Thursday, August 21, 2014

Mengatasi Radang Akar Rambut

Terkadang benjolan kecil pada kulit kepala dianggap hanya jerawat. Padahal tidak semua benjolan yang menimbulkan rasa sakit bisa disamakan dengan jerawat. Bisa jadi, benjolan tersebut merupakan radang akar rambut (folliculitis). Folliculitis berbentuk bintil atau benjolan kecil berwarna putih dan bernanah. Pada bagian tengah benjolan biasanya keluar rambut karena bagian tengah memang diselubungi akar rambut.

Penyebab folliculitis adalah bakteri golongan Streptococcus dan Staphylococcus. Bakteri tersebut erat dengan kebersihan rambut, faktor lingkungan seperti debu dan polusi udara yang kotor, serta kurangnya daya tahan tubuh. Faktor penyebab lainnya adalah garukan yang terlalu keras pada kulit kepala dengan kondisi rambut yang kotor sehingga bakteri mudah masuk.

Untuk mengatasi radang akar rambut, sebaiknya Anda menjaga kebersihan rambut dengan mencuci rambut menggunakan shampoo 1-2 hari sekali. Selain itu, sebaiknya hindari tempat-tempat atau lingkungan yang kotor dan berdebu, mengatur pola hidup sehat dengan berolahraga, serta minum vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


Jika radang akar rambut tidak terlalu parah dan belum meluas, bisa menggunakan antibiotik yang yang dioles atau diteteskan pada radang. Namun jika radang sudah menyebar, maka bisa timbul bintil di area kulit kepala yang menimbulkan rasa sakit bahkan demam. Karena itu, sebaiknya minum obat oral antibiotik yang dapat menyembuhkan peradangan, serta obat antiinflamasi atau analgetik. Jika rutin melakukan pengobatan ini setiap hari selama seminggu maka peradangan bisa berkurang. Namun jika peradangan sudah parah atau dalam, biasanya dilakukan penyuntikan yang mengandung steroid. Steroid ini berfungsi untuk mengempeskan radang yang terdapat di bagian akar rambut kulit kepala. Suntikan ini sebaiknya dilakukan rutin seminggu sekali agar hasilnya maksimal. Setelah penyuntikan kurang lebih sebanyak delapan kali maka hasilnya akan terlihat, tergantung berapa banyak peradangan dari akar rambut yang Anda alami. Treatment ini aman dilakukan bagi pasien yang mengalami peradangan yang disebabkan oleh bakteri golongan streptococcus dan staphylococcu. Palupi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment