Friday, August 8, 2014

Tips Atasi Pecah-Pecah Pada Tumit Kaki

Bagi wanita, selain wajah kaki menjadi bagian penting. Dengan tumit pecah-pecah tentu akan mengganggu penampilan bahkan menurunkan kepercayaan diri seorang wanita. Saat memakai high heels pun kaki akan tidak nyaman. Tumit pecah-pecah juga dapat menyebabkan iritasi, terlebih jika tidak diatasi dengan perawatan yang benar Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan perawatan berupa pedicure spa di rumah maupun salon kecantikan. Seperti apa selengkapnya?

Tumit adalah bagian tubuh yang hampir luput dari perhatian dan perawatan. Padahal, kulit tumit paling mudah mengeras, menebal bahkan mengalami kekeringan hingga pecah-pecah. Tumit yang pecah-pecah sudah pasti mengganggu penampilan, apalagi jika Anda memakai sandal atau sepatu yang bagian belakangnya terbuka, sehingga bagian tumit yang pecah-pecah dapat terlihat jelas. Selain itu tumit pecah juga dapat mengalami iritasi dan pendarahan jika dibiarkan saja.

Penyebab. Sebelum mengetahui cara mengatasi kulit tumit pecah-pecah yang aman dan tepat, Anda harus mengetahui faktor penyebabnya. Menurut Marshella Marcyova Sali, Trainer dari Nail Academy, ada beberapa hal yang menyebabkan kulit tumit pecah-pecah. Pertama adalah faktor internal (genetic), misalnya memiliki gen kulit yang lebih kering, hormon tubuh dan kelenjar minyak. Kandungan kelenjar minyak berlebih dalam tubuh akan menyebabkan tumit kaki lebih mudah pecah-pecah, karena kulit kaki akan menjadi lebih lunak. Sehingga saat memakai sepatu akan membuat kaki menjadi mudah pecah-pecah.

Kedua, faktor eksternal, saat berat badan naik atau over weight bisa memengaruhi kulit tumit menjadi pecah-pecah. Ini disebabkan karena dudukan atau tumpukan pada kaki yang terlalu menekan ke bagian paling bawah tumit. Selain itu, pemakaian sandal atau sepatu hak tinggi yang terlalu sering dapat memengaruhi tumit jadit pecah-pecah. Karena pemakaian high heels lebih besar menyebabkan kulit tumit pecah-pecah dibandingkan saat menggunakan flat shoes.

Ketika kulit kering terjadi pada tumit, ketidaknyamanan akan terasa saat memakai sepatu. Peregangan kulit pada tumit setiap kali melangkah, ditambah bahan sintetis tertentu dalam kaus kaki atau sepatu kulit dapat memicu kulit menjadi kering. Dengan kulit yang terlalu kering dapat menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah. Oleh karena itu, kaki kering membutuhkan perawatan khusus untuk mencegah kulit tumit jadi pecah-pecah.

Perawatan. Tidak hanya melakukan perawatan sendiri di rumah dengan cara yang sederhana, Anda juga bisa melakukan perawatan di salon kecantikan dengan memilih treatment yang tepat untuk mengatasi tumit pecah-pecah Seperti pedicure spa.

Pedicure Spa berfungsi mempercantik penampilan kaki. Mulai dari membentuk kuku sampai mengatasi kulit kering yang dapat menyebabkan tumit pecah-pecah. Pada penampilan kuku agar lebih cantik, hal yang dapat dilakukan kuku terlebih dahulu dibentuk dengan cara dikikir. Kutikula yang tidak bagus akan dibuang sedangkan yang tebal tidak dipotong, karena akan membuatnya semakin panjang dan menebal. Sedangkan untuk kulit kaki yang kapalan, kasar dan keras akan dikikir, sehingga kulit yang pecah-pecah sedikit terangkat. Kulit pecah-pecah awalnya memang akibat tumit kaki yang keras, kapaian dan kasar. Metode treatment pedicure spa tidak cukup sekali dilakukan. Untuk hasil yang maksimal Anda harus rutin melakukan pedicure spa setiap dua minggu sekali.

Melakukan treatment pedicure spa tentu membutuhkan biaya, setidaknya Anda harus mengeluarkan budget sekitar Rp 350 ribuan per pedicure spa. Memang lebih mahal dibandingkan dengan treatment manicure & pedicure tetapi manfaat yang Anda dapat jelas berbeda. Jika treatment manicure & pedicure hanya memfokuskan untuk merapikan keindahan kuku saja, treatment pedicure spa fokus pada penyembuhan kulit kering pada tumit yang bisa menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah.

Perawatan di Rumah. Perawatan sendiri di rumah dapat dengan cara sederhana dan mudah. Proses perawatan bisa dimulai dengan mencuci kaki dengan air bersih yang mengalir. Setelah itu rendam kaki dalam campuran susu hangat dan madu di dalam waskom besar, selama 30 menit. Agar hasil lebih maksimal Anda dapat memijat kaki secara perlahan menggunakan minyak zaitun. Lakukan minimal seminggu 2-3 kali agar hasil lebih bagus.

Setelah mengetahui penyebab dan perawatan yang harus dilakukan untuk mengatasi tumit pecah-pecah, hal terpenting lainnya yang harus Anda ketahui adalah menghindari kontak langsung dengan bahan kimia, seperti detergent, hindari makanan yang banyak mengandung minyak, karena minyak banyak memiliki efek negatif pada kulit. Ketika memakai kaos kaki, sebaiknya memilih bahan yang dapat menyerap keringat dan terakhir kurangi mengonsumsi obat-obatan antibiotic. Rini Listia (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment