Saturday, August 2, 2014

Awet Muda Dengan Lidah Buaya

Selama ini lidah buaya atau aloe vera lebih dikenal sebagai obat alami untuk menyuburkan rambut. Namun, ternyata manfaatnya tidak sekedar itu saja. Kandungan yang terdapat di dalamnya seperti betakaroten, vitamin C dan E serta antioksidan tinggi dipercaya dapat membuat seorang tetap awet muda. Seperti apa?

Kecantikan menjadi bagian yang wajib diperhatikan oleh wanita. Tidak dapat dimungkiri, seorang wanita selalu ingin tampil cantik. Tidak hanya cantik, mereka mengidamkan wajah yang bersih, kencang, segar sehingga tampak lebih awet muda. Untuk tampil cantik dan sehat memang mahal, terlebih melakukan suatu perawatan kecantikan tertentu menggunakan alat-alat modern.

Berbagai treatment kecantikan bahkan ditawarkan untuk menunjang penampilan Anda sehingga bisa tampil cantik dan menawan. Tapi tidak semua orang dapat melakukan perawatan dengan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu Anda juga dapat melakukan perawatan kecantikan secara alami menggunakan lidah buaya.

Kandungan. Tanaman yang bergerigi ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya berguna untuk menyembuhkan suatu penyakit, lidah buaya dapat juga digunakan untuk kecantikan. Berdasarkan hasil penelitian, lidah buaya tanaman yang berwarna hijau kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan termasuk membuat awet muda. Hal tersebut dibenarkan oleh Salomo Simanjuntak, herbalis yang mengatakan, lidah buaya atau dengan nama latin aloe barbadensis milleer ini memang dapat digunakan untuk kecantikan.

Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya antara lain vitamin B, A, C, E dan asam folat dan kalsium, selenium, zinc, chromium, magnesium, 20 dari 22 asam amino esensial. Dengan kandungan tersebut lidah buaya dapat memperbaiki kolagen dan elastisitas pada kulit, membantu meremajakan sel-sel kulit sehingga menunda proses penuaan seperti terjadinya kerutan halus pada kulit. Selain itu dapat membuang racun dalam tubuh dan kandungan peptides yang terdapat pada lidah buaya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan segar.

Setiap Hari. Cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari lidah buaya adalah dengan mengonsumsi lidah buaya setiap hari. Sebelum dikonsumsi, sebaiknya lidah buaya dicuci sampai bersih. Pisahkan kulit lidah buaya dengan daging lidah buaya yang berwarna putih dan sedikit ada gel atau lendir yang melekat pada daging. Setelah itu, bersihkan kembali dari getah kulit yang masih melekat pada daging lidah buaya. Lalu daging lidah buaya yang sudah siap dipotong kecil sesuai ukuran. Setelah siap, dapat dikonsumsi langsung ataupun diolah menjadi minuman dan makanan.

Anda juga dapat mengolahnya menjadi jus segar atau menjadi bahan olahan agar-agar atau yoghurt. Mengonsumsi lidah buaya cukup satu kali dalam sehari, tapi sebaiknya dilakukan setiap hari. Tidak ada ukuran seberapa banyak untuk dikonsumsi, hanya saja dalam sehari boleh minum satu kali. Bisa di waktu pagi, sore ataupun malam hari.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai masker atau iulur. Caranya, Anda dapat mengoleskan getah ataupun daging lidah buaya yang sudah dipisahkan dengan kulit. Lalu tunggu sekitar 15 menit agar kandungan meresap ke kulit. Setelah itu barulah membilasnya menggunakan air bersih. Cara lain daging yang sudah dibersihkan dengan kulitnya potong kecil sesuai ukuran. Setelah itu haluskan menjadi masker atau lulur. Oleskan ke seluruh bagian wajah dan tubuh. Tunggu 10-15 menit baru dibiias dengan air sampai bersih. Lakukanlah secara rutin setiap hari.

Selama ini tidak ada efek samping yang berarti, baik dengan cara dikonsumsi ataupun dijadikan sebagai bahan masker atau lulur. Hanya saja, pada orang tertentu yang alergi pada bahan lidah buaya harus hati-hati. Sebaiknya untuk mengetahui Anda alergi dengan lidah buaya, oleskan sedikit lidah buaya pada tangan atau bagian lain. Setelah dirasa tidak ada reaksi seperti gatai, berarti Anda tidak ada masalah atau alergi dengan lidah buaya.

Awet Muda. Awet muda identik dengan kulit segar, kencang, bebas dari kerutan yang biasa muncul pada usia tertentu. Lidah buaya dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut, tetapi untuk memaksimalkan kinerja perawatan yang dilakukan secara alami alangkah baiknya tetap ditunjang dengan perawatan menggunakan krim tertentu. Seperti dikatakan oleh dr. R.Aj. Putri Ambarani Paramasari, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, memang cara-cara alami atau tradisionai boleh saja dilakukan. Namun, dengan menggunakan cara alami tidak langsung dapat terlihat hasilnya secara langsung. Untuk membuat awet muda tentu harus melakukan perawatan antiaging sedini mungkin dengan menjaga dan memperhatikan kesehatan kulit.


Perawatan tersebut dapat dilakukan dengan penggunaan antiaging seperti retinoid dan alpha hydroxy acid (AHA). Jika kulit memiliki tipe berminyak dapat digunakan asam salisilat. Awet muda biasanya identik dengan usia yang sudah tak muda lagi, tapi masih terlihat muda. Biasanya pada umur 40 tahun, yang mulai timbul kerutan. Untuk melakukan perawatan di usia tersebut. Anda dapat mendukung dengan melakukan treatment chemical peeling, laser, mikrodermabrasi, filler, botox sampai tanam benang. Palupi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment