Tuesday, July 15, 2014

3 Cara Baru Transplantasi Rambut Yang Efektif

Kerontokan rambut menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap orang. Selain penampilan rambut menjadi kurang menarik, lama kelamaan akan mengakibatkan kebotakan. Hal ini tidak hanya terjadi pada kaum adam, kini wanita pun bisa mengalaminya. Tapi tidak perlu risau, ada tiga cara yang dapat menumbuhkan rambut. Mulai dari strip technique, follicular unit extraction dan stemcell transplantation. Seperti apa?

Rambut sehat menjadi salah satu cermin kesehatan tubuh. Rambut yang rusak seperti rontok bisa menunjukkan ada sesuatu yang kurang baik terjadi pada tubuh. Hal tersebut tentu sangat menakutkan apabila kerontokan rambut yang terjadi menjadi parah. Dengan kerontokan rambut yang parah setiap hari tentu akan membuat rambut renggang bahkan terlihat seperti botak. Penyebab rambut rontok sehingga terlihat jarang bahkan botak terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi mulai dari cara memperlakukan rambut, stres sampai faktor hormonal di mana hormon testosteron meningkat dan keturunan yang disebabkan oleh salah satu gen Orangtua.

Transplantasi Rambut. Transplantasi rambut atau hair transplantation merupakan suatu proses memindahkan rambut sehat ke daerah kulit kepala yang mengalami kebotakan. Artinya donor rambut akan diambil dari orang yang bersangkutan kemudian dipindahkan ke tempat yang baru pada bagian kulit kepala yang menipis. Menurut dr. lwan Trihapsoro SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, pada intinya proses yang dilakukan adalah mempersiapkan pada daerah kulit kepala yang bertindak sebagai donor rambut. Biasanya pada bagian belakang kepala kemudian setelah dilakukan pengambilan donor dan diproses maka dilakukan pemindahan ke kulit resipien yaitu daerah yang botak atau yang ingin ditumbuhkan rambut baru.

Sedangkan menurut dr. Gunawan Budisantoso SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin sekaligus Direktur Hair Science Institute Asia yang concern menangani transplantasi rambut mengatakan, ada beberapa treatment yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rambut yaitu dengan transplantasi. Treatment tersebut mulai dari cara yang simpel seperti strip technique, follicular unit extraction sampai yang terbaru dengan stemcell transplantation. Berikut penjelasannya:

- Strip Technique
Strip technique merupakan cara konvensional yang dilakukan dengan operasi kecil. Di mana rambut akan diambil pada bagian donornya. Kemudian rambut beserta akarnya yang sudah diambil akan ditanamkan kembali pada bagian kulit kepala yang menipis. Pada treatment ini ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan transplantasi rambut. Pasien biasanya dilakukan pengecekan fisik dan darah terlebih dahulu dan diperlukan diet khusus seminggu sebelum melakukan. Tujuannya agar pada saat operasi kecil mencegah terjadinya darah keluar banyak. Setelah dirasa semuanya normal baru pasien dilakukan transplantasi rambut. Setelah dirasa semuanya normal baru pasien dilakukan transplantasi rambut.

Treatment ini membutuhkan waktu 5-6 jam untuk sekali proses penanaman rambut dan tergantung banyak tidaknya rambut tersebut. Saat dilakukan tindakan strip technique, Anda tidak akan terasa sakit, karena sebelumnya sudah dilakukan pembiusan lokal. Efek yang dirasakan setelah melakukan strip technique, Anda akan sedikit merasa nyeri dan sedikit pembengkakan. Namun, selama 2-3 hari akan kembali normal. Pada kasus ini, bagi mereka yang memiliki riwayat keturunan pendarahan seperti hemofillia tidak dianjurkan untuk melakukan strip technique. Secara umum bagi yang memiliki riwayat penyakit kencing manis atau hipertensi harus dinormalkan terleblh dahulu. Ditakutkan efek samping yang tidak seharusnya didapati akan bisa terjadi.
 
Bagi mereka yang sedang mengonsumsi obat-obat tertentu khususnya aspirin, vitamin E dan food supplement atau obat- obatan pengencer darah pada penderita jantung, sebaiknya dihentikan terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan transplantasi rambut dengan cara strip technique. Pada treatment strip technique bekas luka akibat tindakan operasi akan permanen. Dibutuhkan tiga bulan untuk pertumbuhan rambut baru. Setelah itu rambut akan tumbuh dengan normal. Untuk keramas, sebaiknya selama seminggu rambut jangan keramas menggunakan sampo karena menunggu pemulihan bekas operasi dan proses pertumbuhan rambut.

- Follicular Unit Ekstraxtion
Follicular unit extraction adalah operasi kecil di mana rambut diambil satu per satu menggunakan alat khusus seperti pisau yang berbentuk bulat. Rambut akan dicabut satu persatu semacam operasi kecil. Lalu dilakukan penanaman kembali dengan satu per satu rambut yang akan ditumbuhkan pada bagian kulit kepala yang menipis, jarang ataupun botak. Saat melakukan pengambilan rambut, kepala terlebih dahulu dibotaki pada bagian sumber yang ingin dilakukan pendonoran. Sampai tinggi rambut kurang lebih 1-2 mili.

Dibandingkan dengan treatment strip technique, follicular unit extraction membutuhkan waktu lebih lama, karena rambut akan diambil satu per satu Kemudian ditanam dengan cara yang sama saat pengambilan rambut. Butuh kurang lebih 6-10 jam bahkan bisa lebih. Sama halnya dengan treatment strip technique, pada treatment follicular unit extraction butuh persiapan khusus saat ingin melakukan tindakan. Seperti pengecekan darah dan diperlukan diet sebelum seminggu agar mengurangi keluarnya darah yang terlalu banyak. Untuk tumbuh rambut kurang lebih tiga bulan, jika pertama kali melakukannya.

Efek samping yang dirasa tidak jauh berbeda. Ada rasa sedikit nyeri dan memar pada bagian kepala, tetapi hal tersebut tidak masalah karena selama kurang lebih 2-3 hari akan hilang dengan sendirinya. Berbeda dengan strip technique yang membutuhkan waktu seminggu untuk melakukan keramas. Pada follicular unit extraction sedikit lebih cepat tidak sampai seminggu Anda dapat keramas setelah 4-5 hari menggunakan sampo.

- Stemcell Transplantation
Treatment stemcell transplantation merupakan teknik terbaru yang baru pertama di Asia dan di Indonesia. Pada stemcell transplantation, tidak seluruh rambut dipindahkan tapi hanya sebagian dari akar rambut dipindahkan. Untuk stemcell transplantation lebih lama dibandingkan dengan kedua treatment sebelumnya, bahkan bisa seharian. Karena rambut seperti dicangkok yang hanya pada bagian akarnya saja yang dipindahkan.

Tidak ada persiapan khusus untuk steamcell transplantation, bahkan relatif lebih aman dan risiko untuk efek samping setelah melakukan treatment seperti rasa nyeri, memar dan bengkak tidak ada sama sekali. Tapi, awal mula pertumbuhan rambut akan lebih lama sekitar 4-5 bulan baru rambut tumbuh. Namun, hasilnya akan lebih bagus dan rambut akan lebih rapat dibandingkan dengan sebelumnya. Selain itu, rambut akan tumbuh lebih banyak dibandingkan dengan cara konvensional.

Tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan seperti larangan riwayat penyakit tertentu karena stemcell transplantation bukan termasuk operasi kecil hanya pencangkokan rambut yang diambil pada bagian akarnya saja. Pada pasien yang memiliki tingkat kebotakan yang sangat luas atau donor rambut yang terbatas sekalipun dapat dilakukan dengan stemcell transplantation. Bahkan pada kasus pada rambut yang sudah tidak ada tolikel rambut tetap bisa tumbuh asalkan donor rambut masih ada.


Keunggulan lain dari treatment ini setelah dua hari Anda boleh keramas menggunakan sampo. Dari ketiga treatment tersebut dapat dilakukan pada wanita dan pria. Sekali treatment akan cukup dan dapat bertahan selamanya. Untuk mempercepat pertumbuhan rambut, ketiganya diberikan vitamin khusus untuk rambut. Sebaiknya sebelum rambut tumbuh dengan normal, Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan kosmetik rambut. Palupi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment