Friday, January 31, 2014

Lemon Dan Kapur Sirih Putihkan Kulit di Daerah Lipatan

Daerah lipatan seperti selangkangan ataupun paha bagian dalam kerap berwarna gelap. Meski merupakan daerah tertutup. Bahan alami seperti lemon dan kapur sirih   yang mengandung antiseptik dan mengangkat sel-sel kulit mati, dapat mengembalikan kulit daerah lipatan yang gelap kembali cerah. Benarkah?

Tak hanya ingin wajah, tangan dan leher atau kulit yang terbuka yang terlihat putih, tetapi hampir semua wanita ingin kulit putihnya menyeluruh termasuk kulit bagian lipatan yang tertutup busana. Namun, kulit bagian lipatan seperti lipatan paha dan selangkangan biasanya terlihat lebih gelap atau hitam dibandingkan kulit bagian lainnya. Pasalnya, kulit daerah lipatan lebih lembab dan banyak orang yang tidak fokus membersihkan kulit daerah lipatan sehingga sel-sel kulit mati menumpuk dan memberikan efek hitam.

Untuk mencerahkan kulit daerah lipatan, bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami seperti jeruk lemon yang dicampur kapur sirih dapat membuat kulit di daerah lipatan seperti lipatan paha dan selangkah kembali cerah dan bersih. Bahkan, kuman-kuman pun ikut terkikis sehingga kulit di daerah lipatan kembali sehat.

Herbalis Catherine Eva Aza mengatakan, jeruk lemon mengandung vitamin C dan Bl, dan antioksidan serta mineral seperti magnesium, kalsium, asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, damar, glikosida, dan asam sitrus. Dengan kandungan tersebut maka jeruk lemon dapat membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati pada daerah lipatan, sekaligus meregenerasi sel-sel kulit baru. Sementara kapur sirih bermanfaat sebagai antiseptik untuk menghilangkan efek bau pada lipatan kulit yang jarang dibersihkan, kapur sirih juga bermanfaat untuk membersihkan kotoran pada kulit lipatan seperti lipatan paha dan selangkangan.

Dikombinasi. Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka jeruk lemon dicampurkan dengan kapur sirih. Cara membuatnya, dua buah jeruk lemon dicuci hingga bersih, lalu airnya diperas. Sesudah itu air jeruk lemon ditambahkan 1 sdm air kapur sirih, kemudian diaduk rata. Setelah tercampur secara rata, oleskan pada lipatan paha atau selangkangan, lalu didiamkan selama 15 menit hingga mengering. Jika sudah kering maka dibilas dengan air bersih tanpa sisa.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, sebaiknya campuran jeruk lemon dan kapur sirih digunakan secara rutin tiga Kali seminggu. Setelah dua minggu hasilnya akan terlihat yaitu kulit di daerah lipatan paha dan selangkangan akan cerah. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya diimbangi dengan perawatan sehari-hari seperti mandi dua kali sehari, serta menggosok bagian kulit lipatan hingga bersih. Tidak ada efek samping dari pemakaian jeruk lemon dan kapur sirih karena semuanya adalah bahan-bahan alami.

Dr. RA. Putri Ambarani, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin mengatakan jeruk lemon memang bisa mencerahkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati karena kandungan vitamin C-nya tinggi. Namun, penggunaan kapur sirih tidak dianjurkan karena bisa menimbulkan efek panas pada kulit jika pemakaiannya terlalu berlebih. Untuk itu, sebaiknya perasan jeruk lemon dicampurkan dengan yoghurt atau madu agar lebih aman serta menghindari terjadinya iritasi pada kulit.

Kulit Lipatan Lebih Hitam. Kulit di daerah lipatan umumnya berwarna lebih gelap atau hitam karena beberapa faktor. Salah satunya pigmentasi karena genetik, pemakaian celana yang terlalu ketat, gesekan yang terlalu kuat, tumbuhnya rambut di kelamin tempat pigmen lebih banyak sehingga area kulit tersebut lebih gelap. Mandi yang tidak bersih serta kurang memerhatikan daerah lipatan juga membuat kulit mati menumpuk sehingga kulit menjadi gelap. Begitu pula jika sering memakai scrub bisa membuat iritasi dan kemudian timbul pigmentasi.

Untuk mengatasinya adalah mengurangi penyebabnya, seperti menghindari pemakaian scrub yang berlebihan. Jika ingin memakai scrub maka cukup digunakan seminggu tiga kali dan gosok secara perlahan-lahan pada bagian lipatan. Ada banyak scrub yang dapat mencerahkan kulit daerah lipatan seperti scrub lemon, bengkuang, mentimun, kentang, dan beras. Bahan-bahan tersebut mengandung vitamin C sehingga sel-sel kulit mati terangkat dan memudahkan regenerasi sel-sel kulit baru.

Cara lain yang dapat digunakan adalah mengoleskan krim yang sesuai dengan resep dokter karena kulit daerah lipatan lebih sensitif dari kulit pada umumnya. Biasanya bahan-bahan tersebut mengandung sari buah-buahan, AHA (alpha hydroxy acid) dan asam retinoid yang ringan. Sebaiknya jangan sembarangan menggunakan krim pemutih karena jika salah memilih bisa menimbulkan efek iritasi dan kemerahan, lalu kemudian kulit justru menghitam.

Krim pencerah yang hanya mengandung vitamin bisa dioleskan pada daerah lipatan dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Namun, jika krim tersebut mengandung asam retinoid, sebaiknya cukup dioleskan sehari sekali pada malam hari menjelang tidur. Hasilnya akan diperoleh setelah empat minggu menggunakan krim pencerah yang mengandung vitamin. Sementara jika menggunakan krim pencerah yang mengandung asam retinoid hasilnya didapat dalam waktu dua minggu.


Sementara untuk treatment-nya bisa menggunakan mikrodermabrasi dan chemical peeling, yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Hasilnya dari treatment ini akan didapat jika dilakukan dua kali dalam sebulan Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya hindari juga faktor pemicu kulit daerah lipatan menjadi gelap. Sebaiknya juga rutin mandi dengan sabun dan scrub yang cocok dengan jenis kulit. Nailul lffah (Info Kecantikan)  

0 komentar:

Post a Comment