Wednesday, August 13, 2014

Kulit Putih Merona Berkat Masker Wortel

Kulit kusam, kasar, dan vlek hitam yang timbul di sekitar wajah sontak mengganggu penampilan. Tak jarang, masalah kulit yang satu ini menurunkan rasa percaya diri. Banyak wanita melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah kulit tersebut, dan membuat kulit wajah kembali putih, halus, bersih dan cerah. Tak hanya baik untuk kesehatan mata, wortel juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Kandungan betacaroten dan antioksidan di dalamnya, dapat membuat kulit lebih bersih dan putih bersinar. Seperti apa?

Wortel merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Seperti membersihkan organ liver, membersihkan mulut, mencegah timbulnya kanker, menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan kesuburan. Kandungan falcarinol merupakan senyawa yang mampu mencegah kanker sekaligus sebagai senyawa anti kanker.

Betacaroten dalam wortel berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikai bebas sehingga terlihat awet muda. Mengonsumsi enam buah wortel setiap hari bisa menurunkan risiko stroke, menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Selain baik bagi kesehatan mata, vitamin A yang terkandung dalam wortel juga menyehatkan kulit, seperti menghilangkan vlek hitam, mengatasi kulit kasar, memutihkan, mencerahkan, menghaluskan, melembabkan dan menutrisi kulit, sehingga tampak lebih sehat dan awet muda.
 
Menurut herbalis kecantikan Etty Bachetta, SH, wortel mengandung gizi, energi, karbohidrat, serat, lemak rendah, betacaroten, sodium, kalium, fosfor, magnesium, besi, kalsium, vitamin C, folat, vitamin B6 dan B9, niacin, riboflavin, thiamine, vitamin A dan C. Kandungan yang terdapat dalam wortel mampu menghambat produksi pigmen melanin dengan cara menghambat enzim tirosinase dan mengurangi enzim tirosinase di dalam sel kulit, Sehingga efektivitas dalam memutihkan wajah cukup sempurna. Dengan demikian kulit kusam bisa kembali putih, cerah, merona serta ternutrisi dengan baik.

Selain dikonsumsi, khasiat wortel bagi kecantikan kulit bisa didapat dengan mengolah wortel menjadi cairan pencuci wajah atau, masker. Cara membuat cairan atau sari wortel sangat mudah, ambil dua buah wortel yang telah dicuci bersih lalu parut hingga halus. Kemudian peras hingga sarinya keluar, gunakan sari wortel tersebut untuk membasuh wajah, lalu bilas dengan air bersih. Sebaiknya tidak menghaluskan wortel dalam blender karena memungkinkan adanya penambahan air. Sehingga ekstrak sari wortel sudah tidak lagi alami.

Proses membuat masker wortel juga cukup mudah, ambil dua buah wortel yang telah direbus, lalu haluskan dengan blender atau parutan. Kemudian, tambahkan dua sendok makan madu lalu aduk hingga rata. Campuran masker bisa dioleskan ke seluruh wajah yang telah dibersihkan. Setelah itu diamkan selama 20 menit hingga mengering. Kemudian cuci bersih dengan air.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pakailah masker wortel dua kali seminggu. Jika sudah mendapatkan hasil yang diinginkan, sebaiknya tetap menggunakan masker wortel tiap satu kali seminggu agar wajah putih bersinar. Setelah pemakaian secara teratur selama satu bulan, maka kulit wajah akan terlihat lebih cerah, vlek hitam memudar, fresh, kenyal dan halus. Karena terbuat dari bahan alami, tidak ada efek samping yang ditimbulkan masker wortel, kecuali bagi penderita hypersensitive.

Mampu Cerahkan Kulit. Menurut dr. Sandra Nila Pridady, Sp,KK, dokter spesialis kulit dan kelamin, wortel mengandung betacaroten yang berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu mencerahkan wajah dan melakukan proses pengelupasan kulit mati dengan cepat. Sehingga kulit tampak lebih putih, cerah, menyamarkan noda bekas jerawat, meski hanya pada lapisan atas kulit. Pemakaian masker wortel harus diimbangi dengan membersihkan wajah secara teratur minimal dua kali sehari sesuai dengan jenis kulit, dan memakai krim-krim yang mengandung vitamin serta whitening.

Pada dasarnya kulit kusam disebabkan karena proses penuaan. Proses penuaan tersebut disebabkan karena dua faktor, yaitu faktor dari dalam dan dari luar. Faktor dari luar biasa disebut fotoaging   yang dipengaruhi paparan sinar matahari secara langsung polusi merokok, mengonsumsi minuman   beralkohol, pemakaian make up yang tidak sesuai serta berlebihan, kurang istirahat dan pola hidup yang tidak sehat. Agar kulit tidak terlihat kusam, perlu dilakukan perawatan dari dalam seperti mengonsumsi air putih yang cukup, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C dan E, tidak merokok, menghindari paparan matahari berlebihan dan istirahat cukup.


Perawatan dari luar juga harus dilakoni, seperti memakai moisturizer dan sunblock minimal 15 menit sebelum melakukan aktivitas dan diulang setiap 3 jam sekali. Dianjurkan juga menggunakan krim yang berguna untuk rejuvenasi kulit. Misalnya krim yang mengandung vitamin C, D dan E, hidrolid acid dan whitening. Bisa juga dengan melakukan chemical peeling dan laser yang berfungsi mengangkat sel kulit mati sehingga melahirkan sel kulit baru yang sehat. Nailul Iffah (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment