Wednesday, January 1, 2014

Mengatasi Rambut Kering Yang Susah Diatur

Masalah rambut kering, apalagi rambut yang susah diatur dan mengembang memang sangat mengganggu. Untuk mengatasinya maka harus diketahui penyebab masalah rambut kering terlebih dulu. Ada beberapa sebab rambut menjadi kering karena terkena paparan sinar matahari yang terlalu panas dan tidak menggunakan penutup kepala. Jika aktivitas Anda banyak di luar ruangan atau di lapangan seperti saat di pantai, yang sering terpapar sinar matahari maka rambut cenderung menjadi kering.

Penyebab lain dari rambut kering adalah sering menggunakan zat kimia pada rambut, misalnya mewarnai rambut dan mengeriting rambut. Di samping itu, terkena zat klorin dari kolam renang ataupun air panas dan sering menggunakan sampo yang tidak sesuai juga bisa membuat rambut kering. Tak hanya itu, bila setiap mengeringkan rambut Anda menggunakan hairdryer dan alat lainnya seperti hot roller, juga membuat rambut kehilangan kelembabannya.

Selain masalah dari luar, kondisi tubuh akibat pola hidup yang tidak sehat sehingga tubuh kekurangan nutrisi, juga membuat rambut tidak sehat. Meski efeknya tidak secara langsung seperti dari luar, tetapi efek dari dalam tubuh juga sangat berpengaruh.

Nah, apakah selama ini Anda memperlakukan rambut yang justru membuat rambut menjadi kering. Jadi untuk mengatasi rambut kering dilihat berdasarkan penyebabnya. Jika penyebabnya karena sering terkena panas dari sinar matahari, maka sebaiknya melindungi rambut dengan menggunakan topi. Sementara jika penyebabnya karena penggunaan hair dryer dan hot roller maka mengurangi penggunaan hair dryer dan hot roller dengan suhu yang terlalu panas. Selain itu, hindari juga pemakaian zat kimia yang terlalu sering seperti sering melakukan pewarnaan rambut.

Untuk perawatan rambut sebaiknya Anda menggunakan sampo dan kondisioner yang cocok untuk jenis kulit kering. Sebaiknya juga rutin menggunakan masker rambut, seperti masker alpukat dan masker minyak zaitun. Alpukat mengandung vitamin A, B6 dan E, sementara minyak zaitun mengandung antiinflamasi, asam lemak jenuh dan vitamin E yang bagus untuk rambut kering.

Anda bisa menggunakan masker rambut ini sendiri di rumah. Caranya, kedua bahan tersebut disiapkan, lalu dioleskan pada seluruh batang rambut. Diamkan selama beberapa menit, atau sekitar 15 menit, lalu rambut dibilas dengan air bersih. Jika dilakukan rutin, minimal sebulan sekali maka rambut kering akan menjadi lebih lembab. Jika rambut sangat kering, sebaiknya rutin menggunakan serum untuk rambut kering. Meski demikian sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli rambut agar perawatan untuk rambut kering lebih baik dan tepat.


Perawatan lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan treatment creambath di salon, agar hasilnya sangat baik ketika akan creambath sebaiknya pilih masker atau krim creambath yang mengandung alpukat dan minyak zaitun, yang dapat melembabkan rambut sehingga rambut tidak kering. Sebaiknya treatment creambath ini dilakukan rutin sebulan sekali. Palupi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment