Tuesday, January 21, 2014

High Heels Sebabkan Rematik?

Rematik adalah penyakit yang menyerang sendi dan daerah sekitarnya. Rematik dapat disebabkan oleh banyak hal, tergantung pada jenis rematiknya. Namun demikian, rematik paling banyak disebabkan oleh pengapuran pada badan sendi yang merupakan bantalan di antara dua atau tiga tulang. Pengapuran ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah degenerasi atau penuaan. Pada lanjut usia, sekitar usia lebih dari 70 tahun, ditemukan setldaknya 60-70 persen mengalami pengapuran.

Sementara pengapuran disebabkan oleh degenerasi dan beban yang berlebih pada sendi. “Beban berlebih ini dapat disebabkan oleh berat badan yang berlebih atau bentuk tubuh yang tidak proporsional. Bentuk tubuh yang tidak proporsional seperti bentuk tubuh segi tiga, yaitu besar di bagian atas dan kecil pada bagian kaki, dapat memberikan bobot berlebih pada sendi lutut, apalagi bila orang tersebut memiliki kelebihan berat badan. Selain itu, aktivitas naik dan turun tangga juga dapat mempercepat terjadinya pengapuran pada sendi. Saat menaiki tangga, berat badan atau bobot pada lutut dapat meningkat hingga dua sampai tiga kali berat normal. Sedangkan pada saat menuruni tangga dapat meningkat menjadi empat hingga lima kali bobot normal.

Pemakaian high heels yang terlalu sering dikatakan dapat menyebabkan rematik karena struktur sepatu yang membuat bobot tubuh bertumpu secara tidak merata, yaitu hanya pada sendi lutut, tumit, serta ujung kaki. Dengan demikian, bobot pada sendi-sendi tersebut lebih besar dibandingkan biasanya. Hal ini dapat menyebabkan menipisnya bantalan pada sendi atau mungkin permukaannya menjadi tidak rata, sehingga bantalan menjadi rusak. Bantalan ini sendiri memiliki fungsi sebagai peredam kejut saat tulang dengan tulang beradu ketika melakukan gerakan. Tulang yang saling beradu ini kemudian dapat menyebabkan peradangan pada sendi karena meluasnya kerusakan pada berbagai komponen jaringan di seputar sendi.


Penyakit rematik tidak dapat dicegah, hanya dapat dihambat perkembangannya. Dikarenakan salah satu penyebabnya adalah degenerasi atau penuaan, maka besar kemungkinan setiap orang dapat terkena penyakit rematik ini. Cara yang dapat digunakan untuk menghambat penyakit ini adalah dengan menjaga berat badan dan mengurangi penggunaan high heels. Anindya (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment