Tuesday, July 29, 2014

Tanda-tanda Terkena MERS dan Cara Mencegahnya

Middle East Respiratory Syndrome (MERS) adalah infeksi saluran napas yang disebabkan oleh virus korona. Virus korona jenis virus yang masih berkerabat dekat dengan virus penyebab SARS (Severe Acute Respiratory  Syndrome). Virus korona adalah sebuah keluarga besar virus yang menjadi penyebab penyakit dengan berbagai tingkat keparahan. Virus yang ditemukan di Semenanjung Arab ini merupakan virus baru yang beium pernah menjangkit manusia sebelumnya. Tetapi pada sebagian besar kasus penyebab penyakit yang berat hingga timbul kematian. Virus ini dikenal sebagai Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV). MERS-CoV ini lebih mematikan dibanding dengan virus korona lain yang pernah ada.

Gejala yang timbul, penyakit saluran nafas akut meliputi demam, batuk dan sesak atau dada terasa berat. Tak hanya itu, dapat disertai gejala saluran pencernaan, yang mencakup diare. Jika ada keluhan gejala tersebut, disertai dengan riwayat bepergian ke negara timur tengah, dalam 1-14 hari masih ada gejala, sebaiknya periksalah kerumah sakit maupun pelayanan kesehatan lain. Hal ini didasari karena masa inkubasi dari MERS-CoV adalah 1-4 hari. Karena masih tergolong sebagai penyakit baru, belum ada vaksin khusus yang dapat mencegah terjadinya penyakit ini.


Namun, pencegahan tetap dapat dilakukan dengan memperkuat imunitas atau daya tahan tubuh, istirahat cukup, mengonsumsi makanan yang cukup, dan minum air putih yang cukup. Organisasi kesehaan dunia (WHO) pun menyatakan tidak ada penanganan khusus untuk pasien yang menjadi sakit dengan infeksi MERS-CoV. WHO hanya menyarankan bagi dokter untuk memberikan perawatan medis suportif untuk membantu meringankan gejaia. Perawatan suportif berarti memberikan pengobatan untuk mencegah, mengontrol, atau mengurangi komplikasi dan efek samping, serta berusaha untuk meningkatkan kenyamanan dan kualiias hidup pasien. Perawatan suportif tidak termasuk merawat atau menyembuhkan penyakit. Koes Anindya (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment