Thursday, June 5, 2014

Bibir Merah Merona Dengan Minyak Almond

Memiliki bibir merah merona merupakan dambaan setiap wanita. Berbagai perawatan dengan biaya yang tidak sedikit pun banyak ditawarkan, Salah satunya sulam bibir, yang sedang menjadi trend. Namun, Anda yang tak mempunyai budget lebih untuk melakukan sulam bibir, ada cara sederhana dan murah untuk membuat bibir merah merona alami tanpa menimbulkan rasa sakit. Yakni dengan kacang almond yang mengandung vitamin E dan omega 3. Bagaimana aplikasinya?

Bagi kaum hawa, bibir merah memang, mampu meningkatkan rasa percaya diri dan jadi pusat perhatian. Bibir merah membuat wajah meniadi segar dan cerah. Itu sebabnya banyak wanita melakukan treatment sulam bibir untuk mendapatkan bibir tetap merah walaupun tanpa polesan lipstik sekalipun. Namun treatment kecantikan ini memakan biaya yang tidak sedikit.

Solusi untuk mendapatkan bibir merah merona adalah menggunakan kacang almond. Sebagaimana diketahui, kacang almond bermanfaat menurunkan kolesterol, mencegah sembelit dan membuat kulit menjadi halus, ternyata juga dapat mencerahkan warna bibir. Kandungan omega dan vitamin E yang terdapat pada kacang almond, membuat bibir jadi merah merona.

Kacang almond mengandung serat yang cukup tinggi, dan memiliki kandungan vitamin E dan B, mineral serta asam lemak yang diperlukan untuk otak. Dengan kandungan vitamin E yang cukup tinggi, kacang almond dapat merevitalisasi sel-sel kulit dengan cepat. Itulah sebabnya kacang almond dapat mengembalikan warna bibir menjadi lebih cerah.

Menurut Hendar Sutisna, pakar herbalis kecantikan, bagian kacang almond yang dibutuhkan untuk membuat bibir jadi merah merona adalah minyaknya. Untuk membuat minyak kacang almond memang sedikit sulit. Namun hal tersebut dapat diiakukan untuk memastikan keasliannya. Minyak kacang almond bisa didapat dengan cara menghaluskan 2 cangkir atau sekitar 150 gr kacang almond yang sudah dicuci bersih tanpa mengupas kulitnya. Proses ini bisa dilakukan dengan cara ditumbuk atau digiting dalam blender hingga menjadi tepung. Jika menggunakan blender, sebaiknya digiling dengan kecepatan rendah untuk memastikan kacang hancur sempurna. Setelah menjadi tepung, naikkan kecepatan lebih tinggi untuk menghasilkan pasta atau minyak kacang almond.

Jika sudah menjadi pasta, kacang almond bisa dituang ke dalam wadah khusus yang bisa ditutup rapat. Kemudian ditunggu sampai pasta menghasilkan minyak secara alami dengan mendiamkannya selama 2 hingga 3 minggu. Cara ini dapat memisahkan pasta dari minyak yang ingin diambil. Namun, bila merasa kesulitan membuat sendiri, Anda bisa membeli minyak almond yang tersedia di pasaran, tapi belum terjamin keastiannya.

Minyak almond bisa dioleskan ke seluruh permukaan bibir, setiap hari sebelum tidur. Setelah pemakaian satu minggu, dapat digunakan tiga kali dalam satu minggu. Penggunaan minyak kacang almond ini dapat dilakukan terus menerus hingga mencapai warna bibir yang diinginkan. Dengan tingkat kehitaman dan kemerahan yang berbeda dari setiap individu, maka lama tidaknya hasil yang diharapkan juga berbeda-beda. Minyak almond tetap bisa dipakai setiap hari, meski warna merah merona sudah diperoleh.

Penyebab bibir hitam. Ada berbagai macam penyebab bibir hitam. Pertama, karena faktor bertambahnya usia. Semakin bertambah usia maka kadar estrigen akan menurun sehingga proses regenerasi melemah bahkan berhenti. Hal ini membuat kulit tak mampu lagi melindungi dan melembabkan. Dengan demikian kulit akan mengendur dan mengerut sehingga bibir terlihat berubah warna menjadi hitam.

Kedua, karena merokok. Pada umumnya warna bibir akan berubah nitam akibat sering rokok. Saat mengisap rokok, bibir akan terkena panas dan dapat mematikan sel-sel darah merah yang menimbulkan timbunan pigmen di bibir. Karbon hasil pembakaran rokok juga jadi pemicu warna bibir menjadi Iebih pekat dan pecah-pecah.

Ketiga, konsumsi kafein yang berlebih. Meneguk lebih dari dua cangkir kopi dalam sehari bisa menyebabkan bibir berubah menjadi kekuningan lalu secara perlahan mulai menghitam.

Keempat, karena pemakaian iipstik. Sisa lipstik yang menempel pada bibir dan tidak dibersihkan dapat mengubah bibir jadi hitam. Baik karena faktor ketidakcocokan atau adanya kandungan bahan kimia yang banyak, terutama jika menggunakan lipstik terlalu lama.

Kelima, karena seringnya menggigit bibir, sehingga menyebabkan terjadinya pigmentasi pada kulit bibir dan membuat bibir berubah jadi gelap dan memudahkan bibir jadi kering.

Keenam, karena sinar matahari, yang membuat bibir berubah warna menjadi gelap dan pecah pecah. Untuk mengatasinya, dapat menggunakan lip balm dengan kandungan SPF yang bisa menjaga kelembaban bibir, banyak mengonsumsi vitamin C dan rutin meminum air putih agar bibir selalu lembab serta sehat.

Dikatakan dr. Citra Cahyarini, SpKK. Menghitamnya warna bibir bisa disebabkan karena adanya iritasi pada bibir, sehingga membuat bibir jadi merah, dan eksim atau yang biasa disebut dermatitis kontak alergi. Keadaan tersebut bisa disebabkan karena pemakaian lipstik atau kosmetik yang salah sehingga menyebabkan bibir menghitam. Dapat pula disebabkan oleh peutz-jeghers syndrome, sindrom yang menyebabkan vlek-vlek hitam pada bibir. Syndrome ini menyebabkan bibir menjadi cokelat karena menumpuknya pigmen melanin pada bibir.

Jika terjadi eksim pada bibir atau peradangan, untuk mengembalikan warna bibir sebaiknya gunakan pelembab khusus bibir dengan konsentrasi kelembaban yang tinggi. Namun jika sudah terkena peutz-leghers syndrome, maka untuk mengembalikan kecerahan bibir tidak bisa digunakan pelembab bibir atau produk lainnya. Jika sudah terjadi seperti itu, sebaiknya Anda mengonsultasikan kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Tetapi untuk mengembalikan warna bibir akibat reaksi dari luar seperti rokok dan zat kimia pada lipstik, dapat juga digunakan glycolic acid golongan AH dengan kandungan konsentrasi rendah, setiap hari pada pagi, siang ataupun malam.


Sementara itu, kandungan minyak almond yang sehat dan tidak menimbulkan efek samping dapat berfungsi melembabkan bibir, dan bisa digunakan setiap hari jika tidak alergi. Selain melembabkan bibir, kacang almond juga berfungsi melembabkan kulit wajah. Dengan cara mengoleskan tipis pada wajah, menjelang tidur malam, sebagai masker atau pengganti cream malam. Kandungan omega 3 dan omega 9 dalam kacang almond, juga berfungsi mengontrol perkembangan otak janin, dengan mengonsumsi satu sendok makan minyak kacang almond setiap hari selama masa kehamilan. Selain itu minyak kacang almond dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga membuat kulit jadi kemerahan dan merona, Oleh sebab itu tidak ada salahnya mencoba membuat bibir Anda kembali merona dengan menggunakan minyak almond, selain lebih hemat, Anda juga jadi lebih sehat. Koes Anindya (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment