Saturday, January 11, 2014

Masker Dadih Membuat Wajah Cerah

Mungkin Anda tak familier dengan dadih, yang merupakan yoghurt khas Indonesia tepatnya dari daerah Minangkabau. Dadih tak hanya lezat diminum karena rasanya yang mirip yoghurt, tetapi juga dapat mencerahkan dan mengenyalkan kulit, serta membuat kulit terlihat awet muda. Lalu bagaimana cara penggunaannya?

Dadih susu tak hanya nikmat diseruput kala santai, ataupun dijadikan teman sarapan dengan emping dan gula merah serta lauk pendamping nasi, tetapi juga bisa dijadikan masker. Rasa dadih seperti yoghurt, sehingga bisa dibilang dadih adalah yoghurt khas Minangkabau yang terbuat dari susu kerbau. Dadih juga bisa dibuat dari susu sapi segar, susu domba, susu kambing yang difermentasikan seperti yoghurt (susu yang dikentalkan).

Jika diminum, manfaat dadih seperti yoghurt yaitu dapat melancarkan pencernaan dan buang air besar. Selain itu, dadih juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah kanker usus dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, dadih mengandung bakteri baik yaitu asam laktat (Lactobacillus casei) yang berpotensi sebagai probiotik. Asam laktat di dalam dadih berperan dalam pembentukan tekstur dan cita rasa.

Mencegah Penuaan. Namun jika dioleskan sebagai masker, dadih bermanfaat untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan seperti vlek hitam, kulit kusam dan kendur. Karena itulah dadih kerap ditambahkan ke dalam produk kecantikan. Namun, Anda pun bisa mencoba menggunakan masker dadih sendiri di rumah yang harganya sangat terjangkau kantung.

Dijelaskan oleh dr. lnggrid Tania, M.Si, dokter dan herbalis, dadih dapat mencerahkan kulit, menghaluskan Kulit dan membantu proses pengelupasan kulit karena mengandung antioksidan tinggi seperti flavonoid, AHA (alpha hydroxy acid) serta vitamin A, C dan E. Kandungan lactic acid dan vitamin Adi dalam dadih merupakan protein yang berguna dalam proses pembentukan kolagen.

Salah satu protein yang terdapat dalam dadih adalah jenis peptida sistein sebagai pencetus glutation yang merupakan antioksidan yang tersebar luas di dalam sel-sel tubuh. Namun, semua kandungan dalam dadih bisa mencerahkan kulit karena bersifat whitening dan antiaging. Karena itulah protein dadih yang berbentuk serbuk atau isolate whey protein powder sering digunakan dalam bentuk masker.

Masker Dadih. Untuk penggunaan perawatan kecantikan di rumah, dadih bisa digunakan sebagai masker. Nah sebelum memakai masker dadih Anda bisa membuat dadih sendiri di rumah. Caranya, susu kerbau murni sebanyak 250 ml (ukuran 1 gelas belimbing) dimasukkan ke dalam ruas bambu (bambu apel, bambu buluh atau bambu gombong) ukuran kecil yang sudah dibersihkan. Kemudian ruas bambu ditutup dengan daun pisang atau daun waru yang sudah dilayukan di atas api. Selanjutnya didiamkan dalam suhu ruangan (25-30 derajat Celcius) selama 48 jam atau dua hari.

Dengan bantuan mikroba yang ada di dalam bambu, maka air susu akan menggumpal menjadi semi padat seperti puding atau tahu putih. Proses pembuatannya seperti pembuatan yoghurt, yaitu jenis bakteri asam laktat digunakan untuk mengasamkan susu. Namun jika yoghurt dibuat dengan cara ditambahkan bakteri dari luar, dadih terbentuk secara alami dari bakteri yang ada di dalam bambu. Warna dadih putih kekuningan dan terasa asam. Rasa dari dadih seperti plain yoghurt, namun ada cita rasa pencampuran aroma susu dan bambu.

Setelah dadih jadi, maka Anda bisa menggunakan masker dadih. Biasanya dadih dicampurkan dengan oatmeal, madu, jus tomat, mentimun atau lidah buaya. Cara membuat masker dadih yaitu 1 sdt dadih kental, dicampurkan dengan 1 sdt oatmeal dan 1/2 sdt madu, lalu diaduk hingga rata. Sesudah itu masker dioleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Masker didiamkan selama 20 menit, selanjutnya masker dibersihkan dengan air hangat, lalu dibilas kembali dengan air dingin.

Cara lain dari pembuatan masker dadih adalah 1 sdt serbuk dadih (whey protein powder), 1 sdt jus tomat, 1 sdt oatmeal dan 1 sdt madu, diaduk hingga rata. Sesudah itu masker dadih dioleskan pada wajah dan didiamkan selama 20 menit, lalu dibilas dengan air hangat dan kemudian dibilas kembali dengan air dingin. Selain untuk wajah, masker dadih juga bisa digunakan untuk masker seluruh tubuh yang fungsinya untuk mencerahkan kulit seluruh tubuh. Caranya 1 sdm dadih dicampurkan serbuk mangir dan air mawar, lalu diaduk hingga rata. Sesudah itu, dioleskan dan didiamkan selama 30 menit. Sesudah itu dibilas hingga bersih.

Sekali menggunakan masker dadih, hasilnya kulit terlihat lebih cerah, halus dan kenyal. Tetapi untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya masker dadih digunakan seminggu dua kali. Jika dilakukan secara rutin, maka dalam sebulan hasilnya kulit semakin cerah dan halus. Jika masker dadih sudah digunakan selama tiga bulan, maka manfaat antiaging akan terlihat yaitu wajah semakin kencang. Jika sudah mendapatkan hasil, sebaiknya masker dadih tetap digunakan seminggu sekali. Masker ini cukup aman dan jarang ada keluhan iritasi Setelah pemakaian, kecuali jika kulitnya alergi susu dan   hipersensitif.

Kulit Kusam. Mengenai manfaat masker dadih, dr. i Ketut Sukarata, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin mengatakan masker dadih memang mengandung AHA dan antidioksidan sehingga membantu mencerahkan dan melembabkan kulit. Namun, pemakaian masker saja tidak terlalu efektif hanya mencerahkan pada lapisan atas saja. Karena itu untuk mendapatkan kulit yang cerah, halus dan awet muda, sebaiknya melakukan perawatan dari faktor penunjang lainnya. Selain itu, sebaiknya juga diimbangi dengan pemakaian krim yang mengandung whitening, Sunblock dan pelembab setiap hari agar kulit cerah dari dalam.
 
Secara umum, kulit kusam disebabkan pola hidup yang tidak sehat, terpapar sinar matahari secara langsung, makanan yang tinggi kalori serta lemak, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai, stres, minum minuman beralkohol, merokok, dan kurang minum air putih sehingga kulit terlihat lebih kusam. Untuk itu, sebaiknya hindari faktor penyebabnya dan mengubah gaya hidup serta tidur yang cukup. Dianjurkan juga untuk makan makanan yang kaya akan protein, gizi, vitamin dan mineral. Di samping itu, sebaiknya menghindari penggunaan krim yang tidak pada tempatnya dengan tidak memakai sembarangan krim yang dijual di pasaran.


Untuk mencegah agar kulit tidak terlihat kusam bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dimulai dari membersihkan wajah secara teratur dua sampai tiga kali sehari, pemakaian Sunblock dan moisturizer setiap hari. Selain itu sebaiknya juga memakai krim peremajaan kulit yang mengandung AHA, DHA, retinoid acid, vitamin C dan E, whitening, antioksidan dan anti-aging agar kulit tidak terlalu kusam. Hal lain yang perlu dilakukan adalah cukup minum air putih, makan sayur-sayuran dan buah-buahan, serta minum vitamin yang mengandung antioksidan untuk mengikat radikal bebas, olahraga ringan, hindari merokok dan minum minuman beralkohol, serta menjalani hidup sehat. Namun, agar hasilnya lebih efektif untuk mencerahkan wajah, perawatan harian bisa ditambahkan dengan facial oksigen dan masker dadih sehingga kulit tampak lebih cerah dan bersinar. Nailul Iffah (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment