Wednesday, January 22, 2014

Mengajarkan Kesederhanaan Pada Anak

Kesederhanaan merupakan nilai yang cukup penting untuk diperkenalkan kepada anak. Tujuannya agar anak dapat menyesuaikan diri dan tidak menjadi angkuh karena kemampuan finansial yang dimiliki orangtua. Dalam hal ini, peran orangtua sangat dibutuhkan untuk mendukung anak memiliki nilai kesederhanaan tersebut. Pertama, orangtua harus mengajarkan anak untuk tidak berlaku konsumtif dalam hidup. Kedua, anak belajar untuk menabung dalam jumlah kecil hingga besar. Tabungan bisa direalisasikan lewat celengan atau membuatkan rekening anak di bank. Ketiga, jika anak mulai merengek minta sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya orangtua tidak langsung menyetujui permintaan anak. Ajarkan anak mengenai prioritas kebutuhan yang harus dipenuni terlebih dulu dan arahkan anak untuk terus menabung jika ingin membeli atau mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Nilai kesederhanaan ini dapat diajarkan kepada anak sejak usia TK (taman kanak-kanak). Jika anak sudah terbiasa dari kecil, maka anak akan mengerti bahwa mencari uang merupakan hal yang tidak mudah dan dibutuhkan perjuangan, sehingga anak menjadi mengerti bahwa pola hidup sederhana merupakan sesuatu yang sangat indah. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan misalnya membuat karya, keterampilan atau mainan dari barang-barang bekas. Luangkan waktu bersama anak untuk mengerjakan karya-karya tersebut. Selain mengasah kreativitas, hubungan anak dan orangtua menjadi akrab satu sama lain.


Memasuki usia remaja, anak akan berhadapan dengan pergaulan atau lingkungan sosial. Tidak menutup kemungkinan anak akan terpengaruh dengan lingkungan sosial yang menawarkan pola hidup glamour Misalnya anak merasa malu karena tidak mempunyai gadget yang canggih seperti temannya. Di sini, orangtua harus terus membantu dan mengarahkan anak untuk menjaga nilai kesederhanaan. Komunikasi dua arah harus tetap dilakukan orangtua dan anak untuk mempertahankan prinsip anak pada pandangan hidup yang sudah dimiliki. Widi  (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment