Friday, August 8, 2014

Cegah Rambut Rontok Dengan Asparagus

Asparagus umumnya dikonsumsi sebagai makanan pembuka dalam bentuk sup atau pendamping nasi berupa Tumisan. Karena memiliki rasa yang enak, tak mengherankan banyak orang menyukai asparagus sebagai lauk atau dijadikan jus. Namun Tidak banyak yang mengetahui, asparagus mengandung nutrisi yang tinggi untuk mencegah kerontokan rambut. Apa saja kandungannya?

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut yang sehat dan jauh dari kerontokan. Pada umumnya setiap wanita bahkan pria menginginkan rambut mereka jauh dari masalah rontok. Berbagai upaya pun dilakukan demi mendapatkan rambut indah, sehat dan bebas rontok. Ragam produk perawatan rambut pun banyak ditawarkan untuk mengatasi kerontokan rambut. Mulai dari sampo, conditioner hingga vitamin rambut. Produk-produk tersebut mungkin bisa mengatasi rambut rontok, namun jika asupan nutrisi untuk rambut kurang, tetap saja pemakaian berbagai produk tersebut sia-sia. Kebutuhan nutrisi untuk rambut juga harus seimbang. Salah satu sayur yang memiliki kandungan baik untuk kesehatan rambut adaiah asparagus.

Asparagus. Asparagus merupakan tumbuhan dari spesies genus Asparagus. Asparagus sudah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena mempunyai rasa yang enak dan biasa disajikan sebagai sup, Tumisan bahkan Jus. Asparagus banyak ditanam di Amerika Utara, dan merupakan jenis sayuran yang dimakan bagian rebungnya. Rebung yang diambil adalah rebung yang besar berwarna putih, mempunyai karakter tunak dan gemuk. Dari segi gizi. asparagus merupakan sumber terbaik asam folat nabati yang rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol, dan sangat sedikit mengandung natrium.

Kandungan Asparagus. Asparagus mempunyai kandungan gizi seperti berikut, energi 85 KJ (20 kcal), karbohidrat 3,88 g, gula 1,88 g, diet serat 2,1 g, lemak 0,12, protein 2.20 g, thiamine (vit. B1) 0,143 mg (11%), riboflavin (vit. B2) 0,141 mg (9%), niacin (vit. B3) 0,978 mg (7%), asam pantotenat (B5) 0,274 mg (5%), vitamin B6 0,091 mg (7%), Folat (Vit. B9) 52 mg (13%), vitamin C 5,6 mg (9%), kalsium 24 mg (2%), besi 2,14 mg (17%), magnesium 14 mg (4%), fosfor 52 mg (7%), kalium 202 mg (4%), seng 0,54 mg (5%) dan mangan 0,158 mg. Dengan beragam kandungan gizi yang dimiliki asparagus, maka sayuran satu ini sangat baik fungsinya dalam mengatasi rambut rontok, jika dikonsumsi secara teratur.

Menurut dr Mirawati Setyorini, SpKK, rambut rontok bisa disebabkan karena rambut sering terkena bahan kimia seperti pewarnaan rambut, rebonding, atau pemakaian hair dryer yang terlalu sering. Kurangnya nutrisi dari dalam tubuh juga bisa memicu kerontokan, karena menyebabkan kekuatan dari tiap helai rambut berkurang dan menyebabkan rambut jadi mudah patah. Oleh sebab itu. nutrisi dari dalam tubuh sangat penting untuk membantu rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

Dikatakan dr. Verawati Sudarma, Ms, SpGK, kandungan asparagus tidak jauh berbeda dengan sayuran lain. Asparagus mengandung sedikit karbohidrat, sedikit protein, dan tidak memiliki lemak, lebih banyak mengandung vitamin dan mineral. Komponen yang ada dalam asparagus adalah vitamin yang larut dalam air seperti vitamin A,D,E, dan K. Seperti yang diketahui bahwa komponen yang paling penting untuk rambut yaitu protein, vitamin dan mineral. Walaupun asparagus tidak memiliki protein yang tinggi, namun asparagus memiliki komponen-komponen vitamin dan mineral yang membantu pembentukan protein. Sebut saja vitamin B yang bekerja dalam tubuh untuk membangun protein dalam sel rambut. Selain itu, asparagus memiliki vitamin A yang menjaga minyak pada kulit kepala tetap seimbang, tidak kekurangan dan tidak berlebihan. Selain itu vitamin A juga sangat penting dalam pembentukan keratinitas pada rambut. Keratinitas merupakan pembentuk dan penyusun keratin.

Mengonsumsi asparagus secara teratur dapat meningkatkan asupan nutrisi dalam tubuh. Sehingga, kinerja pembuluh darah sebagai penyalur nutrisi dari kulit hingga ujung rambut bisa lebih tinggi. Karena umumnya, semakin panjang rambut maka semakin sedikit pasokan nutrisi yang sampai ke ujung rambut. sehingga menyebabkan rambut jadi bercabang. Tetapi jika pasokan nutrisi yang diberikan cukup, maka rambut akan ternutrisi hingga ke ujung bawah.

Untuk membawa makanan ke seluruh tubuh, dibutuhkan zat besi, dan zat besi ini terdapat dalam kandungan asparagus. Zat besi berguna mengatur oksigen yang dibutuhkan seluruh tubuh. Salah satunya membawa oksigen mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Semua kandungan nutrisi yang ada dalam asparagus, dibutuhkan tubuh untuk menutrisi rambut. Selain dapat mencegah rambut rontok, asparagus yang mempunyai sifat diuretik dapat berfungsi melancarkan saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja ginjal. Sayuran yang memiliki tiga jenis warna yakni hijau, putih dan ungu ini juga dapat menangkal kanker, knususnya kanker paru. Karena kandungan agen anti kanker di dalamnya mampu menyusutkan tumor dan meningkatkan produksi sel darah putih. Manfaat lain asparagus adalah untuk menjaga kadar gula tetap stabil, asparagus mengandung kalori dan karbohidrat yang tergolong rendah karena itu asparagus cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet rendah kalori atau penderita diabetes.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya asparagus dikonsumsi tiga kali dalam satu minggu. Namun, karena asparagus mengandung purine penyebab penyakit asam urat. Bagi Anda pengidap asam urat lebih baik menghindari sayuran ini agar tidak kambuh.


Di pasaran, asparagus tersedia dalam bentuk sayuran segar dan kalengan. Untuk asparagus segar sebaiknya dipilih yang berwarna hijau atau putih mengkilat, batang mudah patah, tidak keras atau mengkayu. Asparagus sebaiknya disimpan paling lama dua hari dalam lemari pendingin, lebih dari dua hari kandungan air dalam asparagus akan hilang dan batang akan menjadi keras. Hal penting yang juga harus diperhatikan adalah pengolahan. Saat dimasak, disarankan tidak terlalu lama atau memasukan asparagus paling akhir setelah bahan lain, jadi kandungan yang terdapat di dalamnya tidak hilang sia-sia. Jika Anda tidak ingin memiliki rambut rontok, mulailah dengan memberikan nutrisi untuk rambut dengan rutin mengkonsumsi asparagus. Koes Anindya (Info Kecantikan)

6 komentar:

  1. Selain dari Asparagus minyak Kelapa Murni juga berkhasiat sebagai perawatan rambut.

    ReplyDelete
  2. Betul memang banyak mafaat dari asparagus

    ReplyDelete
  3. Info yang sangat menarik sekali. Tks .

    ReplyDelete
  4. Selain mengkonsumsi asparagus, gunakan juga nutrisi untuk kesehatan rambut dari bahan yang alami seperti, minyak kelapa, minyak kemiri, minyak jarak dan msh banyak lagi.

    ReplyDelete
  5. Info yang sangat menarik dan bisa berbagi info tentang kesehatan. salam kenal admin.tks

    ReplyDelete
  6. Manfaat asparagus selain utk rambut juga ternyata bisa penangkal kanker. luar biasa

    ReplyDelete