Friday, August 8, 2014

Tips Rambut Keriting Mudah Diatur

Rambut keriting identik dengan berantakan dan susah diatur. Bahkan sebagian wanita mengalami kesusahan membentuk rambut dengan model potongan tertentu.  Namun dengan melakukan perawatan secara tepat dan memilih model potongan yang sesuai tentu akan membuat pemilik rambut keriting tetap terlihat cantik bahkan seksi. Seperti apa?

Umumnya wanita menyukai rambut lurus, tapi jika dianugerahi rambut ikal hingga keriting tentu dibutuhkan trik khusus untuk menatanya agar terlihat menarik dan mudah diatur. Bahkan tidak jarang karena penampilan dengan rambut ikal atau keriting yang sangat eksotik, orang yang sudah memiliki rambut lurus pun sengaja mengeriting rambutnya.

Model Potongan Rambut. Menurut Dodo, hair stylist dari Delaqu Salon, bagi pemilik rambut keriting atau ikal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, Menentukan potongan rambut yang diinginkan. Jika menginginkan potongan rambut pendek, tentunya rambut harus sebahu. Sedangkan potongan panjang, sebaiknya rambut sepunggung. Potongan pendek  bisa memilih potongan bob. Potongan bob bermacam-macam mulai dari bob layer atau yongen, bob segi, ataupun bob asimetris yang panjang sebelah layer. Kedua, model potongan rambut. Sebaiknya pilihlah model potongan rambut oval, ini berguna bagi yang memiliki rambut dengan panjang sebahu ataupun di atas sebahu. Kemudian untuk poni sebaiknya panjang. Setelah dibentuk oval lalu rambut dibentuk layer hanya dua tingkat dari panjang rambut.

Jika rambut sebahu, bentuk layer di bawah kuping kurang lebih 50°. Setelah ltu potonglah poni dengan panjang minimal 10-15 cm, pada bagian samping sisi kanan dan kiri dengan sentuhan layer dengan panjang 50°. Dengan begitu saat menyislr rambut akan rapi. Sedangkan untuk rambut panjang posisinya sama seperti rambut sebahu dengan long poni dan mengikuti bentuk oval rambut. Sebaiknya tetap menggunakan layer samping dan belakang dengan panjang 40°. Setelah itu perlu sedikit sentuhan potongan segi pada bagian ujung rambut setelah rambut dibentuk layer agar rambut tidak terkesan menggantung dan menghindari kesan rambut patah. Hasil yang didapat rambut akan terlihat rapi dan seksi.

Perawatan. Tidak hanya dibentuk dengan model dan potongan rambut agar mudah diatur. Rambut keriting juga membutuhkan perawatan tepat sehingga rambut bisa bertekstur baik sehingga mudah diatur. Menurut Rudi Hartono, hair stylist dari Salon Glow, semua jenis rambut membutuhkan perawata. Perawatan yang bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan masker alpukat, kemiri, wortel ataupun lidah biaya yang disesuaikan dengan tipikal rambut.

Kandungan minyak yang terdapat pada kemiri dapat melembabkan hingga ke batang rambut yang membuat rambut lebih hitam dan berkilau. Kemiri lebih bagus untuk jenis rambut yang terlihat kusam namun untuk ram but normal pun dapat digunakan. Masker alpukat bermanfaat untuk melembabkan; menebalkan dan melindungn rambut. Sedangkan masker lidah buaya dapat membantu melembabkan folikel rambut dan kandungan saponin dipercaya dapat menjadi   pembunuh kuman sehingga rambut menjadi lebih bersih dan sehat. Sedangkan masker wortel, kandungan antioksidannya tinggi dan vitamin A pada wortel dapat melembabkan dan melembutkan rambut.

Selain melakukan masker di rumah, dianjurkan memilih treatment creambath di salon. Pemijatan pada kepala akan membuat akar rambut rileks, juga bahan masker yang digunakan saat creambath akan lebih maksimal masuk ke dalam rambut dan kulit kepaia. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya lakukan secara rutin minimal serninggu sekali.

Dalam hal penataan, agar lebih mudah sebaiknya memakai gel rambut yang berfungsi melembabkan sehingga rambut mudah diatur. Caranya, setelah keramas menggunakan sampo, rambut dikeringkan terlebih dahulu barulah mengoleskan gel pada seluruh bagian rambut.

Ditambahkan Dodo, pemilik rambut keriting, perawatan wajib yang harus dilakukan adalah pemberian hair serum yang dapat membantu menjaga kelembaban rambut keriting. Pemakaian serum sebaiknya sehabis keramas, setelah rambut kering barulah mengoleskan serum pada bagian ujung rambut saja. Usahakan rambut kering secara alami tanpa menggunakan hair dryer. Karena dengan hair dryer rambut keriting akan berantakan dan lebih mengembang Menurut Dodo 80% wanita pemilik rambut keriting tipikal rambutnya pada bagian ujung cenderung kering. Untuk itu saat mengoleskan serum sebaiknya fokus pada bagian ujung rambut.

Setelah pemakaian serum, bisa ditambahkan mouse atau foam agar rambut mudah ditata, bisa digerai maupun diikat sesuai model rambut. Pemakaian serum, gel, mouse atau foam bisa dipakai setiap hari jika memang dibutuhkan, tapi harus dibarengi dengan perawatan seperti creambath atau hair masker agar rambut tidak rusak.


Pemilihan sampo yang tepat juga sangat panting. Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Sebaiknya memilih sampo dan kondisioner yang terpisah, tidak dalam satu produk. Tldak hanya itu, lakukan keramas minimal dua kali sehari dengan pemakaian kondisionar minimal seminggu sekali. Dengan model potongan rambut yang sesuai ditambah dengan perawatan tepat secara rutin, pemilik rambut keriting dapat membentuk model rambut sesuka hati dengan mudah, sehingga akan terlihat lebih seksi dan cantik. Selamat mencoba. Palupi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment