Friday, January 24, 2014

Mengatasi Masalah Sulit Tidur

Kebiasaan tidur yang   kurang sehat seperti masalah   sulit tidur sangat mengganggu penderitanya, apalagi jika masalah tersebut berulang setiap malam. Masalah   yang disebut insomnia ini bisa dialami siapa pun, baik orang muda ataupun orangtua. Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi bisa disebabkan karena penyakit tertentu seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, sering minum kopi, stres, kurang olahraga, serta kebiasaan pola tidur yang kurang baik. Pola tidur yang kurang baik dan harus diubah seperti malam hari sulit tidur tetapi siang hari selalu tidur.

Nah jika ternyata penyebab sulit tidur karena hipertensi, maka yang perlu dilakukan adalah mengobati hipertensinya. Jika penyebab kurang tidur karena kebiasaan merokok dan minum kopi, yang mengandung nikotin dan kafein, maka sebaiknya pada malam hari sebelum tidur tidak merokok dan tidak minum kopi. Jika sulit tidur karena stres sebaiknya sebelum tidur merelaksasikan tubuh dan pikiran dengan olahraga yoga dan meditasi. Jika olahraga yoga dan meditasi dilakukan rutin 2-3 kali seminggu, maka akan ada perubahan yang didapat.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan makan buah pala. Buah pala ini dipercaya menjadi obat penenang alami bagi mereka yang sulit tidur atau insomnia. Pasalnya, buah pala mengandung minyak atsiri, kamfen zat pembius alami, saponin, myristin, elemisi, dipenten, enzim lipase, pektin, lemonena, pinen safrol, eugenol, dan asam oleanolat sangat baik untuk kesehatan. Buah pala juga mengandung zat aromatik dapat memberikan efek kantuk sehingga dapat dipakai sebagai obat tidur.

Untuk mengatasi masalah insomnia, maka sediakan beberapa buah pala yang sudah dibersihkan terlebih dahulu kemudian rebus dengan air secukupnya sampai mendidih. Rebusan buah pala ini sebaiknya diminum dalam keadaan hangat dua jam sebelum tidur. Jika ada perubahan yang signifikan lakukanlah secara rutin. Tidak ada efek samping berbahaya setelah minum buah pala, justru yang didapat hanya rasa kantuk dan relaks setelan meminumnya.

Di samping itu, akupunktur dapat digunakan untuk mengatasi susah tidur. Untuk mengatasi insomnia, maka jarum akupunktur ini ditusuk pada titik tertentu yang terdapat gangguan kesehatan. Namun tidak cukup sekali akupunktur, karena efek yang didapat setelah rutin akupunktur seminggu dua kali. Setelah rutin dilakukan selama sebulan maka akan ada perubahan.


Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan menyembuhkan beberapa penyakit seperti mengatasi susah tidur atau insomnia, ternyata akupunktur digunakan untuk kecantikan. Semua tidak akan efektif jika penunjang lain tidak dilakukan secara bersama seperti pola hidup sehat dengan olahraga, istirahat cukup, tidak merokok dan tidak minum kopi di malam hari saat begadang, serta menghindari pemicu lain yang mengakibatkan stres pikiran. Palupi (Info kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment