Friday, August 22, 2014

Menopause Dini

Menopause Dini
Berhenti menstruasi atau menopause adalah terhentinya siklus menstruasi atau ovulasi yang berkaitan erat dengan tingkat penuaan usia perempuan. Proses ini merupakan hal alami yang dilewati wanita diusia lanjut. Tidak satu pun wanita yang dapat menentukan kapan ia mengalami menopause. Tapi umumnya menopause terjadi pada wanita usia 50 hingga 55 tahun, namun rata-rata lebih banyak terjadi pada usia 55 tahun.

Tanda Menopause. Menopause bisa terjadi secara gradual, namun tidak menutup kemungkinan terjadl sekallgus. Secara gradual menopause diawali dengan pra-menopause. Kebanyakan dari wanita mengalami fase ini, biasanya terjadi pada wanita berusia 40-an. Kondisinya ditandai dengan ketidakteraturan siklus menstruasi yang terjadi selama bertahun-tahun, perubahan bentuk tubuh, emosi, dan hormon.

Faktor penyebab. Pada kasus menopause dini bisa saja terjadi dan banyak faktor penyebab yang memengaruhi. Pertama, riwayat kesehatan, Apabila seorang wanita memiliki penyakit kronis seperti kanker, mengidap tuberculosis, atau sedang menjalankan pengobatan chemotherapy dapat menyebabkan menopause dini. Kedua, bagi wanita yang melakukan pengangkatan rahlm dikarenakan alasan tertentu juga dapat menyebabkan menopause terjadl lebih awal. Ketiga, gaya hidup yang tidak sehat sepertl mengonsumsi obat-obatan, mlnuman beralkohol, dan merokok dapat membuat menopause datang lebih awal.


Apabila menginginkan kehamilan, syaratnya adalah menstruasi yang teratur dan sehat. lndikasi menstruasi yang sehat dapat dilihat dari siklus menstruasi tidak ada masalah saat menstruasi sepertl nyeri yang berlebihan, dan banyaknya menstruasi. Menstruasi yang normal ini sebagai indikator reproduksi wanita dikatakan sehat. Sehlngga untuk mempunyai keturunan masih bisa diwujudkan. Sedangkan bagi Anda yang sudah mengalami menopause, kemungkinannya sangat kecil untuk mempunyai keturunan kembali. Karena organ reproduksinya sudah tidak berfungsi sebagalmana blasanya, ditandai ovarium berhenti melepaskan sel telur sehingga aktivitas menstruasi berhentl. Enny (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment