Wednesday, July 30, 2014

Makan Steam Food Tiap Hari Berat Badan Turun 3 Kg Sebulan

Makanan yang diolah dengan digoreng atau ditumis memang dapat memberikan rasa yang lezat untuk indera perasa khususnya pada lidah. Tetapi, dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Pengolahan makanan dengan cara dikukus atau disebut dengan steam food dapat menurunkan berat badan serta menjauhkan dari berbagai macam penyakit. Bagaimana caranya?

Mengonsumsi makanan merupakan kebutuhan semua manusia. Namun, setiap manusia memenuhi kebutuhan makanan dengan cara berbeda demi menjamin kualitas hidup yang lebih baik. Tetapi, tidak sedikit orang yang mengonsumsi makanan demi rnengatasi rasa lapar saja dan tidak berhati-hati terhadap kandungan yang terdapat di dalamnya. Akibatnya, dapat menimbulkan berbagai macam penyakit atau kelebihan berat badan. Berikut ada beberapa cara mengonsumsi makanan yang berbeda yaitu dengan cara merebus, mengukus atau mengetim biasanya dikenal dengan istilah steam food.

Steam Food. Merupakan proses mengolah makanan yang sesungguhnya sudah tidak asing dan tidak terlalu sulit ketika memasaknya. Pengolahan makanan jenis ini tidak perlu menggunakan alat-alat khusus untuk memasak. Namun, untuk orang yang terbiasa menyantap hidangan serba digoreng, ditumis atau dipanggang akan mengalami kesulitan dalam rnenikmati makanan tersebut. Karena makanan akan terasa hambar dan rasanya beda dengan makanan yang digoreng atau dibakar.

Teknik memasak dengan cara dikukus, tim serta merebus memiliki banyak keunggulan dibanding teknik memasak yang lain. Karena dengan rajin mengonsumsi makanan yang diolah seperti itu merupakan salah satu cara antisipasi kelebihan kolesterol atau lemak jenuh dalam tubuh. Usaha diet atau pengurangan asupan makanan untuk tubuh sering dilakukan oleh para wanita demi menjaga kemolekan tubuh yang langsing dan proporsional. selain usaha mengurangi porsi makan, mengubah jadwal makan, mengganti makanan utama dengan buah ternyata bisa dilakukan dengan makanan yang pengolahannya diubah rnenjadi serba kukusan atau rebusan.

Menurut Dr. dr. Lucian a B. Sutanto, MS. SpGK, dokter spesialis gizi klinik, mengonsumsi makanan dengan cara dikukus merupakan salah satu pilihan yang lebih bagus dibandingkan dengan digoreng. Hidup dengan mengonsumsi makanan yang dikukus pun tidak memberikan dampak yang negatif, karena kadar air dari makanan akan tetap tinggi dan itu baik untuk antioksidan bagi tubuh. Dengan mengukus makanan, tidak selalu dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan. Namun, proses pengolahan makanan memang tidak menambahkan nutrien sehingga tidak memberikan sumbangan atau tambahan kalori. Seperti tidak mengandung banyak minyak, sehingga lemak-lemak jenuh yang sulit dihilangkan pada tubuh akan sedikit berkurang. Karena itu, mengonsumsi steam food akan bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Jika mengonsumsi steam food setiap hari, maka berat badan akan turun hingga 2-3 kg per bulan.

Lebih Sehat. Dr. David Fadjar Putra MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik, menegaskan bahwa makanan yang diolah dengan cara steam merupakan makanan sehat. Karena, pada makanan yang dikukus atau direbus tidak menggunakan tambahan minyak. Makanan dengan cara digoreng dalam suhu tinggi, maka minyak yang digunakan akan menjadi minyak jenuh. Sesungguhnya minyak jenuhtidak baik bagi tubuh dan kalori yang ditambahkan dari pemberian minyak dapat menjadi tinggi. Minyak yang terkandung dalam satu sendok teh mengandung 50 kalori. Bayangkan saja bila mengandung 10 sdt minyak dalam proses memasak, jelas kandungan kalori akan bertambah kalori. Terlalu banyak kandungan minyak goreng juga tidak baik untuk kesehatan karena akan membuat orang menjadi obesitas, minyak jenuh tersebut akan menyebabkan kolesterol yang berakibat pada penyakit jantung.

Tubuh manusia membutuhkan lemak jenuh dan lemak tidak jenuh, tetapi ada rasionya. Makanan yang dimasak dengan cara digoreng atau ditumis terlalu banyak mengandung minyak jenuh sehingga tidak baik untuk tubuh yang dapat menimbulkan penyakit-penyakit tertentu. Melakukan atau menerapkan makanan yang diolah dengan cara dikukus atau ditim selain dapat menurunkan berat badan, bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kolesterol jahat akan berkurang sehingga risiko penyakit kardiovaskular dan risiko penyakit stroke juga berkurang. Sebenarnya dalam proses memasak dengan cara steam atau mengukus masih boleh ditambahkan bumbu, tetapi dalam ukuran yang secukupnya. Dianjurkan agar tidak menggunakan penyedap rasa atau MSG. Pengolahan makanan dengan cara dikukus tidak akan mengurangi kandungan gizi dari bahan makanan. Steam food juga mernberikan daya tahan tubuh yang akan menjadi lebih baik.


Bahan makanan yang dapat diolah dengan proses steam di antaranya telur, ikan, dan daging. Apabila menerapkan konsumsi makanan dengan cara di-steam dalam jangka waktu panjang, maka tidak akan menimbulkan masalah. Justru, akan memperoleh kehidupan yang lebih sehat. Untuk menurunkan berat badan tetap harus memerhatikan asupan makan total sehari. Hal tersebut dapat dibantu dengan mencatat asupan makanan yang akan membantu untuk memudahkan jadwal dan menghitung kalori. Terakhir dianjurkan untuk makan sesuai dengan Kebutunan dan aktivitas lalu diimbangi dengan olahraga secara teratur. Rini Listia (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment