Tuesday, June 17, 2014

Menghilangkan Fobia Gelap

Konsultan: Ratih Zulhaqqi, M.Psi, Psikolog
Fobia memiliki arti sebagai bentuk ketakutan berlebihan yang dimiliki seseorang terhadap suatu benda, situasi, ataupun sebuah kejadian. Fobia memiliki perbedaan dengan rasa takut biasa. Orang yang menderita fobia memiliki ketakutan terhadap hal-hal yang sebenarnya tidak menyeramkan untuk orang lain. Ada berbagai jenis fobia yang bisa dimiliki seseorang. Sebagai contoh, ada orang-orang yang memiliki ketakutan terhadap warna gelap, jenis makanan, bahkan jenis tumbuh-tumbuhan. Untuk yang Anda alami fobia terhadap gelap atau yang lebih dikenal dengan nama lygophobia.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami fobia. Kemungkinan besar seseorang itu pernah mengalami pengalaman traumatis yang besar. Selain itu, seseorang juga bisa memiliki emotional problems Tidak semua ketakutan bisa dikategorikan sebagai fobia. Untuk bisa menentukan seseorang menderita fobia atau hanya sekadar ketakutan biasa, tentunya seseorang harus melakukan assessment atau pemeriksaan terlebih dahulu kepada psikolog. Setelah dilakukan pemeriksaan baru bisa terlihat dia memang benar fobia atau tidak.

Pada dasarnya fobia bisa dihilangkan apabila seseorang terus melakukan terapi atau treatment. Treatment bisa dilakukan setelah melakukan konsultasi kepada psikolog. Konsultasi dilakukan agar bisa terlihat jelas treatment yang cocok untuk dilakukan. Treatment ini membutuhkan proses. Tidak ada batasan waktu hingga seseorang bisa sembuh dari fobianya. Lambat atau cepatnya proses penyembuhan pun tergantung pada penderita fobia. Penderita memiliki peran penting untuk bisa menyembuhkan fobia ini. ketika penderita memiliki keinginan berjuang untuk sembuh, maka akan semakin cepat disembuhkan. Niken (Info Kecantikan)



1 komentar: