Tuesday, January 21, 2014

Make Up Cerdas Sesuai Bentuk Wajah

Make up menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi kaum hawa. Selain mempercantik wajah, make up juga dapat digunakan untuk menutup bagian wajah yang lebih dan memperlengkap bagian wajah yang kurang menjadi menarik. Untuk menyempurnakan penampilan tentu saja penggunaan make up harus disesuaikan dengan bentuk wajah agar terlihat pas dan sesuai. Seperti apa?

Make up tak hanya berfungsi untuk merias wajah, tetapi memegang peranan penting dalam menutupi kekurangan wajah seperti komedo, vlek hitam, jerawat serta kerutan yang ada pada wajah. Tidak hanya itu, make up mampu mengubah wajah tampak berbeda dari aslinya. Dengan teknik yang tepat menggunakan make up sesuai dengan bentuk wajah, maka tampilan wajah akan terlihat lebih cantik sempurna.

Sesuai dengan fungsinya, make up dibagi menjadi beberapa jenis. Menurut Jacky Timurtius, make up artist dan hairstylist, make up memiliki empat jenis yang memiliki fungsi yang berbeda. Pertama, make up cantik yang berfungsi untuk mempercantik wajah agar terlihat lebih sempurna. Kedua, make up korektif yang berfungsi untuk menutupi kerutan, membuat penampilan hidung menjadi terlihat mancung, serta membuat glitter gambar pada bagian kanan dan kiri mata, serta alis.

Ketiga, make up fantasi yang berfungsi untuk membentuk wajah seperti tampilan burung dan kupu-kupu, namun masih terlihat cantik dan berkarakter. Keempat, make up karakter adalah make up untuk menonjolkan karakter tertentu. Misalnya, karakter wajah berbentuk bibir yang ada resleting atau karakter seperti zombie. Meski ada beberapa jenis make up dengan fungsi yang berbeda, namun menurut Michael Zimbalist, make up artist dan hairstylist, make up yang sering digunakan adalah make up cantik dan make up fantasi. Make up cantik bisa dipakai saat pagi hari, siang dan malam hari. Sedangkan make up fantasi biasanya digunakan di malam hari karena lebih menonjolkan karakter tertentu, tetapi tetap terlihat cantik. Kedua make up ini bisa digunakan pada semua bentuk wajah baik oval, kotak, bulat dan lonjong. Namun, dalam make up diperlukan untuk mengubah wajah dengan shading dan highlight tergantung koreksi wajah yang akan dilakukan.

Sesuai Bentuk Wajah. Hal yang perlu diperhatikan saat memulai merias wajah, dianjurkan agar wajah dalam keadaan bersih terlebih dulu. Bersihkan wajah secara menyeluruh sampai ke leher dengan menggunakan pembersih wajah. Kemudian gunakan penyegar wajah seperti toner dan pelembab. Hal ini berfungsi agar hasil make up yang akan menempel pada wajah lebih maksimal. Selain itu, gunakan produk peralatan make up yang cocok dan disesuaikan dengan kulit wajah. Pikirkanlah make up yang diinginkan untuk membentuk wajah menjadi terlihat berbeda dan cantik saat digunakan pada pagi hari, siang dan malam hari. Pada dasarnya, pengertian make up sangat luas dan harus dipahami secara tepat tipe bentuk wajah dan kulit yang dimiliki seseorang. Setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda antara satu dengan yang lain. Untuk itu perlu cara yang tepat dalam melakukan make up sesuai dengan bentuk wajah agar terlihat alami dan cantik. Berikut beberapa tips: 

1. Bentuk Wajah Oval. Bagi pemilik bentuk Wajah oval, cukup mudah untuk membentuk dengan riasan wajah. Karena pada bagian dahi dan dagu yang proporsional tidak banyak koreksi pada wajah saat menggunakan make up. Namun, yang perlu diperhatikan dalam merias Wajah oval yaitu mengetahui teknik menggunakan make up yang tepat seperti pemilihan warna yang disesuaikan dengan warna kulit. Jika warna kulit kecokelatan, pilih blush on lebih muda dari warna asli kulit agar tampak alami. Pada wajah oval, tidak perlu menggunakan teknik shading dan highlight seperti pada bentuk wajah lainnya. Kecuali pemilik wajah oval memiliki hidung yang pesek, agar terlihat lebih mancung, diperlukan teknik shading dan highlight. Untuk wajah oval make up natural akan terlihat lebih cantik alami apalagi jika digunakan di pagi dan siang hari.

2. Bentuk Wajah Bulat. Pada wajah bulat sangat penting menggunakan permainan shading dan highlight. Karena pada wajah bulat, bagian rahang bawah bagian kanan dan kiri bentuknya sama lebar. Untuk membentuk wajah supaya terlihat ramping, ketika menggunakan foundation sebaiknya buat perbandingan warna yaitu dua sampai tiga tone. Misalnya warna merah satu, dua, tiga dan empat warna. Warna pertama paling terang, kedua agak gelap, ketiga lebih gelap dan ke empat paling gelap. Anda bisa memilih warna kedua dan keempat lalu dicampur agar menghasilkan tone warna ketiga. Cara ini membuat wajah menjadi lebih ramping. Saat permainan shading oleskan blush on pada bagian bawah rahang tulang pipi agar memberi kesan ilusi wajah. Sebaiknya gunakan warna lebih gelap dari warna kulit aslinya, baru memberi warna lebih terang pada bagian pipi bawah.

3. Bentuk Wajah Kotak. Bentuk wajah Kotak menonjol pada bentuk rahang. Untuk itu, tekanlah dengan teknik shading pada rahang dengan warna lebih gelap. Kemudian lakukan gradasi pada bagian atas rahang agar terlihat lebih tirus. Pilihlah warna yang lembut dan terang sesuai dengan warna kulit. Untuk membentuk area T pada wajah, hindari pemakaian make up yang terlalu berat atau menor, karena akan mempertegas bentuk wajah yang terlihat kotak.

4. Bentuk Wajah Panjang. Make up lebih fokus pada teknik shading. Karena bentuk wajah panjang pada bagian pipi samping hingga rahang perlu ditiruskan agar tidak terlihat panjang. Pertama, gunakan pada bagian tulang pipi bagian bawah, mulai dari pipi sampai mendekati hidung. Berhenti pada bagian pipi depan sampai ke bawah. Oleskan blush on di atas bagian shading menyamping ke bagian tulang pipi sampai ke bagian dekat telinga. Untuk warna, sama halnya dengan wajah kotak gunakan warna dasar lebih gelap. Kemudian warna lebih terang untuk keduanya dan pastikan antara bedak dan blush on tercampur agar make up sempurna.


5. Bentuk Wajah Persegi. Untuk bentuk wajah persegi, dimulai dari teknik shading banyak pada bagian pipi di bagian kanan, bagian kening dan dagu bagian bawah. Untuk mengoleskan blush on, pilihlah warna-warna cerah yang cocok untuk wajah persegi panjang melalui sudut dalam tulang pipi kemudian sedikit menyerong sampai bagian bawah. Gunakan warna dasar lebih gelap seperti cokelat lalu oleskan dengan warna terang dan cerah yang sesuai warna kulit wajah. Palupi (Info Kecantikan)  

0 komentar:

Post a Comment