Saturday, August 2, 2014

Bawang Merah Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

Adanya bekas jerawat pada wajah tentu akan membuat kepercayaan diri menurun. Noda atau vlek bekas jerawat biasanya sangat sulit dihilangkan. Namun, sekarang tidak perlu khawatir karena bawang merah bisa menghilangkan noda tersebut. Bawang merah mengandung antiseptik, amonia, allisin sebagai antimikroba yang mampu mengurangi timbulnya jerawat dan bekas jerawat. Seperti apa?

Bekas jerawat yang biasa timbul di sekitar wajah tentu akan sangat mengganggu penampilan, tak jarang terkadang akan menimbulkan rasa kurang - percaya diri. Bekas jerawat yang disebabkan adanya peradangan pada kulit wajah memang menimbulkan bekas yang terkadang suiit untuk dihilangkan. Oleh sebab itu banyak wanita rela melakukan berbagai perawatan wajah untuk mengatasi masalah bekas jerawat sekaligus membuat kulit kembali halus dan mulus.

Pada kenyataannya menghilangkan bekas jerawat atau vlek-vlek hitam lebih susah dibandingkan dengan menghilangkan jerawat itu sendiri. Untuk menghilangkan jerawat mungkin hanya dibutuhkan waktu sekitar 4-8 hari, namun untuk bekas jerawat bisa berbulan-bulan baru bekasnya akan menghilang. Berbagai perawatan mahal untuk menghilangkan bekas jerawat di salon pun banyak ditawarkan, mulai dari peeling mikrodermabrasi hingga laser.

Bawang Merah. Namun sebenarnya Anda tak perlu khawatir, karena ternyata bekas jerawat yang membandel bisa diatasi dengan bumbu dapur yaitu bawang merah. Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, asam folat, kalsium dan zat besi. Selain itu, bawang merah juga mengandung zat pengatur tubuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.

Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisionai. Bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik, amonia dan allisin sebagai antimikroba. Dengan kandungan tersebut bawang merah memiliki fungsi lain bagi kesehatan yaitu bermanfaat untuk mengobati maag, masuk angin, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol dan sebagai obat kencing manis, memperlancar pernafasan dan memperlancar aliran darah karena bawang merah dapat menghambat penimbunan trombosit dan meningkatkan aktivitas fibrinotik.

Selain digunakan sebagai obat, Sophie Lukman, herbalis mengatakan, bawang merah dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat karena dapat mengurangi kadar minyak dalam kulit, sehingga secara tidak langsung mengurangi jerawat. Dengan mengurangi timbulnya jerawat, wajah menjadi bebas dari bekas jerawat. Cara memanfaatkan bawang merah untuk menghilangkan jerawat cukup mudah, yaitu satu buah bawang merah diparut, lalu dioleskan pada bekas jerawat dan didiamkan kurang lebih selama 15 menit. Pemakaian bawang merah sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, sebab dapat menyebabkan kulit menjadi kering karena bawang merah dapat menyerap minyak pada wajah. Pemakaian bawang merah cukup dilakukan tiga hari sekali sampai bekas jerawat memudar atau menghilang.

Merawat Rambut. Selain berfungsi menghilangkan bekas jerawat, bawang merah juga dapat digunakan untuk merawat rambut seperti rambut rontok, menumbuhkan rambut dan mengatasi ketombe. Bawang merah memiliki kandungan sulfur mampu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat rambut. Untuk hal ini bawang merah terlebih dahulu diblender sampai halus, kemudian pijatlan kulit kepala terlebih dulu dengan minyak kelapa selama 30 menit untuk membuka pori-pori kulit kepala. Selanjutnya, berikan bawang merah yang sudah dihaluskan lalu tutup rambut dengan handuk hangat untuk menguapkan rambut.

Untuk menumbuhkan rambut lakukan dengan memijat kulit kepala dengan jus bawang merah. Hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga mengakibatkan pertumbuhan rarnbut baru, karena sulfur yang terkandung dalam bawang merah tidak hanya mengurangi rambut rontok, tapi juga menginduksi pertumbuhan rambut baru. Tidak hanya itu, bawang merah juga dapat mengurangi ketombe. Caranya dengan cara campur jus bawang merah dengan lemon, dadih dan tambahkan sedikit madu. Oleskan pada rambut clan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan sampo sampai bersih.

Bekas Jerawat. Menurut dr. Ratna Komala Dewi, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, bekas jerawat atau vlek-vlek hitam bekas jerawat karena adanya proses peradangan dari jerawat, yang biasanya disebut dengan hiperpigmentasi pascainflamasi. Peradangan atau jerawat yang telah sembuh atau dalam proses penyembuhan biasanya mengering. Namun biasanya setelah sembuh bekasnya tidak bisa langsung hilang dan akan menimbulkan bekas hitam atau vlek hitam pada wajah. Oleh sebab ltu bisa dilakukan dengan pengobatan atau terapi untuk menyembuhkannya.

Jika penyembuhan secara tradisional biasanya digunakan masker, seperti masker bengkuang. Mengenai bawang merah untuk mengatasi bekas, jerawat, sebaiknya tidak dilakukan oleh mereka yang kulitnya sensitif. Pasalnya, akan menimbulkan iritasi pada kulit. Namun jika dalam pemakaian tidak menimbulkan efek samping terhadap kulit, tidak timbul rasa sakit dan bekas jerawat dapat hilang, maka dapat dipakai sebagai alternatif dalam mengatasi bekas jerawat.


Sementara, untuk menghilangkan bekas jerawat sebaiknya melakukan perawatan kecantikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin atau klinik-klinik kecantikan. Biasanya oleh dokter diberikan krim-krim dan pencerah wajah. Selain itu, sebaiknya tidak lupa untuk membersihkan wajah minimal dua kali sehari. Namun, jika jenis kulit wajahnya berminyak sebaiknya melakukan pembersihan wajah hingga tiga kali sehari untuk mengurangi produksi minyak pada kulit wajah, sehingga meminimalisasi terjadinyei jerawat, komedo dan noda hitam pada wajah. Koes Anindya (Info Kecantikan)

1 komentar: