalani treatment-treatment tersebut, sebaiknya Anda di rumah juga menggunakan body lotion yang mengandung whitening. Selain itu, tidak terlalu lama menggunakan sepatu atau sandal karena membuat kaki menjadi lembab dan berkeringat yang menyebabkan kutu air. Untuk itu, pilih alas kaki yang sesuai dengan ukuran. Tak hanya itu, jika beraktivitas di luar ruangan sebaiknya perbanyak menggunakan lotion, melindungi kulit dengan kaus kaki, serta pola hidup dan pola makan yang sehat, dan banyak minum air putih dan istirahat yang cukup. Suciati (Info Kecantikan)

2 komentar:

  1. Dimana saya bisa melakukan treatment nya ya?

    ReplyDelete
  2. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66 (NEW)
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    ReplyDelete