Saturday, August 16, 2014

Cara Atasi Iritasi dan Kulit Kitam di Bawah Payudara

Cara Atasi Iritasi dan Kulit Kitam di Bawah Payudara
Kaum hawa tentu saja sangat mendambakan payudara indah. amun, bentuk payudara indah belum lengkap jika kebersihan area kulit payudara tidak diperhatikan. Bagi Anda yang malas dan jarang menjaga kebersihan payudara secara teratur, sebaiknya waspada karena kulit pada bawah payudara akan menjadi gatal lalu iritasi kemudian menghitam. Menurut dr. Agung Pranoto, SpKK, area bawah bagian payudara adalah daerah lipatan. Biasanya kulit area lipatan pada tubuh lebih cenderung menghitam. Kondisi tersebut dapat disebabkan beberapa hal seperti penyakit tertentu atau jamur. Bahayanya, penyakit yang disebabkan oleh jamur bila tidak segera diobati akan menimbulkan peradangan.

Jamur, yang berada pada kulit tubuh adalah jamur Candida. Candida albicans adalah spesies cendawan patogen dari golongan deuteromycota. Spesies cendawan ini merupakan infeksi oportunistik yang disebut kandidiasis pada kulit, mukosa dan organ dalam manusia. Beberapa karakteristik dari spesies ini berbentuk telur atau sferis dengan diameter 3-5 mikrometer dan dapat memproduksi pseudohifa. Spesies Candida Albicans memiliki dua jenis morfologi, yaitu bentuk seperti khamir dan bentuk hifa. Jamur tersebut sebetulnya normal pada kulit manusia tetapi dengan keadaan yang mendukung untuk tumbuh maka menjadi lebih subur dan jamur tersebut akan tumbuh menjadi penyakit. Hal-hal yang dapat mendukung tumbuhnya jamur menjadi subur antara lain keadaan yang lembab, banyak keringat, memiliki penyakit metabolic seperti diabetes melitus. Jika didiamkan akan terjadi peradangan dan akan menyebabkan timbunan pigmen daerah bawah payudara.

Penggunaan bra yang terlalu ketat sehingga menimbuikan tekanan kemudian bahan-bahan dari bra yang tidak cocok dengan kulit bisa menyebabkan iritasi atau alergi. Jika dibiarkan terus menerus, kulit di bawah payudara akan berubah warna dan menghitam. Selain jamur dan penggunaan bra, iritasi dan kulit menghitam di area kuiit bisa disebabkan seseorang yang terlalu gemuk sehingga menimbulkan gesekan-gesekan antara kulit dan payudara.

Mengatasi Kulit Menghitam. Apabila iritasi disebabkan jamur, pertolongan pertama bisa mengoleskan krim anti jamur. Jika terus menerus terasa gatal dan sangat mengganggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit. Setelah hiperpigmentasi pasca-inflamasi, warna kulit dapat dikembalikan menjadi cerah dengan menggunakan obat-obatan topikal atau krim-krim pemutih. Selain itu, Anda bisa melakukan treatment seperti peeling dan mikrodermabasi untuk mendukung pengobatan. Jika warna hitam terlalu tebal dan pekat, sebaiknya Anda memilih treatment laser.

Jika memilih krim pemutih Untuk mengatasi kulit menghitam tersebut, Anda dapat menggunakan bahan seperti retino, hidrokuinon antara 2%-4% dan arbutin satu kali sehari. Jika sudah enam bulan pemakaian, sebaiknya dihentikan sampai dua bulan kemudian dapat dioleskan kembali. Anda juga dapat menggunakan krim yang berbahan AHA dan dapat diolesi dua kali sehari sehabis mandi. Untuk penggunaan serum vitamin C dapat dilakukan dua sampai tiga kali dalam sehari. Anda juga dapat menggunakan melanox pada kuiit hitam di lipatan bawah payudara. Karena melanox mengandung hidrokuinon yang dapat mencerahkan kulit. Jangan lupa olesi selalu pelembab pada seluruh tubuh untuk menunjang perawatan.

Tak hanya itu, Anda dapat memilih treatment peeling khusus di bawah payudara seperti peeling superficial yang mengandung glycolic acid setiap dua minggu sekali dan mikrodermabrasi setiap dua minggu sekali. Jika kulit menghitam terlalu dalam, sebaiknya Anda memilih treatment laser khusus untuk pigmentasi setiap dua atau tiga bulan sekali. Laser yang dipilih tergantung pada individual seperti warna kulit, kedalaman kulit menghitam dan pigmentasi.

Menurut dr. Sabrina, dokter kecantikan, menghitamnya dan iritasi pada lipatan payudara terjadi karena terlalu sering menggunakan bra yang berkawat. Akhirnya, gesekan yang terlalu sering pada area tersebut akan terjadi iritasi dan mengubah warna kulit sekitar payudara. Hal ini juga terjadi bagi mereka yang memiliki payudara berukuran mengganti bra karena bra sudah berubah bentuk. Terakhir, pilihlah bahan bra yang terbuat dari katun ataupun bahan-bahan yang menyerap keringat.

Cara Alami. Untuk menghilangkan bekas hitam pada kulit lipatan area bawah payudara, Anda dapat menggunakan satu sendok makan jeruk nipis dan satu sendok makan bubuk kunyit yang dicampur. Kemudian dioleskan pada lipatan kulit hitam di bawah payudara sampai 30 menit lalu dibilas hingga bersih. Untuk mencapai hasil maksimal, perawatan ini dapat diulangi dua sampai tiga kali seminggu.


Selain itu, Anda dapat menggunakan masker yoghurt dengan satu sendok makan jeruk nipis yang dicampur lalu didiamkan sampai 30 menit. Anda bisa melakukan dua sampai tiga kali seminggu. Buah stroberi juga dapat membantu mencerahkan kulit di area bawah payudara. Caranya, empat buah stroberi yang diparut lalu diolesi pada bagian lipatan bawah kulit payudara. Didiamkan selama 30 menit sebelum mandi dan diulangi dua sampai tiga kali seminggu. Tak hanya itu saja, Anda bisa menggunakan air bekas cucian beras yang kental dan diolesi pada bagian kulit lipatan bawah payudara selama 15 menit sebelum mandi. Suciati (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment